Main Article Content
Abstract
Kecerdasan kinestetik menjadi salah satu bagian dari kecerdasan jamak pada anak usia dini yang penting untuk dikembangkan karena tidak hanya berhubungan dengan gerak fisik saja, tapi juga pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan kecerdasan kinestetik dengan penerapan tari Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan lapangan, dokumentasi perkembangan anak, dan diperdalam dengan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah 20 orang anak kelompok B dan 5 orang guru TK. Data dianalisis dengan mengadopsi model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Bali yang diterapkan oleh guru dalam pengembagan kecerdasan kinestetik anak adalah tari Puspawresti dan metode pembelajaran tari Bali dilakukan secara bertahap dan berulang. Kecerdasan kinestetik anak pada aspek kekuatan, koordinasi mata, tangan, maupun kaki, keseimbangan, kecepatan, dan kelenturan terlihat berkembang lebih baik dengan adanya penerapan tari puspawresti. Selain menjadi salah satu cara dalam pengembangan kecerdasan kinestetik, penerapan tari Bali di PAUD juga menjadi bagian pengenalan budaya daerah kepada anak usia dini.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 I Gusti Lanang Agung Wiranata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Armstrong, T. (1994). Multiple Intellegences In The Classroom. Association for Supervision and Curriculum Development.
- Artika, I. K. (1990). Pendidikan Seni Tari. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
- Dibia, W. (1978). Perkembangan Seni Tari di Bali. Sasana Budaya Bali.
- Ekaliani, N. W. (2011). Bentuk Tari Legong Sambeh Bintang. Jurnal Institut Seni Indonesia Denpasar, 2(8), 1. http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/artikel/article/view/843
- Gardner, H. (2006). Changing Minds. Hardvard Business School Press.
- Gianyar, et al. (2000). Deskripsi Sinopsis Tari Bali. Depdiknas Propinsi Bali.
- Glynn, S. M., & Winter, L. K. (2004). Contextual Teaching and Learning of science in elementary schools. Journal of Elementary Science Education, 16(2), 51–63. https://doi.org/10.1007/bf03173645
- Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan (R. M. Sijabat (ed.); Edisi Keli). Penerbit Erlangga.
- Kusumastuti, E., Pratiwinindya, R. A., & Lestari, W. (2022). Strategi Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas bagi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari. 6(6), 5476–5485. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2894
- Manić, M., & Ranđelović, D. (2017). Level In Which Students Prefer Different Types Of Gardner’s Multiple Intelligence. Journal Of Educational And Instructional Studies In The World, 7(2), 55–65. https://web.p.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?vid=0&sid=d88226f8-05e3-48d9-9f8f-3d20cc5b32b0%40redis
- Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1989). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Ninth Printing.
- Monica, L. (2012). Modern Approaches To Memory. Euromentor, 3(1), 62–71. https://web.p.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?vid=0&sid=0a76dd6b-fd17-4683-b7f3-8377cfa55eef%40redis
- Montessori, M. (2008). Absorbent Mind (Edisi Berb). Pustaka Pelajar.
- Puspawati, G. A. M., & De Liska, L. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam ragam Gerak tari Pendet. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(2), 274–291. https://doi.org/10.5281/zenodo.3900648
- Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240
- Soedarsono. (1986). Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Direktorat Kesenian.
- Sonowat, R., & Gogri, P. (2008). Multiple Intelligences For Preschool Children. Multi-tech publishing co.
- Sujarwo. (2010). Mendidik: Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Diklus, 14(1), 54–65.
- Supardjan, N., & Supartha, I. G. N. (1982). Pengantar Pengetahuan Tari. CV. Sandang Mas.
- Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode PEMBELAJARAN AKTIF ( Pengembangan Model di Taman Kanak-Kanak Labschool Jakarta pada Kelompok B). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385–400. https://doi.org/10.21009/jpud.102.11
References
Armstrong, T. (1994). Multiple Intellegences In The Classroom. Association for Supervision and Curriculum Development.
Artika, I. K. (1990). Pendidikan Seni Tari. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dibia, W. (1978). Perkembangan Seni Tari di Bali. Sasana Budaya Bali.
Ekaliani, N. W. (2011). Bentuk Tari Legong Sambeh Bintang. Jurnal Institut Seni Indonesia Denpasar, 2(8), 1. http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/artikel/article/view/843
Gardner, H. (2006). Changing Minds. Hardvard Business School Press.
Gianyar, et al. (2000). Deskripsi Sinopsis Tari Bali. Depdiknas Propinsi Bali.
Glynn, S. M., & Winter, L. K. (2004). Contextual Teaching and Learning of science in elementary schools. Journal of Elementary Science Education, 16(2), 51–63. https://doi.org/10.1007/bf03173645
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan (R. M. Sijabat (ed.); Edisi Keli). Penerbit Erlangga.
Kusumastuti, E., Pratiwinindya, R. A., & Lestari, W. (2022). Strategi Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas bagi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari. 6(6), 5476–5485. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2894
Manić, M., & Ranđelović, D. (2017). Level In Which Students Prefer Different Types Of Gardner’s Multiple Intelligence. Journal Of Educational And Instructional Studies In The World, 7(2), 55–65. https://web.p.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?vid=0&sid=d88226f8-05e3-48d9-9f8f-3d20cc5b32b0%40redis
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1989). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Ninth Printing.
Monica, L. (2012). Modern Approaches To Memory. Euromentor, 3(1), 62–71. https://web.p.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?vid=0&sid=0a76dd6b-fd17-4683-b7f3-8377cfa55eef%40redis
Montessori, M. (2008). Absorbent Mind (Edisi Berb). Pustaka Pelajar.
Puspawati, G. A. M., & De Liska, L. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam ragam Gerak tari Pendet. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(2), 274–291. https://doi.org/10.5281/zenodo.3900648
Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240
Soedarsono. (1986). Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Direktorat Kesenian.
Sonowat, R., & Gogri, P. (2008). Multiple Intelligences For Preschool Children. Multi-tech publishing co.
Sujarwo. (2010). Mendidik: Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Diklus, 14(1), 54–65.
Supardjan, N., & Supartha, I. G. N. (1982). Pengantar Pengetahuan Tari. CV. Sandang Mas.
Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode PEMBELAJARAN AKTIF ( Pengembangan Model di Taman Kanak-Kanak Labschool Jakarta pada Kelompok B). JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385–400. https://doi.org/10.21009/jpud.102.11