Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran biologi. Adapun ruang lingkup publikasi di jurnal Diklabio diantaranya: 

1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

2. Lesson Study (LS)

3. Research and Development (R&D)

4. Kurikulum di Bidang Pendidikan Biologi

5. Evaluasi Pembelajaran

6. Media dan Teknologi Pembelajaran

7. Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan Biologi

8. Penelitian Kuantitatif di Bidang Pendidikan Biologi 

9. Pengelolaan Laboratorium Pembelajaran Biologi

10. Trend Penelitian di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Biologi lainnya

Proses Peer Review

Double Blind Peer Review

Dalam proses review tersebut, penulis dan reviewer tidak saling mengenal.
Kebijakan Reviewer:
1. Berikan komentar dan koreksi pada manuskrip
2. Buatlah ringkasan dari lembar penilaian yang lengkap
3. Berikan saran atau saran yang jelas kepada redaksi
4. Jika reviewer merekomendasikan "diterima" oleh revisi, jelaskan bagaimana revisi harus dibuat
5. Jika reviewer merekomendasikan "reject" maka harus diberikan jurnal atau saran alternatif, sehingga prospek "resubmission" atau "submission" di tempat lain akan menjadi mungkin.

Sejarah Jurnal

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi merupakan jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran biologi baik pada jenjang sekolah menengah maupun perguruan tinggi