Main Article Content

Abstract

E-worksheet merupakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis elektronik yang disajikan dalam bentuk website. E-worksheet disusun berbasis pada kegiatan model pembelajaran Problem Based Learning yang memuat materi pencemaran lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMA kelas X. Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah mengembangkan e-worksheet berbasis problem based learning dan mengetahui kelayakannya untuk digunakan pada pembelajaran biologi untuk peserta didik kelas X SMA serta keefektifannya meningkatkan literasi sains peserta didik kelas X SMA pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari tahapan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji lapangan terdiri dari 27 peserta didik kelas eksperimen dan 27 peserta didik untuk kelas kontrol di kelas X SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Wawancara, angket, dan tes literasi sains adalah beberapa alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Metode validitas menggunakan metode uji kriteria yang direferensikan (CRT). Analisis data menggunakan skor n-gain dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-worksheet ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran biologi siswa di kelas X SMA. Mereka menunjukkan skor n-gain yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang sains, dengan skor kelas eksperimen sebesar 0,88 dengan kategori tinggi.

Article Details

How to Cite
Halhaji, P. N., & Suhartini, S. (2024). Pengembangan E-Worksheet Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 8(2), 338–352. https://doi.org/10.33369/diklabio.8.2.338-352