Keselamatan dan Keamanan Laboratorium IPA Prodi PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Safety and Security of the PGMI Study Program Science Laboratory UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Authors

  • Nuzulul Nuzulul UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.44974

Keywords:

keselamatan, laboratorium IPA, PGMI

Abstract

Laboratorium IPA Prodi PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan merupakan fasilitas penting dalam mendukung praktik pembelajaran sains yang aplikatif bagi calon guru MI. Dengan demikian keselamatan dan keamanan laboratorium menjadi aspek yang sangat krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi keselamatan dan keamanan laboratorium IPA di Prodi PGMI, mengidentifikasi potensi risiko, serta merumuskan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi terhadap prosedur keselamatan yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada sejumlah prosedur keselamatan sudah disusun, terdapat kekurangan dalam pelatihan keselamatan bagi pengguna laboratorium, ketidaktersediaan peralatan pelindung yang memadai, dan kurangnya pengawasan rutin. Pembahasan menguraikan bahwa faktor sumber daya, budaya keselamatan, dan kebijakan institusi mempengaruhi tingkat keamanan laboratorium. Kesimpulannya, untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan laboratorium IPA Prodi PGMI, perlu dilakukan pelatihan reguler, pemutakhiran sarana dan prasarana, pembentukan kebijakan internal yang lebih ketat, serta pengawasan berkelanjutan.

References

Agustina, Maya. (2018). Peran laboratorium ilmu pengetahuan alam (ipa) dalam pembelajaran ipa madrasah ibtidaiyah (mi)/sekolah dasar (sd)." At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam

Alwisol. (2019). Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Andini, Aisha Dwi, Oryza Sativa, and Desyana Olenka Magaretta. (2025). Strategi Manajemen Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Kualitas Praktikum Peserta Didik di Sekolah Menengah." Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan 3.2

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Hermawan, D., & Nugroho, S. (2019). “Analisis Keselamatan Laboratorium IPA di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 123–135.

Krefting, L. (1991). “Rigor in qualitative research: The assessment of trustworthiness,” American Journal of Occupational Therapy, 45(3), 214–222.

Permendikbud Republik Indonesia No. 51 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Keamanan Laboratorium Pendidikan.

Putra, Arief Yandra, and Fitri Mairizki. (2020). Sosialisasi Keselamatan dan Keamanan Laboratorium IPA di SMA 1 Pangkalan Baru, Kampar." Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4

Kusumawati, P. R. D., & Hayudinna, H. G. (2023). Petunjuk praktikum IPA MI/SD. Pekalongan: Prodi PGMI.

Rabiudin, Rabiudin. (2023). Belajar bermakna melalui praktikum ilmu pengetahuan alam.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Nuzulul, N. (2025). Keselamatan dan Keamanan Laboratorium IPA Prodi PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan: Safety and Security of the PGMI Study Program Science Laboratory UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. JURNAL PENGELOLAAN LABORATORIUM SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(2), 83–88. https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.44974