Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Number Head Together (NHT) pada kelas yang berbeda SMPN 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kausal Komparatif. Design penelitian ini menggunakan design Nonequivalen Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang diambil 2 kelas yang ditetapkan secara acak (random sampling). Kelas pertama dengan menggunakan pembelajaran STAD dan kelas kedua dengan NHT. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen berupa soal kemampuan hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan Uji t (uji hipotesis). Data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi siswa menggunakan model pembelajaran STAD (84,44) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model NHT (78,51).
Article Details
Copyright (c) 2019 Neni Murniati, Ance Villa Lestari, Irwandi Irwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Arikunto, S., Suhardjono., dan Supardi, 2012 . Penelitian tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
- Dimyati dan mudjiono, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
- Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Pustaka Setia
- Ibis Fernandes,2008. Macromedia Flash Animation Dan Cartoonin.
- Kunandar,2008.Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang profesi Guru:PT Rajagrafindo Persada
- Robert E.Slavin 2008. Cooperative Learning : Penerbit Nusa Media.
- Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
- Trianto, 2010. Model Pembelajaran terpadu. Jakarta : PT Bumi aksara
- Tirtarahadja, Umar. 2008.
- Pengantar pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Irwandi. 2010. Strategi Pembelajaran berbasis Kontekstual.UMB
- Press. Bengkulu
References
Arikunto, S., Suhardjono., dan Supardi, 2012 . Penelitian tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Dimyati dan mudjiono, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Pustaka Setia
Ibis Fernandes,2008. Macromedia Flash Animation Dan Cartoonin.
Kunandar,2008.Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang profesi Guru:PT Rajagrafindo Persada
Robert E.Slavin 2008. Cooperative Learning : Penerbit Nusa Media.
Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Trianto, 2010. Model Pembelajaran terpadu. Jakarta : PT Bumi aksara
Tirtarahadja, Umar. 2008.
Pengantar pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Irwandi. 2010. Strategi Pembelajaran berbasis Kontekstual.UMB
Press. Bengkulu