Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman guru mengenai pelaksanaan belajar dari rumah di taman kanak-kanak Se-Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitianan ini adalah seluruh guru taman kanak-kanak Se-Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam Sumatera Selatan. Objek penelitian ini berupa pemahaman guru mengenai pelaksanaan belajar dari rumah. Metode pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Hasil penelitian ini secara umum menunjukan bahwa pemahaman guru mengenai pelaksanaan belajar dari rumah di taman kanak-kanak dalam kategori sangat paham. Pemahaman guru mengenai konsep belajar dari rumah yaitu tergolong sangat paham. Pemahaman guru mengenai perencanaan belajar dari rumah tergolong sangat paham. Pemahaman guru mengenai metode belajar dari rumah tergolong sangat paham.Pemahaman guru mengenai pelaksanaan belajar dari rumah tergolong paham. Pemahaman guru mengenai penilaian belajar dari rumah tergolong paham. Oleh karena itu disaranakan kepada kepala sekolah memperhatikan penyediaan sarana dan prasarana sekolah yang lebih lengkap guna mendukung perkembangan belajar dari rumah di taman kanak-kanak dan menerapkannya dengan baik pada proses pembelajaran di taman kanak-kanak.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Emillia Sari Ayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Anderson, L. . & K. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing:A revision of Bloom’s taxonomy of educational Objectives. Longma.
- Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Bumi Aksara.
- Baharudin. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
- Momon Sudarma. (2021). Daring Duraring Belajar Dari Rumah. Startegi Jitu Guru, Orang Tua, dan Siswa di Masa Pandemi (M. R. Pranata (ed.)). Jakarta: PT Alex Media Komoutindo.
- Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (D. Ruswandi (ed.)). Bandung:Alfabeta, CV.
- Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 58. (2009). tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
- Sugiyono. (2013). Reliabilitas Dan Validitas. (P. 125). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- . (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta, CV.
- . (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:(Alfabeta (ed.)).
- . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV Surat Edaran Kemendikbud Dikti No.1. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021.
- Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.4. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.
References
Anderson, L. . & K. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing:A revision of Bloom’s taxonomy of educational Objectives. Longma.
Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif.Jakarta: Bumi Aksara.
Baharudin. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
Momon Sudarma. (2021). Daring Duraring Belajar Dari Rumah. Startegi Jitu Guru, Orang Tua, dan Siswa di Masa Pandemi (M. R. Pranata (ed.)). Jakarta: PT Alex Media Komoutindo.
Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (D. Ruswandi (ed.)). Bandung:Alfabeta, CV.
Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 58. (2009). tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2013). Reliabilitas Dan Validitas. (P. 125). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta, CV.
. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:(Alfabeta (ed.)).
. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV Surat Edaran Kemendikbud Dikti No.1. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.4. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.