PERBANDINGAN UNJUK KINERJA BERBAGAI TIPE pH METER DIGITAL DI LABORATORIUM KIMIA

Authors

  • Devirizanty Devirizanty Universitas Bengkulu
  • Susiana Nurmalawati Universitas Bengkulu
  • Candra Hartanto Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/labsaintek.v1i1.15460

Keywords:

bidang kimia, pH meter, pengukuran

Abstract

Laboratorium Kimia FMIPA UNIB adalah laboratorium yang berkecimpung dalam hal pelayanan pendidikan, penelitian, analisa dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang kimia, pengukuran analitik memiliki peranan yang sangat penting. Tujuan dari pengukuran analitik ini adalah untuk menentukan nilai sebenarnya dari suatu parameter kuantitas kimia, contohnya seperti: konsentrasi, pH, dan lain-lain. Pengukuran analitik ini dapat menggunakan metode konvensional maupun modern, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.. Dalam setiap pengukuran analitik akan sangat dipengaruhi pengerjaan prosedur yang baik dan benar dan kompetensi dari analis serta pengguna lainnya. Dimana jika peralatan yang dipakai valid dan akurat serta dikerjakan oleh personil yang kompetens maka akan dapat memberikan kontribusi terhadap hasil pengukuran. Setelah dilakukan uji akurasi, presisi dan cek antara pada penelitian ini menyatakan bahwa ketiga jenis Ph Meter yang yang ada di Laboratorium Kimia yaitu pH meter type PH-108 merck ATC, pH meter HI98107 merck Hanna dan pH meter HI 5521/HI 5522 merck Hanna, memiliki unjuk kinerja yang bagus dan akurat, sehingga masih layak dipakai untuk pengujian, praktikum dan layanan pelanggan.

References

Abdul Rohman. 2016. Validasi dan Penjaminan Mutu Metoda Analisis Kimia. Yogyakarta : Penerbit Gadjah Mada University Press.

Anwar Hadi. 2018. Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian & Laboratorium Kalibrasi. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Johari, J.M.C. dan M. Rachmawati. 2004. Kimia SMA untuk kelas XI. Jakarta : PT Esis.

Margono, 1977. Kimia untuk SMA. Surakarta : Widya Duta.

.Nur’aini, Dewi Nur dan Sabar Cahyono. -. Simpati Kimia Semester 2 Kelas XI. Surakarta : CV. Grahadi.

Purba, Michael. 2004. Kimia untuk SMA Kelas 2B. Jakarta : Erlangga

SNI 6989.11 : 2004 Cara Uji Derajat Keasaman (pH) menggunakan pH Meter.

Adijuwono. 1992. Managemen Laboratorium. Bandung : IPB.

Hardjono. 2001. Kimia Dasar. Yogyakarta : UGM Press.

Lubis, M. 1993. Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta : Depdikbud

Qomariyah, N. 2004. Uji Derajat Keasaman (pH), Kelarutan, Kerapatan dan Sudut Tumpukan untuk Mengetahui Kualitas Bahan Pakan Sumber Protein. Volume 78,35.

Rusbiono,Momo.2004. Modul Pengadministrasian Alat dan Bahan Sains. Jakarta : Dikmenjur.

Supriatna,Mamat. 2011. Studi Penelusuran Pengelolaan Laboratorium Sains Sebagai Analisis Kebutuhan Untuk Program Diklat Pengelola Laboratorium. Bandung : Widyaiswara P4TK IPA.

Suyanta. 2010. Jurnal Manajemen Operasional Laboratorium. Yogyakarta : UNY

Downloads

Published

2021-06-15

Issue

Section

Articles