Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan ecoprint dengan teknik pounding di kelompok B PAUD Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 14 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki 4 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan ecoprint dengan teknik pounding dapat meningkatkan kreativitas anak dari rata-rata siklus I sebesar 3,16 dengan kategori cukup ke rata-rata siklus II sebesar 4,19 dengan kategori baik. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan kegiatan ecoprint dengan teknik pounding dalam pembelajaran tema profesi subtema pengrajin batik, dan untuk kepala sekolah membina kerjasama guru dalam memberi fasilitas media pembelajaran kegiatan ecoprint dengan teknik pounding.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Anisah Zhafirah, Riyanto Riyanto, Mona Ardina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Arikunto, S. Suhardjono, & S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Edisi
- Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint
- terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-
- Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
- Hendriana, H & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian
- Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.
- Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT
- Remaja Rosdakarya.
- Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., & Syarifuddin, S. (2021).
- Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi
- di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia?: Jurnal Ilmiah
- Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 262–271.
- https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.17789
- Pekerti, et al. (2018). metode pengembangan seni. Tangerang
- Selatan: Universitas Terbuka.
- Simanungkalit, Y. S. (2020). Teknik Ecoprint dengan Memanfaatkan
- Limbah Mawar (Rosa SP.) pad Kain Katun. Fashion and Fashion
- Education Journal, 9(1), 90–98.
- Sisdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20
- tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
- Permendikbud. (2014). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik
- Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional
- Pendidikan Anak Usia Dini.
- Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK.
- Jakarta: Depdiknas.
- Susanti, S. M. Henny, & Marwah. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak
- Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di
- masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan
- Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942.
- https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594
- Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development
- (R&D). Jakarta: PT Bumi Aksara.
References
Arikunto, S. Suhardjono, & S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Edisi
Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint
terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-
Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
Hendriana, H & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian
Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., & Syarifuddin, S. (2021).
Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi
di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia?: Jurnal Ilmiah
Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 262–271.
https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.17789
Pekerti, et al. (2018). metode pengembangan seni. Tangerang
Selatan: Universitas Terbuka.
Simanungkalit, Y. S. (2020). Teknik Ecoprint dengan Memanfaatkan
Limbah Mawar (Rosa SP.) pad Kain Katun. Fashion and Fashion
Education Journal, 9(1), 90–98.
Sisdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20
tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Permendikbud. (2014). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional
Pendidikan Anak Usia Dini.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK.
Jakarta: Depdiknas.
Susanti, S. M. Henny, & Marwah. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak
Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di
masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development
(R&D). Jakarta: PT Bumi Aksara.