VALIDASI DAN VERIFIKASI METODE UJI FOSFAT DENGAN SPEKTROFOTOMETER UVI-VIS DI LABORATORIUM KIMIA

Authors

  • Susiana Nurmalawati Laboratorium Kimia Universitas Bengkulu
  • Charles Banon Universitas Bengkulu
  • Devirizanty Devirizanty Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/labsaintek.v1i2.18352

Keywords:

Spektofotometer UV-Vis, validasi dan verifikasi metode uji

Abstract

Uji Fosfat adalah salah satu parameteter uji yang diajukan dalam pengajuan akreditasi FMIPA di laboratorium kimia. Uji ini juga memiliki kelengkapan alat dan bahan yang baik sehingga pelayanan pengujian dilakukan dengan penggunaan spektrofometri yang tersedia. Sebagai salah satu parameter yang diujikan, selama ini belum dilakukan verfikasi metode uji untuk penentuan batas terendah fosfat yang dapat dideteksi oleh alat spektrofotometri, sehingga unjuk kerja dari pengujian belum  diketahui, dan hasil keabsahan pengujian belum dapat dicapai. Dengan adanya kegiatan verifikasi ini, diharapkan dapat juga dikembangkan untuk penentuan validasi ataupun verfikasi pengembangan metode yang lain.Kegiatan pengujian fosafat merujuk pada metode baku SNI   sehingga lagkah verifikasi diterapkan. Verifikasi menggunakan pendekatan teknik statistik yang sesuai untuk penerapannya dan relevan dengan perubahan pengujian. Uji verifikasi dan validasi memiliki paramer uji statistik yang sama, diantaranya: Simpangan deviasi, Nilai keberterimaan pengujian melalui uji Horwatz, dan penetapan presisi dan akurasinya dengan menggunakan acuan CRM (Certified Reference Material) bahan PO42-. Pada percobaan kali dihasilkan data untuk deteksi batas terendah yang dapat diukur dengan baik oleh alat spektrofotometri UV-Vis Cary 60 sebesar 0,0660 mg P/L, dan uji presisinya memilki kebereterimaan yang baik. Kedepannya validasi dan verifikasi metode uji dapat menjadi salah satu penunjang persyaratan laboratorium kimia sebagai laboratium uji yang menerapkan ISO 17025.

References

Abdul Rohman.(2016).Validasi dan Penjaminan Mutu Metoda Analisis Kimia.

Yogyakarta : Penerbit Gadjah Mada University Press.

Anwar Hadi.(2018).Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian & Laboratorium Kalibrasi.Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Anom Irawan. Kalibrasi Spektrofotometer Sebagai Penjaminan Mutu Hasil Pengukuran Dalam Kegiatan Penelitian Dan Pengujian.Indonesian Journal of Laboratory.2019, Volume 1, Hal. 1- 9

Ardhaningtyas Riza Utami. Verifikasi Metode sulfat Dalam Air dan Air Limbah sesuai SNI 6989 .20 :2019. Jurnal Teknologi Proses dan Inovasi Industri.2017, Volume 2, Hal. 1- 7

Astari Simbolon Monica Magdalena, Aman Sentosa Panggabean, Moh.Syaiful Arif. Validasi Penentuan Cadmium(Cd) pada Pupuk Organik Menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) di PT.Global Environment Laboratory Prosiding Seminar Nasional Kimia Lingkungan.2020.

Eurachem, The Fitness For Purpose of Analytical Methods, 2nd ed, 2014

Hendayana Sumar.(2006).Buku Materi Instrumen Analitik . Jakarta.Penerbit Universitas Terbuka.

SNI 06-6989-31-2005 Air dan Limbah : Cara Uji Fosfat secara S0ektrofotometri. Badan Standard Nasional.

Riyanto.(2014).Validasi danVerifikasi Metode Uji. Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi.Yogyakarta. Penerbit deepublish.

Validasi danVerifikasi Metode Uji. Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi.Yogyakarta. Penerbit deepublish.

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles