Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulan dan menganalisis data perkembangan anak dalam aspek perkembangan personal sosial, bahasa dan motorik. Data dikumpulkan dengan menggunakan DDST ( Denver Developmental Screening Test). Metode penelitian berupa survey.  Sampel adalah anak usia 4-6 tahun yang menjadi peserta didik pada 2 lembaga Taman Kanak-kanak di Desa Kemumu Kecamtan Armajaya, Kabupaten Argamakmur, yaitu TK Kencana Mandiri, Bengkulu Utara  yang berjumlah 58 anak. Hasil dari penelitian ini adalah data perkembangan aspek personal sosial, motorik kasar dan motorik halus serta perkembangan aspek Bahasa.      Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83 % anak mengalami perkembangan dalam kategori normal, dan 17 persen dalam kategori suspek.

Keywords

DDST perkembangan anak Armajaya DDST Perkembangan Anak Armajaya

Article Details

Author Biography

Didik Suryadi, PG PAUD, Universitas Bengkulu

Prodi PG PAUD FKIP UNIB

How to Cite
Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Analisis Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak Di Kelurahan Kemumu, Berbasis DDST. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 194–201. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.194-201

References

  1. Asthiningsih, N. W. W., & Muflihatin, S. K. (2018). Deteksi Dini Perkembangan Balita Dengan Metode DDST Ii Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Endurance, 3(2), 367. https://doi.org/10.22216/jen.v3i2.3149
  2. Aquarisnawati, P., Mustami’ah, D., & Riskasari, W. (2011). Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt. INSAN Volume 13 (3).
  3. Azwaldi, Damanik, H. D., & Erman, I. (2019). Analisis Perkembangan Anak Usia Dini Dengan Model Ddst Ii Di Sekolah Alam Indonesia Palembang Analysis of Development of Early Age Children With. Jurnal Wacana Kesehatan, 4(2).
  4. Bank, T. W. (2013, September). Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini di Desa-desa di Indonesia: Landasan Kokoh, Hari Esok Cerah. Retrieved from https://www.worldbank.org/in/news/feature/2013/09/03/Early-Childhood-Education-and-Development-in-Poor-Villages-of-Indonesia-Strong-Foundations-Later-Success
  5. Barnett, W. S. (2007). Long-Term Effects of Early Outcomes. 5(3), 25–50.
  6. Çelikkiran, S., Bozkurt, H., & Coşkun, M. (2015). Denver developmental test findings and their relationship with sociodemographic variables in a large community sample of 0–4-year-old children. Noropsikiyatri Arsivi, 52(2), 180–184. https://doi.org/10.5152/npa.2015.7230
  7. Chamidah, A. N. (2009). Pentingnya Stimulasi Dini Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak. Talkshow Tumbuh Kembang Dan Kesehatan Anak, 1–7.
  8. Cusick, S., & Georgieff, M. K. (n.d.). The first 1,000 days of life: The brain’s window of opportunity. Retrieved from https://www.unicef-irc.org/article/958-the-first-1000-days-of-life-the-brains-window-of-opportunity.html#:~:text=The first 1%2C000 days of life - the time spanning roughly,across the lifespan are established.
  9. Darling, N. (2007). Ecological Systems Theory: The Person in the Center of the Circles. Research in Human Development, 4(3–4), 203–217. https://doi.org/10.1080/15427600701663023
  10. Darmanto, F., Yuwono, C., Supriyono, S., Pamot, H., & Ichsandi, R. (2019). Analisis Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Denver Development Screening Test Motorik Kasar Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 2(2), 38. https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p38-43
  11. Edmond, K. M., Strobel, N. A., Adams, C., & McAullay, D. (2019). Effect of early childhood development interventions implemented by primary care providers commencing in the neonatal period to improve cognitive outcomes in children aged 0-23 months: Protocol for a systematic review and meta-analysis. Systematic Reviews, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s13643-019-1142-1
  12. Ettekal, A., & Mahoney, J. L. (2017). Ecological Systems Theory. The SAGE Encyclopedia of Out-of-School Learning, (April). https://doi.org/10.4135/9781483385198.n94
  13. Frankenburg, W. K., & Dodds, J. B. (1967). The Denver Developmental Screening Test. The Journal of Pediatrics, 71(2), 181–191. https://doi.org/10.1016/S0022-3476(67)80070-2
  14. Gomez, R. (2016). Sustaining the benefits of early childhood education experiences: A research overview, voices in urban education. Voices in Urban Education, 43, 5–14. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1101330
  15. Mashburn,Andrew J.;M. Justice ; Jason T. Downer and Robert C. (2009), Peer Effects on Children’s Language Achievement During Pre-Kindergarten, Child Development, Vol.80 (3).
  16. Masthalina, H., Taufiqurrahman, & Irianto. (2015). Pengaruh Gizi Buruk pada Anak Umur 2 tahun ke Bawah dan Stimulus Lingkungan Terhadap tingkat Kecerdasan Ankan Usia 5 - 6 Tahun di Kota Mataram Provinsi NTB. Poltekes, 1–15.
  17. Novianti, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2013). Pemtaan Kemampuan Guru PAUD Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Pakanbaru. 8(1), 95–104. Retrieved from https://sorot.ejournal.unri.ac.id/index.php/JS/article/view/2353/0
  18. Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru Paud Dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699
  19. Oktiawati, A., Itsna, I. N., Satria, R. P., Ni, J., Bhakti, S., Husada, M., Tengah, J. (2020). Deteksi Dini Perkembangan Anak dengan DDST ( Denver Development Screening Test ) di RA / KBIT Siti Khodijah Slawi mencapai 35 , 7 %. Gangguan tumbuh kembang anak dapat dikendalikan sejak awal , Screening Test ( DDST ). DDST bukan termasuk dalam tes diagno. 1(2), 106–115.
  20. Pem, D. (2016). Factors Affecting Early Childhood Growth and Development: Golden 1000 Days. Advanced Practices in Nursing, 01(01), 1–4. https://doi.org/10.4172/2573-0347.1000101
  21. Sanitasari, R. D., Andreswari, D., & Purwandari, E. P. (2017). Sistem Monitoring Tumbuh
  22. Wulan,Mira Wida; Leli Kurniawati (2020) The Independence of Young Children in the Care of Working Mothers, Prociding Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 538 Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), Atlantis Press