Main Article Content

Abstract

Abstrak: Situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, termasuk Bali membawa dampak perubahan pada ranah sistem pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hambatan dan strategi yang diterapkan oleh guru Pratama Widya Pasraman (PWP) dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket yang disajikan dalam format google form dan diperkaya melalui wawancara mendalam. Data dianalisis dan disajikan secara deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan atau kendala yang dialami guru PWP selama kebijakan belajar dari rumah meliputi: 1) interaksi pembelajaran yang kurang maksimal karena kondisi anak, 2) jaringan atau ketersediaan akses internet, 3) keterbatasan kuota internet, 4) pelibatan orang tua dalam pembelajaran. Adapun strategi yang diterapkan oleh guru selama pembelajaran di masa pandemi covid-19 diantaranya adalah: 1) mode pengelolaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi wilayah dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, 2) perencanaan pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan dan kondisi anak, 3) penggunaan metode dan media yang bervariasi, 4) penggunaan penilaian kinerja terutama pengamatan terhadap hasil karya anak, dan 5) pelibatan orang tua secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran. Hambatan yang dialami oleh masing-masing guru berbeda antara satu dengan lainnya sehingga strategi yang diterapkan juga berbeda. Disarankan agar guru selalu berinovasi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini.

Kata Kunci: pembelajaran dimasa pandemi covid-19, hambatan guru, strategi guru anak usia dini

Article Details

How to Cite
Yeni Lestari, N. G. A. M., Jalal, F., & Supena, A. (2022). Hambatan dan Strategi Guru Pratama Widya Pasraman Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 108–118. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.108-118

References

  1. Agudo, J. E., Rico, M., & Sánchez, H. (2015). Multimedia games for fun and learning English in preschool. Digital Education Review, 27, 183–204. https://doi.org/10.1344/der.2015.27.183-205
  2. Agustin, M., Puspita, R. D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
  3. Alsarayreh, R. (2020). Using blended learning during COVID-19: The perceptions of school teachers in Jordan. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(6), 1544–1556. https://doi.org/10.18844/CJES.V15I6.5298
  4. Aryanta, I. K. A. (2022). Buntut Lonjakan Kasus Covid-19, Mulai Besok Sekolah di Badung Kembali Terapkan Pembelajaran Daring. Tribun-Bali.Com. https://bali.tribunnews.com/2022/02/03/buntut-lonjakan-kasus-covid-19-mulai-besok-sekolah-di-badung-kembali-terapkan-pembelajaran-daring
  5. Babakr, Z. H., Mohamedamin, P., & Kakamad, K. (2019). Piaget’s Cognitive Developmental Theory: Critical Review. Education Quarterly Reviews, 2(3), 517–524. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.03.84
  6. Bestari, N. P. (2022). Ini Kabar Terbaru Kasus Omicron DKI, Jabar & Bali. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220216143500-37-315859/ini-kabar-terbaru-kasus-omicron-dki-jabar-bali
  7. Cheung, C. S. S., & Pomerantz, E. M. (2015). Value development underlies the benefits of parents’ involvement in children’s learning: A longitudinal investigation in the United States and China. Journal of Educational Psychology, 107(1), 309–320. https://doi.org/10.1037/a0037458
  8. Clouse, J. A., & Utgoff, P. E. (1992). A Teaching Method For Reinforcement Learning. Machine Learning Proceedings 1992. https://web.cs.umass.edu/publication/docs/1992/UM-CS-1992-007.pdf
  9. Hariri, H., Karwan, D. H., Haenilah, E. Y., Rini, R., & Suparman, U. (2020). Motivation and learning strategies: Student motivation affects student learning strategies. European Journal of Educational Research, 10(1), 39–49. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.39
  10. Kemdikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
  11. Kumar, T., Malabar, S., Benyo, A., & Amal, B. K. (2021). Analyzing multimedia tools and language teaching. Linguistics and Culture Review, 5(April), 331–341. https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1400
  12. Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning ((2nd ed.)). Cambridge University Press.
  13. Mayer, R. E. (2017). Using multimedia for e-learning. Journal of Computer Assisted Learning, 33(5), 403–423. https://doi.org/10.1111/jcal.12197
  14. Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
  15. Nicholson, J. M., Cann, W., Matthews, J., Berthelsen, D., Ukoumunne, O. C., Trajanovska, M., Bennetts, S. K., Hillgrove, T., Hamilton, V., Westrupp, E., & Hackworth, N. J. (2016). Enhancing the early home learning environment through a brief group parenting intervention: Study protocol for a cluster randomised controlled trial. BMC Pediatrics, 16(1). https://doi.org/10.1186/s12887-016-0610-1
  16. Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2019). Use of Big Book Learning Media to Improve Students’ Beginning Reading Skills in Primary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 330–340. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22893
  17. Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK). (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8100
  18. Primasari, H. P. (2020). Tantangan dalam Pembelajaran PAUD pada Masa Pandemi. http://news.koranbernas.id/berita/detail/tantangan-dalam-pembelajaran-paud-pada-masa-pandemi
  19. Radarcirebon.com. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Terkendala Akses Internet. https://www.radarcirebon.com/2020/05/14/pembelajaran-jarak-jauh-terkendala-akses-internet/
  20. Tavoosy, Y., & Jelveh, R. (2019). Language Teaching Strategies and Techniques Used to Support Students Learning in a Language Other Than Their Mother Tongue. Internasional Jornal of Learning and Teaching, 11(2), 77–88.
  21. Viana, J., & Peralta, H. (2021). Online Learning: From the Curriculum for All to the Curriculum for Each Individual. Journal of New Approaches in Educational Research, 10(1), 122–136. https://doi.org/10.7821/NAER.2021.1.