Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas implementasi perangkat pembelajaran sains berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Bojong. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain kuasi-eksperimental, 60 siswa kelas VIII dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi sains (26.6 poin) dan keterampilan berpikir kritis (1.7 poin) pada kelompok eksperimen. Perubahan positif juga terlihat dalam sikap terhadap lingkungan, dengan 87% siswa melaporkan peningkatan kesadaran. Kualitas proyek lingkungan kelompok eksperimen lebih baik, 68% dinilai "sangat baik". Meskipun ada tantangan awal dalam adaptasi guru, implementasi ESD berhasil menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan. Kesimpulannya, perangkat pembelajaran berbasis ESD efektif meningkatkan literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan kesadaran lingkungan siswa, memberikan dasar untuk adopsi lebih luas dalam pembelajaran sains SMP.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Implementasi Perangkat Belajar Sains Berbasis ESD pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peningkatan Literasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Implementasi Perangkat Belajar Sains Berbasis ESD pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peningkatan Literasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. (2024). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 235–245. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.2.235-245