Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan peserta didik kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 orang. Variabel penelitian ini adalah pemahaman konsep peserta didik dan model pembelajaran discovery learning. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes pemahaman konsep peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rerata dan kategori skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata aktivitas guru pada siklus I sebesar 23 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 25 (baik). Rata-rata pemahaman konsep peserta didik pada siklus I yaitu 74,7 (baik) meningkat menjadi 82,8 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep pencemaran lingkungan peserta didik kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, pencemaran lingkungan
Article Details
Copyright (c) 2019 Mutiara Novianjani, Bhakti Karyadi, Irdam Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Fitriani, Ulvia., Bhakti, K. & Irwandi, A. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Peserta Didik SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Biologi 1(1): 89-90 (online) (https://ejournal.unib.ac.id/ index.php/jppb/article/download/3152/1598). Di akses pada 18 September 2018
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
- Huda, Mochammad Khoirul. 2018. Peningkatan Pemahaman konsep Peserta didik SMP Pada Submateri Asam Basa Garam dengan Penerapan Model Discovery Learning. Pensa e-Jurnal 6(2): 75-76 (online) (https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/download/23062/21130) Diakses tanggal 1 September 2018
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Kurniasih, S. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Model Discovery Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep pada Materi Respirasi untuk Kelas Vii SMPN 1 Pondok Kelapa. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu
- Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs (salinan)
- Roestiyah dan Suharto, Yumiati. 1985. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
- Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Sekolah Menengah Pertama/Madrasah tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
- Suhada, Rihwan., Irdam I., Kasrina. 2019. Penerapan Model Discvery Learning pada Materi Fotosintesis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIIIA SMPN 26 Seluma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Biologi 3(1): 38-39 (online) (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/7816/3956) Diakses pada 18 Juli 2019
- Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Wahab, N., & Sundari, S. 2018. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Biologi Metabolisme Untuk Meningkatkan Aktivitas Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII-IPA I Di SMA Negeri 4 Kota Ternate. Seminar Nasional Biologi Kepulauan (Vol. 1): 61 (http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/semnasbio/article/view/1040/774) Diakses pada 18 Juli 2019
- Widyiadnyana, I. W., Sadja, I. W. & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 8-11 (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article?view/134) Diakses pada 6 maret 2019
- Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu
References
Fitriani, Ulvia., Bhakti, K. & Irwandi, A. 2017. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Peserta Didik SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Biologi 1(1): 89-90 (online) (https://ejournal.unib.ac.id/ index.php/jppb/article/download/3152/1598). Di akses pada 18 September 2018
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Huda, Mochammad Khoirul. 2018. Peningkatan Pemahaman konsep Peserta didik SMP Pada Submateri Asam Basa Garam dengan Penerapan Model Discovery Learning. Pensa e-Jurnal 6(2): 75-76 (online) (https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/download/23062/21130) Diakses tanggal 1 September 2018
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kurniasih, S. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Model Discovery Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep pada Materi Respirasi untuk Kelas Vii SMPN 1 Pondok Kelapa. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu
Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs (salinan)
Roestiyah dan Suharto, Yumiati. 1985. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Sekolah Menengah Pertama/Madrasah tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Suhada, Rihwan., Irdam I., Kasrina. 2019. Penerapan Model Discvery Learning pada Materi Fotosintesis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIIIA SMPN 26 Seluma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Biologi 3(1): 38-39 (online) (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/7816/3956) Diakses pada 18 Juli 2019
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wahab, N., & Sundari, S. 2018. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Biologi Metabolisme Untuk Meningkatkan Aktivitas Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII-IPA I Di SMA Negeri 4 Kota Ternate. Seminar Nasional Biologi Kepulauan (Vol. 1): 61 (http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/semnasbio/article/view/1040/774) Diakses pada 18 Juli 2019
Widyiadnyana, I. W., Sadja, I. W. & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 8-11 (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article?view/134) Diakses pada 6 maret 2019
Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu