Isi Artikel Utama

Abstrak

RA Al-Ma’ruf Beyan Pandanwangi Jombang, orang tua biasanya datang secara langsung ke sekolah guna dan mendiskusikan hasil penilaian secara langsung. Pada awal tahun 2020, terjadi pandemi Covid-19 dimana kasus terus menerus meningkat tiap harinya. Hal ini memengaruhi kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Hingga dikeluarkannya kebijakan bahwa pembelajaran dialihkan dengan menggunakan via daring (dalam jaringan) atau Pembelajaran Jarak Jauh. Berdasarkan kebijakan tersebut, maka penilaian dan pelaporan penilaian pun berubah, begitu pula di RA Al-Ma’ruf Beyan Pandanwangi Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pelaporan penilaian yang diadakan oleh RA Al-Ma’ruf Beyan Pandanwangi Jombang ditengah pandemi Covid-19 ini. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara online dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sekolah menerapkan strategi pelaporan dengan tetap melalui tatap muka namun terbagi menjadi 4 sesi kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang tua, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat

Kata Kunci

strategi penilaian pelaporan pandemi Covid 19

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Syafi’i, I., & Qomariyah, N. (2021). Strategi Pelaporan Penilaian Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Ma’ruf Beyan. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.57-65

Referensi

  1. Anhusadar, L. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Produk Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1775
  2. Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). REVISI TAKSONOMI PEMBELAJARAN BENYAMIN S. BLOOM. Satya Widya. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39
  3. Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521
  4. Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of the ICECRS. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
  5. Kemdikbud, & Kemdikbud, pengelola web. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.
  6. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020a). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Direkorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.
  7. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020b). Protokol Area Pendidikan.
  8. Krisnadina Lopo, R. J., Masitoh, S., & Hariastuti, R. T. (2020). Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.970
  9. Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Rosadi, N. (2018). Upaya Penguatan Pemahaman Menulis Deskripsi dan Narasi pada Penulisan Buku Laporan Hasil Belajar Siswa PAUD di Depok. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2669
  10. Muslich, M. (2011). Authentic Assessment Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. In Bandung: Refika Aditama.
  11. n.d. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19.
  12. Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC
  13. Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
  14. Permendikbud. (2014). Standar Nasional Penilian PAUD No. 137. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
  15. Pusdiklat. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
  16. Rohita, R., & Nurfadilah, N. (2018). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta). JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA. https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.255
  17. Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
  18. Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
  19. Suyadi, S. (2017). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.
  20. Wahyudin uyu, A. M. (2013). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Pesona PAUD.
  21. Yus, A. (2015). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. In Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak.
  22. Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi.