Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara tingkat emosi orang tua dengan aktivitas belajar pada pembelajaran daring studi anak kelompok B Se Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu. Jenis penelitian ini adalah penlitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua di Pendidikan anak usia dini se-gugus kembang sepatu kecamatan muara bangkahulu dengan jumlah 91 orang tua. Sampel dalam penelitian ini sebanya 75 orang tua yang hanya mendampingi anak belajar daring. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat emosi orang tua dengan aktivitas belajar pada pembelajaran daring. Hal ini ditunjukkan dari nilai r xy sebesar 0,085 dan uji t memiliki nilai signifikansi -0,117 < 0,05 maka tidak terdapat hubungan yang signifikan. Jadi kesimpulanya Ha ditolak sedangkan Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara tingkat emosi dengan aktivitas belajar pada pembelajaran daring berada pada kategori sangat rendah.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Deepublish.
- Fadhillah, H. (2016). Pengaruh Membaca Alquran Terhadap Kestabilan Emosi Siswa Kelas Xi Sma It Abu Bakar Yogyakarta. June.
- Hanief & Himawanto. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.
- Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(9), 21–25. Http://Www.Elsevier.Com/Locate/Scp
- Pranita, E. (2020). Orangtua Aniaya Anak Karena Tak Paham Saat Belajar Daring.
- Raihana. (2020). Pengelolaan Emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(4), 132–139.
- Rintayati, P., & Putro, S. P. (2011). Meningkatkan Aktivitas Belajar( Active Learning ) Siswa Berkarakter Cerdas Dengan Pendekatan (Stm).
- Rintayati, P., & Putro, S. P. (2012). Meningkatkan Aktivitas Belajar (Active Learning) Siswa Berkarakter Cerdas Dengan Pendekatan Sains Teknologi (Stm). Didaktika Dwija Indria, 1(2).
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Pt Alfabet.
References
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Deepublish.
Fadhillah, H. (2016). Pengaruh Membaca Alquran Terhadap Kestabilan Emosi Siswa Kelas Xi Sma It Abu Bakar Yogyakarta. June.
Hanief & Himawanto. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.
Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(9), 21–25. Http://Www.Elsevier.Com/Locate/Scp
Pranita, E. (2020). Orangtua Aniaya Anak Karena Tak Paham Saat Belajar Daring.
Raihana. (2020). Pengelolaan Emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(4), 132–139.
Rintayati, P., & Putro, S. P. (2011). Meningkatkan Aktivitas Belajar( Active Learning ) Siswa Berkarakter Cerdas Dengan Pendekatan (Stm).
Rintayati, P., & Putro, S. P. (2012). Meningkatkan Aktivitas Belajar (Active Learning) Siswa Berkarakter Cerdas Dengan Pendekatan Sains Teknologi (Stm). Didaktika Dwija Indria, 1(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Pt Alfabet.