Main Article Content
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah media video animasi powtoon berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK ABA Tangkiang, Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media video animasi powtoon terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak di TK ABA Tangkiang, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis pre-Eksperimen one group pre-test posttest design. populasi pada penelitian ini berjumlah 50 orang anak, Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas A berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ( pretes dan postes). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis t test. Dari hasil penelitian menunjukan data Pre - Test memperoleh nilai rata-rata 16,55 dan standar deviasi 2,928. Sedangkan pada data PostTest memperoleh nilai rata-rata 31,35 dan standar deviasi 3,199. Dengan hasil thitung > ttabel ; 2,517 > 2,093 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jika thitung > ttabel artinya terdapat pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK ABA Tangkiang.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Khurul Ain S.Kaedah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agusriasni, Ade. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar. Jambura Early Childhood Education Journal. Vol.3. No. 1.
- Anggita, Z. (2020). “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran. Vol, 7. No. 2.
- Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). “Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika” (JP3M), 2(2)
- Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). “Pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano”. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1)
- Aziz, S.F, Dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi “Riko The Series”. Student Journal Of Early Childhood Education Vol. 1 No. 1, 2021.
- Tjoe, J.T. (2013). “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia” Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 7.
- Darnis, Syefririani. (2018). “Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Caksana - Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No 1.
- Dhida, T.T. Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood Education and Development Journal. Volume 3 Nomor 1 Bulan April Tahun 2021.
- Fatimah, E.L. Dkk (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Dengan Penggunaan Media Film Animasi Nussa Dan Rara. MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, DOI : 10.37985/Murhum.V1i2.10.
- Hardiyanti,W.E., dkk. (2020). “Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon” Bagi Guru Paud”. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 3, No.2
- Hasan, Muhammad, dkk. (2021). “Media Pembelajaran”. Jawa Tengah: Tahta Media Grub.
- Irdawati, dkk. (2015). “Media Pembelajaran Sangat Penting Bagi Peserta Didik Untuk Membantu Memperoleh Konsep Baru, Keterampilan Dan Kompetisi”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4.
- Kaya, Nurul Khasana. (2020). “Pengembangan Bicara Anak Melalui Media Visual”. Jambura Early Chilhood Education Journal. Vol. 2.
- Lestari, Y. (2018) STIMULASI MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI. Pratama Widya, VOL.3, No. 2.
- Muammar. 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataran: Sanabi
- Permatasari, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 6 Nomor 1.
- Pertiwi, Adharina Dian (2016). “Study Deskriptif Proses Membca Permulaan Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, Edisi 1.
- Saputra,A. Dkk. (2022). Penggunaan Model ASSURE Dalam Pengembangan Video Animasi Bahasa Ingris Berbasis Stusi Islam Untuk Siswa Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmia Potensia, Vol. 7.
- Sudaryono. (2017), Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
- Sugiyono. (2020), Metode penelitian kuantitatif, kualitatid, R&D. Bandung: Alfabeta
References
Agusriasni, Ade. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Gambar. Jambura Early Childhood Education Journal. Vol.3. No. 1.
Anggita, Z. (2020). “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran. Vol, 7. No. 2.
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). “Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika” (JP3M), 2(2)
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). “Pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano”. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1)
Aziz, S.F, Dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi “Riko The Series”. Student Journal Of Early Childhood Education Vol. 1 No. 1, 2021.
Tjoe, J.T. (2013). “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia” Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 7.
Darnis, Syefririani. (2018). “Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Caksana - Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No 1.
Dhida, T.T. Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood Education and Development Journal. Volume 3 Nomor 1 Bulan April Tahun 2021.
Fatimah, E.L. Dkk (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Dengan Penggunaan Media Film Animasi Nussa Dan Rara. MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, DOI : 10.37985/Murhum.V1i2.10.
Hardiyanti,W.E., dkk. (2020). “Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon” Bagi Guru Paud”. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 3, No.2
Hasan, Muhammad, dkk. (2021). “Media Pembelajaran”. Jawa Tengah: Tahta Media Grub.
Irdawati, dkk. (2015). “Media Pembelajaran Sangat Penting Bagi Peserta Didik Untuk Membantu Memperoleh Konsep Baru, Keterampilan Dan Kompetisi”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4.
Kaya, Nurul Khasana. (2020). “Pengembangan Bicara Anak Melalui Media Visual”. Jambura Early Chilhood Education Journal. Vol. 2.
Lestari, Y. (2018) STIMULASI MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI. Pratama Widya, VOL.3, No. 2.
Muammar. 2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataran: Sanabi
Permatasari, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 6 Nomor 1.
Pertiwi, Adharina Dian (2016). “Study Deskriptif Proses Membca Permulaan Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, Edisi 1.
Saputra,A. Dkk. (2022). Penggunaan Model ASSURE Dalam Pengembangan Video Animasi Bahasa Ingris Berbasis Stusi Islam Untuk Siswa Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmia Potensia, Vol. 7.
Sudaryono. (2017), Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sugiyono. (2020), Metode penelitian kuantitatif, kualitatid, R&D. Bandung: Alfabeta