Analisis Implementasi Metode 5R Untuk Penerapan K3 Di Laboratorium SMA Negeri 6 Tangerang Selatan

Analysis of the Implementation of the 5R Method for Occupational Safety and Health in the Laboratory of State Senior High School 6 South Tangerang

Authors

  • Fadhiati Khofifah Student of UIN Jakarta
  • Basmah Tuhfah Ma’shumah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Arwindah Kusuma Ningrum 1Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.43760

Keywords:

5R, Laboratorium, Keselamatan kerja, K3, sekolah., 5R, Laboratorium, Keselamatan kerja, K3, Sekolah

Abstract

Laboratorium sekolah menyimpan berbagai potensi risiko yang dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) jika tidak dikelola dengan baik. Penerapan budaya kerja 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) menjadi strategi efektif untuk menciptakan lingkungan laboratorium yang aman, bersih, dan tertib. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode 5R dalam mendukung penerapan K3 di laboratorium SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 30 responden yang terdiri dari guru, laboran, dan peserta didik kelas XI. Instrumen berupa angket divalidasi menggunakan teknik Pearson Product Moment dan diuji reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode 5R berada dalam kategori “Baik” dengan rata-rata skor 78,66. Aspek yang paling menonjol adalah rapi dan resik, sedangkan aspek rajin memperoleh skor terendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode 5R telah berkontribusi positif terhadap peningkatan standar K3 di laboratorium, meskipun masih diperlukan penguatan pada aspek kedisiplinan dan konsistensi perilaku. Penerapan metode 5R sebaiknya terus dibina secara sistematis agar menjadi bagian dari budaya kerja warga sekolah.

 

References

Adnyani, I. A. S., Seniari, N. M., Supriyatna, N., Natsir, A., Nababan, S., & Ratnasari, D. (2019). Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Siswa SMPN 7 Mataram. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Prosiding PEPADU, 1, 170–174.

Apriliani, F., Fewidarto, P. D., & Indrawan, P. (2021). Implementasi Budaya 5R sebagai upaya peningkatan perawatan fasilitas dan melatih kedisiplinan personal di LKSA Kota Bekasi. Jurnal Gama Societa, 5(1), 3–5.

Cahyaningruma, D. (2020). Program keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 2(1), 35–40. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jplp

Dahar, R. W. (1986). Pengelolaan Pengajaran Kimia. Jakarta: Karunika.

Farihah, T., & Krisdiyato, D. (2018). Penerapan 5S (Seiri, Seiso, Seiton, Sheiketsu, Shitsuke) pada UKM Olahan Makanan di Dusun Sempu, Desa Wonokerto. Jurnal Bakti Saintek, 2(2).

Hasibuan, A., Purba, B., Marzuki, I., Mahyuddin, M., Sianturi, E., Rakhmad, A., Gusty, S. C. M., Sitorus, E., & Khariri, K. (2020). Teknik keselamatan dan kesehatan kerja. Kudus: Yayasan Kita Menulis.

Jiaqi, S. (2022). Analysis of the construction of intelligent laboratory management system. In 2022 6th Annual International Conference on Data Science and Business Analytics (ICDSBA) (pp. 550–554). https://doi.org/10.1109/ICDSBA57203.2022.00068

Kementerian Kesehatan RI. (2012). Pedoman Penerapan 5R di Tempat Kerja.

Kholidah, N. A., & Prasetyo, E. (2018). Implementasi penerapan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) dalam kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada pekerja Unit Ekologi PT. Pura Barutama Kudus. Prosiding HEFA 3rd 2018, 7, 236–242.

Lapu, P., Riupassa, P. A., Pesik, A., Kaihena, M., Patty, K. L., & Hiariej, A. (2023). Keamanan dan keselamatan kerja (K3) di laboratorium IPA pada SMP Negeri 7 SATAP. Pengamatan: Jurnal Pengabdian Masyarakat untuk Ilmu MIPA dan Terapannya, 1(2), 35–42. https://doi.org/10.30598/pengamatanv1i2p35-42

Lasia, I. K., Budiada, I. K., & Widiasih, N. N. (2020). Peningkatan keselamatan kerja di laboratorium melalui pelatihan penggunaan bahan berwawasan lingkungan. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21434

Permatasari, S. A. S., & Khayati, E. Z. (2022). Penerapan budaya Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) di laboratorium menjahit SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi.

Rahmantiyoko, A., Sunarmi, S., Rahmah, F. K., Sopet, S., & Slamet, S. (2019). Keselamatan dan keamanan kerja laboratorium. IPTEK Journal of Proceedings Series, (4), 36–38. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2019i4.6119

Ravelly, M., & SyarifahHas, D. F. (2024). Pengetahuan dan sikap terhadap penerapan 5R pekerja PT. Petrokopindo Cipta Selaras. Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, 19(2), 96–102.

Restuputri, D. P., & Wahyudin, D. (2019). Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) sebagai upaya pengurangan waste pada PT X. Jurnal Sistem Teknik Industri, 21(1).

Septiani, R., & Pratiwi, M. (2021). Penerapan metode 5R dan identifikasi potensi bahaya di gudang bahan kimia laboratorium MIPA. Industrika: Jurnal Ilmiah Teknik Industri.

Siregar, M. T., Asmarani, B. K., & Magdalena. (2021). Implementasi budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) pada kelompok belajar binaan Komplek Kodam Jatiwaringin. Prapanca: Jurnal Abdimas, 1(2), 44–50. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i2.123

Situmorang, A. S., Prasetyo, R. A., & Lestari, M. D. (2023). Penerapan analisis validitas dan reliabilitas instrumen penelitian pendidikan dengan pendekatan kuantitatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 17(2), 112–121.

Sularso, P., & Hidayat, A. (2018). Penerapan 5R sebagai upaya meningkatkan K3 di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan.

Utami, S., & Jaedun, A. (2022). Penerapan metode 5R dalam pengelolaan laboratorium komputer (CAD) pada SMK Teknologi Konstruksi dan Properti di DIY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuliandi, C. D., & Ahman, E. (2019). Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan kerja Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang. Jurnal UPI, 18(2), 98. http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Khofifah, F., Basmah Tuhfah Ma’shumah, & Arwindah Kusuma Ningrum. (2025). Analisis Implementasi Metode 5R Untuk Penerapan K3 Di Laboratorium SMA Negeri 6 Tangerang Selatan: Analysis of the Implementation of the 5R Method for Occupational Safety and Health in the Laboratory of State Senior High School 6 South Tangerang. JURNAL PENGELOLAAN LABORATORIUM SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(2), 14–25. https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.43760