Analisis Implementasi Metode 5R Untuk Penerapan K3 Di Laboratorium SMA Negeri 6 Tangerang Selatan
Analysis of the Implementation of the 5R Method for Occupational Safety and Health in the Laboratory of State Senior High School 6 South Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.43760Keywords:
5R, Laboratorium, Keselamatan kerja, K3, sekolah., 5R, Laboratorium, Keselamatan kerja, K3, SekolahAbstract
Laboratorium sekolah menyimpan berbagai potensi risiko yang dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) jika tidak dikelola dengan baik. Penerapan budaya kerja 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) menjadi strategi efektif untuk menciptakan lingkungan laboratorium yang aman, bersih, dan tertib. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode 5R dalam mendukung penerapan K3 di laboratorium SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 30 responden yang terdiri dari guru, laboran, dan peserta didik kelas XI. Instrumen berupa angket divalidasi menggunakan teknik Pearson Product Moment dan diuji reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode 5R berada dalam kategori “Baik” dengan rata-rata skor 78,66. Aspek yang paling menonjol adalah rapi dan resik, sedangkan aspek rajin memperoleh skor terendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode 5R telah berkontribusi positif terhadap peningkatan standar K3 di laboratorium, meskipun masih diperlukan penguatan pada aspek kedisiplinan dan konsistensi perilaku. Penerapan metode 5R sebaiknya terus dibina secara sistematis agar menjadi bagian dari budaya kerja warga sekolah.
References
Adnyani, I. A. S., Seniari, N. M., Supriyatna, N., Natsir, A., Nababan, S., & Ratnasari, D. (2019). Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Siswa SMPN 7 Mataram. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Prosiding PEPADU, 1, 170–174.
Apriliani, F., Fewidarto, P. D., & Indrawan, P. (2021). Implementasi Budaya 5R sebagai upaya peningkatan perawatan fasilitas dan melatih kedisiplinan personal di LKSA Kota Bekasi. Jurnal Gama Societa, 5(1), 3–5.
Cahyaningruma, D. (2020). Program keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 2(1), 35–40. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jplp
Dahar, R. W. (1986). Pengelolaan Pengajaran Kimia. Jakarta: Karunika.
Farihah, T., & Krisdiyato, D. (2018). Penerapan 5S (Seiri, Seiso, Seiton, Sheiketsu, Shitsuke) pada UKM Olahan Makanan di Dusun Sempu, Desa Wonokerto. Jurnal Bakti Saintek, 2(2).
Hasibuan, A., Purba, B., Marzuki, I., Mahyuddin, M., Sianturi, E., Rakhmad, A., Gusty, S. C. M., Sitorus, E., & Khariri, K. (2020). Teknik keselamatan dan kesehatan kerja. Kudus: Yayasan Kita Menulis.
Jiaqi, S. (2022). Analysis of the construction of intelligent laboratory management system. In 2022 6th Annual International Conference on Data Science and Business Analytics (ICDSBA) (pp. 550–554). https://doi.org/10.1109/ICDSBA57203.2022.00068
Kementerian Kesehatan RI. (2012). Pedoman Penerapan 5R di Tempat Kerja.
Kholidah, N. A., & Prasetyo, E. (2018). Implementasi penerapan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) dalam kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada pekerja Unit Ekologi PT. Pura Barutama Kudus. Prosiding HEFA 3rd 2018, 7, 236–242.
Lapu, P., Riupassa, P. A., Pesik, A., Kaihena, M., Patty, K. L., & Hiariej, A. (2023). Keamanan dan keselamatan kerja (K3) di laboratorium IPA pada SMP Negeri 7 SATAP. Pengamatan: Jurnal Pengabdian Masyarakat untuk Ilmu MIPA dan Terapannya, 1(2), 35–42. https://doi.org/10.30598/pengamatanv1i2p35-42
Lasia, I. K., Budiada, I. K., & Widiasih, N. N. (2020). Peningkatan keselamatan kerja di laboratorium melalui pelatihan penggunaan bahan berwawasan lingkungan. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21434
Permatasari, S. A. S., & Khayati, E. Z. (2022). Penerapan budaya Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) di laboratorium menjahit SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi.
Rahmantiyoko, A., Sunarmi, S., Rahmah, F. K., Sopet, S., & Slamet, S. (2019). Keselamatan dan keamanan kerja laboratorium. IPTEK Journal of Proceedings Series, (4), 36–38. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2019i4.6119
Ravelly, M., & SyarifahHas, D. F. (2024). Pengetahuan dan sikap terhadap penerapan 5R pekerja PT. Petrokopindo Cipta Selaras. Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, 19(2), 96–102.
Restuputri, D. P., & Wahyudin, D. (2019). Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) sebagai upaya pengurangan waste pada PT X. Jurnal Sistem Teknik Industri, 21(1).
Septiani, R., & Pratiwi, M. (2021). Penerapan metode 5R dan identifikasi potensi bahaya di gudang bahan kimia laboratorium MIPA. Industrika: Jurnal Ilmiah Teknik Industri.
Siregar, M. T., Asmarani, B. K., & Magdalena. (2021). Implementasi budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) pada kelompok belajar binaan Komplek Kodam Jatiwaringin. Prapanca: Jurnal Abdimas, 1(2), 44–50. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i2.123
Situmorang, A. S., Prasetyo, R. A., & Lestari, M. D. (2023). Penerapan analisis validitas dan reliabilitas instrumen penelitian pendidikan dengan pendekatan kuantitatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 17(2), 112–121.
Sularso, P., & Hidayat, A. (2018). Penerapan 5R sebagai upaya meningkatkan K3 di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan.
Utami, S., & Jaedun, A. (2022). Penerapan metode 5R dalam pengelolaan laboratorium komputer (CAD) pada SMK Teknologi Konstruksi dan Properti di DIY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Universitas Negeri Yogyakarta.
Yuliandi, C. D., & Ahman, E. (2019). Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan kerja Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang. Jurnal UPI, 18(2), 98. http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadhiati Khofifah, Basmah Tuhfah Ma’shumah, Arwindah Kusuma Ningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


