Kepuasan Mahasiswa pada Layanan Praktikum Kimia Dasar UII Tahun Ajaran 2024-2025

Student Satisfaction with UII Basic Chemistry Practical Services for the 2024-2025 Academic Year

Authors

  • Ainun Nisa Zella Salsabila UII

DOI:

https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.44913

Keywords:

kepuasan, layanan, laboratorium, kimia

Abstract

Laboratorium Kimia Dasar UII merupakan laboratorium pendidikan yang digunakan untuk praktikum khususnya dasar-dasar kimia oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kepuasan layanan laboratorium kepada pengguna laboratorium untuk mengevaluasi kinerja laboratorium selama tahun ajaran 2024-2025. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner deskriptif kuantitatif kepada pengguna laboratorium kimia dasar semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Hasil analisis data dari 38 responden menunjukkan skor tingkat kepuasan pengguna sebesar 3.57 dari skala 4.00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa laboratorium kimia dasar UII memiliki kinerja yang baik dalam melayani mahasiswa dan terus meningkatkan layanan laboratorium.

References

Amalina, f. &. (2019). Kepuasan pelanggan Laboratorium Genetika Molekuler Fakultas Kedokteran UNPAD (Customer Satisfaction In Moleculac Genetic Laboratorium FK UNPAD). KANDAGA, 1(1), 20-24.

Arisanti, D. d. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Laboratorium Klinik terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2019. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 83-94.

Cahyaningrum, D. d. (2024). Kepuasan Pengguna Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 6(1), 17-23.

Fathurohman, D. M. (2023). Analisis Kepuasan Pelayanan Laboratorium Pengujian PJK3 dengan Pendekatan Service Quality. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 13(2), 1-6.

Hanifah, J. K. (2024). Analisis Tingkat kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Laboratorium Teknik Industri Universitas Muhammadiyah A.R.Fachruddin. Journal Industrial manufacturing, 9(2), 61-66.

Ikhsan, H. &. (2024). Analysis of User satisfaction Levels to Improve the Quality of Services in Nursing Education Laboratory. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 9(2), 191-203.

Jufri, I. T. (2024). Persepsi dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kegiatan Praktikum Metode Luring dan Daring di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(4), 8335-8348.

Martina, d. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Laboratorium Kabupaten Lahat Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 7(1), 68-80.

Masyruroh, A. F. (2023). Pengaruh Pelatihan dalam Meningkatkan Kompetensi Karyawan. Jurnal Humaniora Ekonomi Syariah dan Muamalah, 1(4), 184-189.

Nurhayati, d. (2022). Analisis Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM) Praktikan terhadap Kualitas Penyelenggaraan Praktikum di Laboratorium Terpadu Unit Kimmia UHO Semester Genap Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmu Kimia dan Pendidikan Kimia, 11(2), 148-152.

Nurliana, L. (2024). Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Praktikum di Laboratorium Unit Kimia UPT. Lab Terpadu UHO Tahub Ajaran 2023. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 13(1), 59-65.

Situngkir, D. I. (2023). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pada Laboratorium XYZ. Jurnal AGROTRISTEK, 2(1), 38-44.

Suryapranatha, D. &. (2025). Analisis Kualitas Pelayanan Laboratorium Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus di Laboratorium Manufaktur Teknik Industri Universitas Buana Perjuangan Karawang). Jurnal Industry Xplore, 10(1), 508-514.

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Ainun Nisa Zella Salsabila. (2025). Kepuasan Mahasiswa pada Layanan Praktikum Kimia Dasar UII Tahun Ajaran 2024-2025: Student Satisfaction with UII Basic Chemistry Practical Services for the 2024-2025 Academic Year. JURNAL PENGELOLAAN LABORATORIUM SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(2), 77–82. https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.44913