Main Article Content

Abstract

Kurangnya minat belajar yang meliputi perasaan senang, pemusatan perhatian, keterlibatan aktif dan ketertarikan dalam pembelajaran ditunjukkan oleh anak, khususnya setalah terbiasa belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Real Object Terhadap Minat Belajar Anak Pada Tema Alam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian one-group pre-test dan post-test yaitu memberikan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 20 orang anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Negeri Harapan Kota Barat Kota Gorontalo. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan minat belajar anak melalui media pembelajaran real object. Pengumpulan data pre-test dan post-test dilakukan melalui observasi menggunakan instrument penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara olah data statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata minat belajar anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh pada data pre-test dan post-test adalah 20,3 dan 35,3. Hal ini juga ditunjukkan berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau pvalue 0,05 yaitu thitung = 40,317 >thitung = 2,093 atau 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran real object terhadap minat belajar anak

Keywords

Media Pembelajaran Media Real Object Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Media Pembelajaran Media Real Object Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun

Article Details

Author Biographies

Erena Cahya Dewi Gobel, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Waode Eti Hardiyanti, Universitas Negeri Gorontalo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
How to Cite
Gobel, E. C. D., Arifin, I. N., & Hardiyanti, W. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Real Object Terhadap Minat Belajar Anak Pada Tema Alam Semesta Di TK Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 162–173. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.162-173

References

  1. Arifin, I. N. (2020). Media Alam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia Dini. Prosiding: Seminar Nasional Online Paud.
  2. Bhagat, V., Haque, M., & Jaalam, K. (2018). Enrich schematization in children: Play as the tool for cognitive development. Journal of Applied Pharmaceutical Science, 8(7), 128–131. https://doi.org/10.7324/JAPS.2018.87 20
  3. Drs.slameto. (2013). Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi. In Belajar.
  4. Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia). https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.87 0
  5. Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.5 22
  6. Hasanah, L. (2018). Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia 5-6 Tahun. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran,
  7. (01), 13–20. Retrieved from https://staibanisaleh.ac.id/ojs/index.p hp/ElBanar/article/view/9
  8. Kuswariyanti, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika. https://doi.org/10.33503/prismatika.v 3i2.1296
  9. Malla, J. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dan Urutannya dengan Media Pita Transportasi pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif Online.
  10. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Jakarta: PT. Prestasi Pusta Karya.
  11. Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
  12. Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al- Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n 1.171
  13. PuspaArdini, P., Ibrahim, N., Zubaidi, M., & Syahputra, H. (2019). MEDIA REALIA DALAM MENGENALKAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMBANG TERATAI KELURAHAN LEKOBALO KECAMATAN KOTA BARAT KOTA GORONTALO. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.
  14. Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.810 8
  15. Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains.
  16. Suardani, M. (2021). MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR ANAK. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1. 21016
  17. Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan,pendekatan kuantitatif,kualitatif,dan R&D. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
  18. Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1 .86
  19. Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen ( Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II ). Jurnal Manajemen Dan Keuangan.