Main Article Content

Abstract

Dalam proses kegiatan pembelajaran, pendidik, metode dan media merupakan unsuryang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bersosialisasi anak pada PAUD Insan Rabbani Desa Soki Kecamatan Belo Kabupaten Bima dengan penerapan metode outbound. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 12 anak PAUD. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada pra tindakan menunjukan bahwa rata-rata presentase kemampuan bersosialiasi anak berada pada kriteria kurang yaitu 75%, setelah itu dilakukan tindakan pada Siklus I sehingga terjadilah peningkatan kemampuan bersosialissasi dari rata-rata presentase 0% anak yang memiliki kemampuan bersosialisasi dengan kriteria baik meningkat menjadi rata-rata presentase 16,67% anak, namun pada Siklus I belum sampai hasil pada kriteria keberhasilan sehingga dilakukan tindakan pada Siklus II Dan mengalami peningkatan rata-rata presentase menjadi 83,33%. Hal ini menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan bersosialisasi anak dari Siklus I hingga Siklus II. Jadi penerapan metode outbound dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak pada PAUD Insan Rabbani Desa Soki Kecamatan Belo Kabupaten Bima

Keywords

MetodeOutbound Kemampuan Bersosialisasi Anak Usia Dini. Metode Outbond PTK Anak Usia Dini

Article Details

Author Biographies

Sarifah Sarifah, UIN Alauddin Makassar

 

 

 

Ade Agusriani, UIN Alauddin Makassar

 

 

M. Yusuf Tahir, UIN Alauddin Makassar

 

 

 

 

How to Cite
Sarifah, S., Agusriani, A., & Tahir, M. Y. (2023). Penerapan Metode Outbound Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak Pada PAUD Insan Rabbani. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 281–291. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.281-291

References

  1. Agustina, M., Nugraheni, B. M., Sholikhah, N. M. A., & Ruhaena, L. (2022). Pengaruh Permainan Outbound terhadap Kemampuan Sosialisasi Siswa selama Pembelajaran Luring di TK Al-Azhar Syifa Budi Solo. Abdi Psikonomi.
  2. Andhira, D. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Pembelajaran Outbound Siswa Kelas VII MtS YMPI Rappang. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 27-42.
  3. Anisa, I., Monicha, W., & Wulandari, R. (2022). pengelolaan pembelajaran di kelompok bermain (KB). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(01 April), 175-187.
  4. Ansar, C. S., Adnan, N., Sahruni, A. Y., Samuri, A., Muhtasim, R. A., Hasyim, M. Q., ... & Widodo, A. (2023). Kepelatihan Sepak Bola. Global Eksekutif Teknologi.
  5. Arikunto, (2014). Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Artobatama, I. (2018). Pembelajaran stem berbasis outbound permainan tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 40-47.
  7. Cahyani, G. R., Tegeh, I. M., & Magta, M. (2020). Pengaruh Metode Outbond terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelompok B Gugus I Kecamatan Sawan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 35-44.
  8. Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 2538-2546.
  9. Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
  10. Fadillah, M. A., Zulkifli, N., Zulkifli, N., & Risma, D. (2018). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
  11. Hamzah, N. (2020). Pengembangan sosial anak usia dini. IAIN Pontianak Press.
  12. Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. IJAR, 1(2).
  13. Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan outdoor dalam membentuk kemampuan ketahanmalangan pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807-1814.
  14. Nahdliyatin, I., & Winata, A. (2021). Penerapan Blended Learning pada Pelajaran Matematika dengan Media Live Worksheets untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pengolahan Data Kelas V di MIM 14 Pambon. Prosiding SNasPPM, 6(1), 591-597.
  15. Nur, K., Bustanur, B., & Akbar, H. (2022). Penerapan Metode Magic Memory Al-Quran Untuk Meningkatkan Hafalan Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Kelas Viii Mts Pondok Pesantren Modern Al-Fadhlah Kecamatan Minas Kabupaten Siak. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 3(1), 104-108.
  16. Rahayu, A. H. (2017). Penerapan Metode Outbond Pada Pelatihan Penanaman Sikap Mental Disiplin Dan Jiwa Korsa PNSD Dalam Menumbuhkan Kinerja Pegawai. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2).
  17. Rahmat, S. T. (2018). Filsafat pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-13.
  18. Rezieka, D. G. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK. Jurnal Golden Age, 5(2), 294-303.
  19. Setiawati, N. A. (2021). Penerapan Metode Outbond Pada Sekolah Alam Untuk Menciptakan Pembentukan Leadership. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(2), 21-34.
  20. Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.
  21. Suryani, N. A. (2019). Kemampuan sosial emosional anak melalui permainan raba-raba pada PAUD kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141-150.
  22. Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardiansyah, J. & Listiawati, Y. (2020). Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 63-69.