Kepuasan Mahasiswa Kesehatan Terhadap Pelayanan Laboratorium Pendidikan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Madura

Health Student Satisfaction with Health Education Laboratory Services in the Nursing Study Program of Madura State Polytechnic

Authors

  • Anif Usni Faizah Politeknik Negeri Madura
  • Moh. Jufriyanto Politeknik Negeri Madura
  • Riza Ferdiyanto Politeknik Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.43877

Keywords:

Tingkat Kepuasan, Pelanggan Laboratorium, Pelayanan Laboratorium

Abstract

Proses pembelajaran di laboratorium merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan kesehatan prodi keperawatan untuk pencapaian area kompetensi sesuai SKPI oleh mahasiswa. Pelayanan laboratorium sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran tersebut sehingga harus dievaluasi secara berkala. Laboratorium Pendidikan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Madura merupakan salah satu laboratorium pendidikan yang belum pernah dievaluasi proses pelayanannya sejak tahun 2018 hingga tahun 2025. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Data didapatkan melalui kuesioner dan analisis dilakukan secara univariat. Hasil penelitian secara umum menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa tinggi terhadap layanan informasi, biasa terhadap layanan sarana dan prasarana, dan biasa terhadap layanan penyelenggaraan suasana akademik kondusif. Perlu peran serta semua pihak baik ditingkat fakultas maupun universitas untuk peningkatan sumberdaya manusia dan infrastruktur untuk perbaikan pelayanan Laboratorium Pendidikan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Madura dimasa mendatang.

References

Barusman, A.R.P. (2020). Model Kepuasan Mahasiswa (Indramayu : CV Adanu Abimata)

Firmansyah, T., et al. (2018). Efektifitas Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMAS Laboratorium Universitas Negeri Malang, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. 2(3).

Kertiasih. (2016). Peranan Laboratorium Pendidikan untuk Menunjang Proses Perkuliahan Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Denpasar. Jurnal Kesehatan Gigi. 4 (2):59-66.

Lasara. (2018). Kepuasan Mahasiswa dalam Pembelajaran Praktek di Laboratorium Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Jurnal Teknologi Kesehatan. 14 (1): 26-31.

Lukum dan Paramata. (2015). Student’s satisfaction toward the services of the chemical Laboratory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 4(1):22-29

Masturoh dan Nauri. (2018). Metodologi Peneitian Kesehatan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Nicolic, et al. (2015). Decoding student satisfaction: how to manage and improve the laboratory experience. IEEE. 58

Riani, N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Pembelajaran dan Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Ponorogo Angkatan Tahun 2017. Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Ponorogo.

Supartini, et al. (2022). Kurikulum Pendidikan Diploma III Keperawatan. Jakarta: AIPViKI

Umniyya, A. (2023). Strategi Pengembangan Akademik dan Peningkatan Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa, Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan. 3 (1).

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Faizah, A. U., Moh. Jufriyanto, & Riza Ferdiyanto. (2025). Kepuasan Mahasiswa Kesehatan Terhadap Pelayanan Laboratorium Pendidikan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Madura: Health Student Satisfaction with Health Education Laboratory Services in the Nursing Study Program of Madura State Polytechnic. JURNAL PENGELOLAAN LABORATORIUM SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(2), 24–31. https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.43877