Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah peserta didik dan penerapan model discovery learning di kelas VIII6 SMPN 04 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif, penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII6 SMPN 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dan sikap ilmiah peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket dengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar angket. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 23 (Baik), dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas guru menjadi 29 (Baik). Selanjutnya data sikap ilmiah peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 20,63 (Kurang) dan pada siklus II sikap ilmiah peserta didik mengalami peningkatan skor rata-rata yaitu 28,58 (Cukup). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik kelas VIIISMPN 04 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Yunita, Y., Irawati, S., & Idrus, I. (2019). Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 250–257. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.250-257

References

  1. Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : bumi Aksara.
  2. Cahyo, N. & Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Bealajar Mengajar. Yogyakarta : DIVA Press.
  3. Fadillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : AR-ruzz Media.
  4. Lampiran (salinan) III Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTS.
  5. Lestari, S., & Budaistuti, R.E. (2018). Implementasi Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggirs Materi “Song” di SMA N Guntur Demak. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus. Volume 1. e-ISSN: 2654-766X.
  6. MargiastutI, S. & Nugraheni. (2015). Penerapan model guided inquiry terhadap Sikap ilmiah dan pemahaman konsep peserta didik Pada tema ekosistem. Dalam http://lib.unnes.ac.id/21017/1/4001411004-S.pdf
  7. Rosita, I. (2014). Meningkatkan Kerja sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Dalamhttp://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11889/2/PROS_Dewi%20Anjani%2C%20Suciati%2C%20Maridi_Profil%20Keterampilan%20Kerjasama_fulltext.pdf
  8. Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.
  9. Silvester, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas V DALENG Manggarai pada pokok Bahasan Globalisasi. Dalam https://anzdoc.com/peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-kelas-v-sdi-dale.html
  10. Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
  11. Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
  12. Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
  13. Ismawati, F., Dwijananti, P., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan Model Pembelajaram Conceptual Procedures Untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Dalam https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/3047/3108
  14. Widiadnyana, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap pemahaman konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Dalamhttps://media.neliti.com/media/publications/123048-ID-pengaruh-model-discovery-learning-terhad.pdf
  15. Yunita, Prima., & Fakhruddin. (2014). Hubungan antara Sikap Ilmiah Siswa dengan Hasil belajar belajar fisika dikelas XI IPA Negeri Kampar.Dalam https://repository.unri.ac.id/jspui/bitstream/123456789/1508/1/Jurnal%20Frima%20Yunita