EVALUASI KEMAMPUAN ASISTEN PRAKTIKUM TERHADAP PENGOPERASIAN PERALATAN K-2 PADA KEGIATAN PRAKTIKUM LAPANGAN DI LABORATORIUM KEHUTANAN FAPERTA UNIB

Authors

  • Buwang Raharjo Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/labsaintek.v1i2.15436

Keywords:

, Alat kategori-2, Kemampuan Asisten, Praktikum Lapangan

Abstract

Praktikum merupakan proses pembelajaran bertujuan agar mahasiswa memiliki dasar keterampilan sebagai ilmuwan dalam melakukan penelitian. Asisten Praktikum berhubungan langsung dengan praktikan dalam pelaksanaan praktikum. Pranata Laboratorium Pendidikan Asisten Praktikum dituntut untuk mampu mengoperasikan alat yang digunakan selama praktikum untuk mendukung keberhasilan praktikum.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan Asisten Praktikum dalam pengoperasian alat kategori-2 pada saat pelaksanaan praktikum lapangan. Asisten Praktikum diuji pengetahuannya terhadap tiga macam alat kategori-2, antara lain Lux meter, Current meter dan Drone Ujian dilakukan pada pertengahan masa praktikum, saat Asisten Praktikum telah menggunakan ketiga macam alat tersebut di depan praktikan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan perangkat soal pilihan berganda dan kuisioner. Data hasil tes pengetahuan asisten dan kuisioner kemudian diuji korelasi untuk melihat hubungan keduanya tingkat pengetahuan Asisten Praktikum terhadap alat Drone yang paling rendah dengan capaian nilai rata-rata sebesar 13.33%, yang berarti dalam kategori kurang baik. Untuk dua alat yang lain yaitu Lux meter dan Caren meter rata-rata pengetahuan Asisten Praktikum cukup baik. Hasil uji korelasi (Pearson Correlation) menunjukkan adanya hubungan nyata antara hasil tes pengetahuan dengan hasil penilaian praktikan terhadap kemampuan Asisten Praktikum dalam cara penyampaian dan keterampilan pengoperasian alat. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengetahuan dan kemampuan asisten terhadap Lux meter Caren meter dan Drone secara umum cukup baik,hasil korelasi menunjukkan bahwa keberhasilan nilai praktikan tidak selalu ditentukan oleh kemampuan Asisten Praktikum, masing-masing kemampuan Asisten Praktikum dalam mengoperasikan peralatan tidak semuanya terampil

References

Deselina dan Raharjo. 2017. Prosedur Operasional Baku Laboratorium Kehutanan Fakultas pertanian Universitas Bengkulu.Bengkulu.

Diana, S, Rustaman , N, Redjeki, S, & Iriawati. 2014. Pemberdayaan asisten praktikum morfologi tumbuhan untuk melaksanakan Peer Assisted Learning (Pal) ditinjau dari taksonomi baru marzano. Jurnal Pengajaran MIPA, 19 (2),188-198.

Fajrin, H. 2012. Penuntun Praktikum Survey dan Pemetaan Laboratorium Kehutanan Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.Bengkulu.

Fajrin, H. 2021. Penuntun Praktikum Survey dan Pemetaan Laboratorium Kehutanan Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

Maknun, D. 2015. Evaluasi keterampilan Laboratorium mahasiswa menggunakan asesmen kegiatan Laboratorium berbasis kompetensi pada pelaksanaan praktek pengalaman lapangan (Ppl).Jurnal Tarbiyah, 22 (1), 21-47.

Rahayoe, A. 2016. Evaluasi kemampuan asisten terhadap pengoperasian peralatan kategori -2 pada kegiatan praktikum di Laboratorium sistematika hewan,Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada.

Senoaji, G. 2014. Penuntun Praktikum Inventarisasi Hutan Laboratorium Kehutanan Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.Bengkulu.

Time Praktek Umum. 2012. Pengelolaan Hutan Lestari Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.Bengkulu.

Wiryono. 2012. Penuntun Praktikum Ekologi Hutan Laboratorium Kehutanan Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.Bengkulu.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles