Kepuasan Mahasiswa pada Layanan Praktikum Kimia Dasar UII Tahun Ajaran 2024-2025
Student Satisfaction with UII Basic Chemistry Practical Services for the 2024-2025 Academic Year
DOI:
https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.44913Keywords:
kepuasan, layanan, laboratorium, kimiaAbstract
Laboratorium Kimia Dasar UII merupakan laboratorium pendidikan yang digunakan untuk praktikum khususnya dasar-dasar kimia oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kepuasan layanan laboratorium kepada pengguna laboratorium untuk mengevaluasi kinerja laboratorium selama tahun ajaran 2024-2025. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner deskriptif kuantitatif kepada pengguna laboratorium kimia dasar semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Hasil analisis data dari 38 responden menunjukkan skor tingkat kepuasan pengguna sebesar 3.57 dari skala 4.00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa laboratorium kimia dasar UII memiliki kinerja yang baik dalam melayani mahasiswa dan terus meningkatkan layanan laboratorium.
References
Amalina, f. &. (2019). Kepuasan pelanggan Laboratorium Genetika Molekuler Fakultas Kedokteran UNPAD (Customer Satisfaction In Moleculac Genetic Laboratorium FK UNPAD). KANDAGA, 1(1), 20-24.
Arisanti, D. d. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Laboratorium Klinik terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2019. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 83-94.
Cahyaningrum, D. d. (2024). Kepuasan Pengguna Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 6(1), 17-23.
Fathurohman, D. M. (2023). Analisis Kepuasan Pelayanan Laboratorium Pengujian PJK3 dengan Pendekatan Service Quality. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 13(2), 1-6.
Hanifah, J. K. (2024). Analisis Tingkat kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Laboratorium Teknik Industri Universitas Muhammadiyah A.R.Fachruddin. Journal Industrial manufacturing, 9(2), 61-66.
Ikhsan, H. &. (2024). Analysis of User satisfaction Levels to Improve the Quality of Services in Nursing Education Laboratory. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 9(2), 191-203.
Jufri, I. T. (2024). Persepsi dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kegiatan Praktikum Metode Luring dan Daring di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(4), 8335-8348.
Martina, d. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Laboratorium Kabupaten Lahat Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 7(1), 68-80.
Masyruroh, A. F. (2023). Pengaruh Pelatihan dalam Meningkatkan Kompetensi Karyawan. Jurnal Humaniora Ekonomi Syariah dan Muamalah, 1(4), 184-189.
Nurhayati, d. (2022). Analisis Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM) Praktikan terhadap Kualitas Penyelenggaraan Praktikum di Laboratorium Terpadu Unit Kimmia UHO Semester Genap Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmu Kimia dan Pendidikan Kimia, 11(2), 148-152.
Nurliana, L. (2024). Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Praktikum di Laboratorium Unit Kimia UPT. Lab Terpadu UHO Tahub Ajaran 2023. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 13(1), 59-65.
Situngkir, D. I. (2023). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pada Laboratorium XYZ. Jurnal AGROTRISTEK, 2(1), 38-44.
Suryapranatha, D. &. (2025). Analisis Kualitas Pelayanan Laboratorium Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus di Laboratorium Manufaktur Teknik Industri Universitas Buana Perjuangan Karawang). Jurnal Industry Xplore, 10(1), 508-514.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ainun Nisa Zella Salsabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


