Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah peserta didik dan penerapan model discovery learning di kelas VIII6 SMPN 04 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif, penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII6 SMPN 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dan sikap ilmiah peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket dengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar angket. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 23 (Baik), dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas guru menjadi 29 (Baik). Selanjutnya data sikap ilmiah peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 20,63 (Kurang) dan pada siklus II sikap ilmiah peserta didik mengalami peningkatan skor rata-rata yaitu 28,58 (Cukup). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik kelas VIII6 SMPN 04 Kota Bengkulu.
Article Details
Copyright (c) 2019 Yeri Yunita, Sri Irawati, Irdam Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : bumi Aksara.
- Cahyo, N. & Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Bealajar Mengajar. Yogyakarta : DIVA Press.
- Fadillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : AR-ruzz Media.
- Lampiran (salinan) III Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS.
- Lestari, S., & Budaistuti, R.E. (2018). Implementasi Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggirs Materi “Song” di SMA N Guntur Demak. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus. Volume 1. e-ISSN: 2654-766X.
- MargiastutI, S. & Nugraheni. (2015). Penerapan model guided inquiry terhadap Sikap ilmiah dan pemahaman konsep peserta didik Pada tema ekosistem. Dalam http://lib.unnes.ac.id/21017/1/4001411004-S.pdf
- Rosita, I. (2014). Meningkatkan Kerja sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Dalamhttp://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11889/2/PROS_Dewi%20Anjani%2C%20Suciati%2C%20Maridi_Profil%20Keterampilan%20Kerjasama_fulltext.pdf
- Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.
- Silvester, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas V DALENG Manggarai pada pokok Bahasan Globalisasi. Dalam https://anzdoc.com/peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-kelas-v-sdi-dale.html
- Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
- Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
- Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
- Ismawati, F., Dwijananti, P., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan Model Pembelajaram Conceptual Procedures Untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Dalam https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/3047/3108
- Widiadnyana, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap pemahaman konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Dalamhttps://media.neliti.com/media/publications/123048-ID-pengaruh-model-discovery-learning-terhad.pdf
- Yunita, Prima., & Fakhruddin. (2014). Hubungan antara Sikap Ilmiah Siswa dengan Hasil belajar belajar fisika dikelas XI IPA Negeri Kampar.Dalam https://repository.unri.ac.id/jspui/bitstream/123456789/1508/1/Jurnal%20Frima%20Yunita
References
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : bumi Aksara.
Cahyo, N. & Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Bealajar Mengajar. Yogyakarta : DIVA Press.
Fadillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : AR-ruzz Media.
Lampiran (salinan) III Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS.
Lestari, S., & Budaistuti, R.E. (2018). Implementasi Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggirs Materi “Song” di SMA N Guntur Demak. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus. Volume 1. e-ISSN: 2654-766X.
MargiastutI, S. & Nugraheni. (2015). Penerapan model guided inquiry terhadap Sikap ilmiah dan pemahaman konsep peserta didik Pada tema ekosistem. Dalam http://lib.unnes.ac.id/21017/1/4001411004-S.pdf
Rosita, I. (2014). Meningkatkan Kerja sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Dalamhttp://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11889/2/PROS_Dewi%20Anjani%2C%20Suciati%2C%20Maridi_Profil%20Keterampilan%20Kerjasama_fulltext.pdf
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.
Silvester, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas V DALENG Manggarai pada pokok Bahasan Globalisasi. Dalam https://anzdoc.com/peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-kelas-v-sdi-dale.html
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Ismawati, F., Dwijananti, P., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan Model Pembelajaram Conceptual Procedures Untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Dalam https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/3047/3108
Widiadnyana, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap pemahaman konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Dalamhttps://media.neliti.com/media/publications/123048-ID-pengaruh-model-discovery-learning-terhad.pdf
Yunita, Prima., & Fakhruddin. (2014). Hubungan antara Sikap Ilmiah Siswa dengan Hasil belajar belajar fisika dikelas XI IPA Negeri Kampar.Dalam https://repository.unri.ac.id/jspui/bitstream/123456789/1508/1/Jurnal%20Frima%20Yunita