Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas implementasi perangkat pembelajaran sains berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Bojong. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain kuasi-eksperimental, 60 siswa kelas VIII dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi sains (26.6 poin) dan keterampilan berpikir kritis (1.7 poin) pada kelompok eksperimen. Perubahan positif juga terlihat dalam sikap terhadap lingkungan, dengan 87% siswa melaporkan peningkatan kesadaran. Kualitas proyek lingkungan kelompok eksperimen lebih baik, 68% dinilai "sangat baik". Meskipun ada tantangan awal dalam adaptasi guru, implementasi ESD berhasil menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan. Kesimpulannya, perangkat pembelajaran berbasis ESD efektif meningkatkan literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan kesadaran lingkungan siswa, memberikan dasar untuk adopsi lebih luas dalam pembelajaran sains SMP.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Tahmid, Nurkhoiri, M. Syaiful

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms