Main Article Content

Abstract

Masih rendahnya kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bacaan sebagai sumber belajar mengakibatkan proses pembelajaran dominan berlangsung secara direktif, padahal sumber bacaan sangat melimpah dan mudah diakses salah satunya melalui internet. Tujuan penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan metodologi pengembangan studi sosial pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Bengkulu. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model John Elliot. Subjek penelitian sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan tes penguasaan materi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi literature based menggunakan metode reciprocal dapat meningkatkan penguasaan materi studi sosial anak usia dini dari hasil diperoleh p = 0,001 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kemampuan mahasiswa sebelum (pretest) dan setelah siklus 1 serta siklus 2. Pengimplementasian pembelajaran literature based menggunakan metode reciprocal dapat meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap materi studi sosial anak usia dini

Keywords

pembelajaran pembelajaran literature based metode reciprocal dan pengembangan studi sosial anak usia diniliterature based dan pengembangan studi sosial anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Daryati, M. E., Suryadi, D., & Hatta, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Literature Based Menggunakan Metode Reciprocal dalam Meningkatkan Penguasaan Mahasiswa Terhadap Materi Mata Kuliah Studi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.45-56

References

  1. Argikas, T. B., & Khuzaini, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Depok. Jurnal Mercumatika, 1(1), 67–79. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i1.186
  2. Bangun, S. Y. (2019). Meningkatkan Pukulanswingpermainan Softball Menggunakan Metode Resiprokal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp:
  3. Bara Wahyu Ramadhan, G. D. (2019). Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Servis Pendek Bulutangkis Bara Wahyu Ramadhan*, Gatot Darmawan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan., 7(3), 379–383. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/30931.
  4. Barra Purnama Pradja, M. A. F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. 2(2), 159–166.
  5. Desni Yuniarni, Reni Puspita Sari, A. A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 280–394. https://doi.org/10.31004/ obsesi.v4il.331
  6. Englehart, A. (n.d.). Can Modified Reciprocal Teaching Strategies Improve Kindergarten English Language Learners ’ Comprehension and Enjoyment of Read Aloud Books. 1–17.
  7. Ervan Junanto, K. (2015). Penerapan Metode Resiprokal Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Fair Play Dalam Pembelajaran Penjasorkes Kelas X Iis 1 Sma Negeri 1 Godean Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(November), 125–129. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/download/8189/6860.
  8. Galih Priyambada, Soegiyanto, O. W. K. H. (2016). Pengaruh Gaya Menhajar Resiprokal dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Pembelajaran Senam Lantai. 5(1), 2–4.
  9. Junaidi, J. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 17. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3660
  10. Khaeri, Fathul., Bakri Mallo., A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untukmeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Di Kelas Viii Smp Negeri 16 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(3), 261–272. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8306.
  11. Lamusu, S. A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi PG-PAUD melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 360. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.609
  12. Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
  13. Nasirun, M., & Daryati, M. E. (2019). Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan P- ISSN 2476-9312 Studi Kemampuan Mengajar Peer Teaching Mahasiswa Semester V Program Studi S1 Pendidikan Guru Paud Tahun Ajaran 2018 / 2019. Kata kunci : Kemampuan Mengajar , Peer Teaching , Pembelajaran Keywords : Teach. 5(2), 71–76. https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p73-83.1474
  14. Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Anak Usia Dini melalui Metode Drill. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.506
  15. Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
  16. Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
  17. Octavia, Dini. 2013. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal repository.upi.edu
  18. Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia,. http://faperta.ugm.ac.id/2014/site/fokus/pdf/permen_tahun2014_nomor049.pdf
  19. Pilten, G. (2016). The Evaluation of Effectiveness of Reciprocal Teaching Strategies on Comprehension of Expository Texts. Journal of Education and Training Studies, 4(10), 232–247. https://doi.org/10.11114/jets.v4i10.1791
  20. Pratama, H., Simanjuntak, V. G., & Purnomo, E. (2013). Sabit Melalui Metode Resiprokal Kelas VB SDN 68 Pontianak. 1–8.
  21. Rosyati, T., Saprudin, S., & Alaydrus, A. S. (2020). Kinerja OCB pada guru PAUD ditinjau dari Educational leadership dan Integritas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513
  22. Saufi, M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Dengan Model Resiprokal Pada Siswa Kelas Viii A Semester I Smp Pgri 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(2), 227–249.
  23. Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700
  24. Siyyella Tika N, Kurniah, Nina, M. E. D. (2014). Studi Perbedaan Karakter Disiplin Anak Kelompok B Berdasarkan Disiplin Kerja Guru (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Di Paud Kampung Bali Kota Bengkulu). 79–85. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.79-85
  25. Sukrawan Hari, I. M. (2012). The Effect of Reciprocal Strategy and Learning Style on Reading Comprehension of the 10 th Grade Students of SMAN 3 Amlapura. 1–42.
  26. Supriadi, O. (2020). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841–856. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727
  27. Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509
  28. Zahratul Qalbi, Serli Marlina, Rafhi Febryan Putera, Isa Hidayati, M. E. D. (2020). Pengaruh permainan maze terhadap kemampuan bercerita di tk negeri 1 padang baru. 4(2), 287–294. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.1013