Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha guru dalam peningkatan kecerdasan naturalis di PAUD IT Nur’athifah Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 6 guru di PAUD IT Nur’athifah Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dari wawancara yang telah dilakukan peneliti dengan subjek peneliti yaitu pemberian materi dengan menyusun tema tentang bintang dan tumbuhan serta gejala alam, Strategi atau guru dengan mengajak anak berkarya wisata ke pantai, kebun, taman, danau, dan lingkungan sekitar, melakukan diskusi, mengamati binatang dan hewan serta melihat sikap anak terhadap binatang dan tumbuhan. Untuk pembelajaran didalam kelas, strategi yang digunakan yaitu guru membawa flora dan fauna ke dalam kelas serta memutarkan film tentang flora dan fauna. Saran yang dapat diberikan peneliti pada penelitian selanjutnya yaitu diharapkan pada peneliti lain agar dapat mendalami lagi penelitian mengenai kecerdasan naturalis dengan menggunakan metode karya wisata untuk anak usia dini.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 ZELVYONA PREZYLIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).