Main Article Content

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah media video animasi powtoon berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK ABA Tangkiang, Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media video animasi powtoon terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak di TK ABA Tangkiang, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis pre-Eksperimen one group pre-test posttest design. populasi pada penelitian ini berjumlah 50 orang anak, Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas A berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ( pretes dan postes). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis t test. Dari hasil penelitian menunjukan data Pre - Test memperoleh nilai rata-rata 16,55 dan standar deviasi 2,928. Sedangkan pada data PostTest memperoleh nilai rata-rata 31,35 dan standar deviasi 3,199. Dengan hasil thitung > ttabel ; 2,517 > 2,093 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jika thitung > ttabel artinya terdapat pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK ABA Tangkiang.

Keywords

Kata Kunci Media Video Animasi Powtoon Kemampuan Membaca Permulaan.

Article Details

How to Cite
S.Kaedah, K. A., Djuko, R. U., & Juniarti , Y. (2022). Pengaruh Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Kemampuan Membaca Kelompok A TK ABA. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 174–183. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.174-183

References

  1. Agusriasni, Ade. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar. Jambura Early Childhood Education Journal. Vol.3. No. 1.
  2. Anggita, Z. (2020). “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran. Vol, 7. No. 2.
  3. Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). “Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika” (JP3M), 2(2)
  4. Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). “Pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano”. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1)
  5. Aziz, S.F, Dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi “Riko The Series”. Student Journal Of Early Childhood Education Vol. 1 No. 1, 2021.
  6. Tjoe, J.T. (2013). “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia” Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 7.
  7. Darnis, Syefririani. (2018). “Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Caksana - Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No 1.
  8. Dhida, T.T. Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood Education and Development Journal. Volume 3 Nomor 1 Bulan April Tahun 2021.
  9. Fatimah, E.L. Dkk (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Dengan Penggunaan Media Film Animasi Nussa Dan Rara. MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, DOI : 10.37985/Murhum.V1i2.10.
  10. Hardiyanti,W.E., dkk. (2020). “Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon” Bagi Guru Paud”. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 3, No.2
  11. Hasan, Muhammad, dkk. (2021). “Media Pembelajaran”. Jawa Tengah: Tahta Media Grub.
  12. Irdawati, dkk. (2015). “Media Pembelajaran Sangat Penting Bagi Peserta Didik Untuk Membantu Memperoleh Konsep Baru, Keterampilan Dan Kompetisi”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4.
  13. Kaya, Nurul Khasana. (2020). “Pengembangan Bicara Anak Melalui Media Visual”. Jambura Early Chilhood Education Journal. Vol. 2.
  14. Lestari, Y. (2018) STIMULASI MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI. Pratama Widya, VOL.3, No. 2.
  15. Muammar. 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataran: Sanabi
  16. Permatasari, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 6 Nomor 1.
  17. Pertiwi, Adharina Dian (2016). “Study Deskriptif Proses Membca Permulaan Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, Edisi 1.
  18. Saputra,A. Dkk. (2022). Penggunaan Model ASSURE Dalam Pengembangan Video Animasi Bahasa Ingris Berbasis Stusi Islam Untuk Siswa Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmia Potensia, Vol. 7.
  19. Sudaryono. (2017), Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  20. Sugiyono. (2020), Metode penelitian kuantitatif, kualitatid, R&D. Bandung: Alfabeta