Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas X MIPA 4 SMAN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan seluruh peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 4 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.. Instrumen penelitian yang digunakan adalah adalah lembar observasi dan lembar dan lembar tes. Hasil belajar ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 74,19 % (belum tuntas), sedangkan pada siklus II menjadi 87,5 % (tuntas). Hasil belajar psikomotor peserta didik dengan persentase 64,51 % di siklus I berkriteria belum tuntas dan meningkat di siklus II dengan kriteria tuntas dengan persentase 83,87 %. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajran kooperatif tipe Student Team-AchievementDivision (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA4 SMAN 4 Kota Bengkulu.
Article Details
Copyright (c) 2019 Muhammad Nanang Burhannuddin, Dewi Jumiarni, Sri Irawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Alma, B. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Bandung : Alfabeta.
- Astuti, Wiwik Wiji. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Mode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar. Jurnal Biotek. Vol (5) 2 : 236. https://journal.uin-alauddin.ac.id /index.php/biotek/article/download/4291/4013 . Diakses: 20 Juli 2019.
- Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
- Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Herviza, Meftha,. Jumiarni, Dewi,. dan Irawati, Sri. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Peserta Didik Smpn 3 Kaur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 2(2): 94-101. (Online). https://ejournal.unib .ac.id/index.php/jppb/article/view/6813. 20 Juli 2019.
- Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Isjoni. 2011.Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Koes, S. 2003. Strategi Pembelajaran. Jurusan Fisika FP MIPA UM. Malang.
- Kurniasih, I., Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
- Rusman. (2010). Model-model Pembelejaran Inofatif. Jakarta : PT Raja Grafindo.
- Riyadi, Nanang,. Indrowati, Meti,. dan Sugiharto, Bowo. 2015 . Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X-F SMA Negeri 1 Tangen Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bio-Pedagogi. https://jurnal. uns.ac.id/pdg/article/view/5360/4758. Diakses: 20 Juli 2019.
- Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
- Sigalingging, Pujiono,. dan Sipayung, Mariaty. 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Teknik Mencatat Mind Map di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol (4)1 : 108. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/3687/7322. Diakses: 20 Juli 2019.
- Sudjana, N. Ibrahim. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
- Sudjana,N. Ibrahim. 1989. Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung : Sinar Baru.
- Wardana, Ika,. Banggali, Tinggi,. dan Husain, Halimah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene. Jurnal Chemica Vol(18)1 : 76-84. https://ojs.unm. ac.id/chemica/article/download/4678/2684 . Diakses: 20 Juli 2019.
- Wardani. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
References
Alma, B. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Bandung : Alfabeta.
Astuti, Wiwik Wiji. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Mode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar. Jurnal Biotek. Vol (5) 2 : 236. https://journal.uin-alauddin.ac.id /index.php/biotek/article/download/4291/4013 . Diakses: 20 Juli 2019.
Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Herviza, Meftha,. Jumiarni, Dewi,. dan Irawati, Sri. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Peserta Didik Smpn 3 Kaur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 2(2): 94-101. (Online). https://ejournal.unib .ac.id/index.php/jppb/article/view/6813. 20 Juli 2019.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Isjoni. 2011.Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koes, S. 2003. Strategi Pembelajaran. Jurusan Fisika FP MIPA UM. Malang.
Kurniasih, I., Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Rusman. (2010). Model-model Pembelejaran Inofatif. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Riyadi, Nanang,. Indrowati, Meti,. dan Sugiharto, Bowo. 2015 . Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X-F SMA Negeri 1 Tangen Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bio-Pedagogi. https://jurnal. uns.ac.id/pdg/article/view/5360/4758. Diakses: 20 Juli 2019.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Sigalingging, Pujiono,. dan Sipayung, Mariaty. 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Teknik Mencatat Mind Map di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol (4)1 : 108. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/3687/7322. Diakses: 20 Juli 2019.
Sudjana, N. Ibrahim. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sudjana,N. Ibrahim. 1989. Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung : Sinar Baru.
Wardana, Ika,. Banggali, Tinggi,. dan Husain, Halimah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene. Jurnal Chemica Vol(18)1 : 76-84. https://ojs.unm. ac.id/chemica/article/download/4678/2684 . Diakses: 20 Juli 2019.
Wardani. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.