Kepuasan Mahasiswa Kesehatan Terhadap Pelayanan Laboratorium Pendidikan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Madura
Health Student Satisfaction with Health Education Laboratory Services in the Nursing Study Program of Madura State Polytechnic
DOI:
https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.43877Keywords:
Tingkat Kepuasan, Pelanggan Laboratorium, Pelayanan LaboratoriumAbstract
Proses pembelajaran di laboratorium merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan kesehatan prodi keperawatan untuk pencapaian area kompetensi sesuai SKPI oleh mahasiswa. Pelayanan laboratorium sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran tersebut sehingga harus dievaluasi secara berkala. Laboratorium Pendidikan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Madura merupakan salah satu laboratorium pendidikan yang belum pernah dievaluasi proses pelayanannya sejak tahun 2018 hingga tahun 2025. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Data didapatkan melalui kuesioner dan analisis dilakukan secara univariat. Hasil penelitian secara umum menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa tinggi terhadap layanan informasi, biasa terhadap layanan sarana dan prasarana, dan biasa terhadap layanan penyelenggaraan suasana akademik kondusif. Perlu peran serta semua pihak baik ditingkat fakultas maupun universitas untuk peningkatan sumberdaya manusia dan infrastruktur untuk perbaikan pelayanan Laboratorium Pendidikan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Madura dimasa mendatang.
References
Barusman, A.R.P. (2020). Model Kepuasan Mahasiswa (Indramayu : CV Adanu Abimata)
Firmansyah, T., et al. (2018). Efektifitas Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMAS Laboratorium Universitas Negeri Malang, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. 2(3).
Kertiasih. (2016). Peranan Laboratorium Pendidikan untuk Menunjang Proses Perkuliahan Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Denpasar. Jurnal Kesehatan Gigi. 4 (2):59-66.
Lasara. (2018). Kepuasan Mahasiswa dalam Pembelajaran Praktek di Laboratorium Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Jurnal Teknologi Kesehatan. 14 (1): 26-31.
Lukum dan Paramata. (2015). Student’s satisfaction toward the services of the chemical Laboratory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 4(1):22-29
Masturoh dan Nauri. (2018). Metodologi Peneitian Kesehatan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
Nicolic, et al. (2015). Decoding student satisfaction: how to manage and improve the laboratory experience. IEEE. 58
Riani, N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Pembelajaran dan Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Ponorogo Angkatan Tahun 2017. Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Ponorogo.
Supartini, et al. (2022). Kurikulum Pendidikan Diploma III Keperawatan. Jakarta: AIPViKI
Umniyya, A. (2023). Strategi Pengembangan Akademik dan Peningkatan Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa, Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan. 3 (1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anif Usni Faizah, Moh. Jufriyanto, Riza Ferdiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


