Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan ecoprint dengan teknik pounding di kelompok B PAUD Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 14 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki 4 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan ecoprint dengan teknik pounding dapat meningkatkan kreativitas anak dari rata-rata siklus I sebesar 3,16 dengan kategori cukup ke rata-rata siklus II sebesar 4,19 dengan kategori baik. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan kegiatan ecoprint dengan teknik pounding dalam pembelajaran tema profesi subtema pengrajin batik, dan untuk kepala sekolah membina kerjasama guru dalam memberi fasilitas media pembelajaran kegiatan ecoprint dengan teknik pounding.

 

Keywords

kreativitas ecoprint teknik pounding

Article Details

Author Biographies

Riyanto Riyanto, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keilmuan dan Pendidikan, Universitas Bengkulu

Mona Ardina, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keilmuan dan Pendidikan, Universitas Bengkulu
How to Cite
Zhafirah, A., Riyanto, R., & Ardina, M. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Ecoprint Dengan Teknik Pounding Di Kelompok B PAUD Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22233

References

  1. Arikunto, S. Suhardjono, & S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Edisi
  2. Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint
  4. terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-
  5. Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
  6. Hendriana, H & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian
  7. Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.
  8. Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT
  9. Remaja Rosdakarya.
  10. Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., & Syarifuddin, S. (2021).
  11. Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi
  12. di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia?: Jurnal Ilmiah
  13. Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 262–271.
  14. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.17789
  15. Pekerti, et al. (2018). metode pengembangan seni. Tangerang
  16. Selatan: Universitas Terbuka.
  17. Simanungkalit, Y. S. (2020). Teknik Ecoprint dengan Memanfaatkan
  18. Limbah Mawar (Rosa SP.) pad Kain Katun. Fashion and Fashion
  19. Education Journal, 9(1), 90–98.
  20. Sisdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20
  21. tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
  22. Permendikbud. (2014). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik
  23. Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional
  24. Pendidikan Anak Usia Dini.
  25. Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK.
  26. Jakarta: Depdiknas.
  27. Susanti, S. M. Henny, & Marwah. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak
  28. Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di
  29. masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan
  30. Anak Usia Dini, 5(2), 1930–1942.
  31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.594
  32. Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif
  33. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development
  34. (R&D). Jakarta: PT Bumi Aksara.