Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran Daring yang dilaksanakan Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bertujuan untuk merealisasikan program pemerintah dibidang Pendidikan selama terjadinya wabah covid-19. Proses pembelajaran daring dilaksanakan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit wabah menular covid-19. Walaupun pembelajaran daring dilakukan secara online atau jarak jauh diharapkan proses belajar mengajar dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan mahasiswa selama menerapkan model pembelajaran daring. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan menyediakan kuesioner yang dibuat pada Google Form. Sampel ditetapkan secara purposive sampling dengan ditetapkan 68 responden adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa kuesiner yang terdiri dari 10 pernyataan dengan menggunakan skala likert disebarkan pada 12 April-15 April 2021. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran daring dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini . Saran penelitian berikutnya diharapkan dapat menambah variabel lainnya selain pada variabel penelitian ini seperti kreatifitas mahasiswa dan motivasi belajar.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
- Febriyanto, P.T, Siti, M. & Lutfi, A.M. (2020). Implementation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic On Madura Island, Indonesia. International Journalof Learning, Teaching and Educational Research 19(8). 233-254.
- Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
- Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.
- Manas, G.M. (2020). IMPACT Of Pandemic Covid-19 On Higher Education: Challenges and Opportunities - A Review. International Journal IJRESS. 7(10), 106-111.
- Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
- Priyastuti, M. T., & Suhadi, S. (2020). Kepuasaan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383
- Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
- Suciati. (2020). Peningkatan Kreatifitas Dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Improvement of Teacher Creativities and Initiatives Through Online Learning Models in the Covid-19 Pandemic Period. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1).
- Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
- Wart, M.V, Ni. A, Medina. P, Canelon. J, Kordrostami. M, Zhang. J, Liu. Y. (2020). Integrating Students' Perspectives about Online Learning: a Hierarchy of Factors. International Jounal Educational Technology in Higher Education. 2-22
- Yuliani, H., & Ayuh, E. T. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Student Engagement. Jurnal Humas & Media Kontemporer, 1–10. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/madia/article/view/1236
Referensi
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Febriyanto, P.T, Siti, M. & Lutfi, A.M. (2020). Implementation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic On Madura Island, Indonesia. International Journalof Learning, Teaching and Educational Research 19(8). 233-254.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.
Manas, G.M. (2020). IMPACT Of Pandemic Covid-19 On Higher Education: Challenges and Opportunities - A Review. International Journal IJRESS. 7(10), 106-111.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Priyastuti, M. T., & Suhadi, S. (2020). Kepuasaan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383
Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Suciati. (2020). Peningkatan Kreatifitas Dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Improvement of Teacher Creativities and Initiatives Through Online Learning Models in the Covid-19 Pandemic Period. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1).
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Wart, M.V, Ni. A, Medina. P, Canelon. J, Kordrostami. M, Zhang. J, Liu. Y. (2020). Integrating Students' Perspectives about Online Learning: a Hierarchy of Factors. International Jounal Educational Technology in Higher Education. 2-22
Yuliani, H., & Ayuh, E. T. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Student Engagement. Jurnal Humas & Media Kontemporer, 1–10. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/madia/article/view/1236