Keselamatan dan Keamanan Laboratorium IPA Prodi PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Safety and Security of the PGMI Study Program Science Laboratory UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.33369/pelastek.v5i2.44974Keywords:
keselamatan, laboratorium IPA, PGMIAbstract
Laboratorium IPA Prodi PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan merupakan fasilitas penting dalam mendukung praktik pembelajaran sains yang aplikatif bagi calon guru MI. Dengan demikian keselamatan dan keamanan laboratorium menjadi aspek yang sangat krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi keselamatan dan keamanan laboratorium IPA di Prodi PGMI, mengidentifikasi potensi risiko, serta merumuskan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi terhadap prosedur keselamatan yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada sejumlah prosedur keselamatan sudah disusun, terdapat kekurangan dalam pelatihan keselamatan bagi pengguna laboratorium, ketidaktersediaan peralatan pelindung yang memadai, dan kurangnya pengawasan rutin. Pembahasan menguraikan bahwa faktor sumber daya, budaya keselamatan, dan kebijakan institusi mempengaruhi tingkat keamanan laboratorium. Kesimpulannya, untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan laboratorium IPA Prodi PGMI, perlu dilakukan pelatihan reguler, pemutakhiran sarana dan prasarana, pembentukan kebijakan internal yang lebih ketat, serta pengawasan berkelanjutan.
References
Agustina, Maya. (2018). Peran laboratorium ilmu pengetahuan alam (ipa) dalam pembelajaran ipa madrasah ibtidaiyah (mi)/sekolah dasar (sd)." At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam
Alwisol. (2019). Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Andini, Aisha Dwi, Oryza Sativa, and Desyana Olenka Magaretta. (2025). Strategi Manajemen Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Kualitas Praktikum Peserta Didik di Sekolah Menengah." Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan 3.2
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Hermawan, D., & Nugroho, S. (2019). “Analisis Keselamatan Laboratorium IPA di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 123–135.
Krefting, L. (1991). “Rigor in qualitative research: The assessment of trustworthiness,” American Journal of Occupational Therapy, 45(3), 214–222.
Permendikbud Republik Indonesia No. 51 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Keamanan Laboratorium Pendidikan.
Putra, Arief Yandra, and Fitri Mairizki. (2020). Sosialisasi Keselamatan dan Keamanan Laboratorium IPA di SMA 1 Pangkalan Baru, Kampar." Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4
Kusumawati, P. R. D., & Hayudinna, H. G. (2023). Petunjuk praktikum IPA MI/SD. Pekalongan: Prodi PGMI.
Rabiudin, Rabiudin. (2023). Belajar bermakna melalui praktikum ilmu pengetahuan alam.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuzulul Nuzulul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


