Main Article Content

Abstract

Pembiasaan yang dilakukan secara berulang akan membantu anak dalam mengembangkan nilai-nilai kedisiplinan dan tanggung jawab. Sama halnya yang dilakukan di TK Muslimat 001 Ponorogo. Guru telah membiasakan anak untuk mempraktikkan nilai-nilai keagamaan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan teknik pembiasaan yang digunakan oleh guru untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan disiplin pada anak. Salah satu guru kelompok, khususnya guru B5 dan B7, menjadi fokus penelitian ini. Metode penelitian menggunakan pendekatkan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun Teknik untuk penggumpulan data dengan menggunakan Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pembiasaan yang dilakukan di TK Muslimat NU 001 Ponorogo dengan melakukan kegiatan rutinitas antara lain menggunakan dua tangan untuk menyapa dan memberi hormat kepada guru (salim), berdoa sebelum dan sesudah belajar, membersihkan loker setelah selesai belajar, merapikan mainan yang ada di dalam kelas setelah selesai bermain, membuang sampah pada tempatnya, meminta maaf ketika melakukan kesalahan, mengucapkan terimakasih ketika menerima sesuatu, berpakaian rapi, dan berbicara dengan baik dan sopan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa TK Muslimat NU 001 Ponorogo menggunakan pendekatan pembiasaan, yang ditandai dengan kegiatan rutin dan terencana atau pembiasaan dapat membantu anak dalam mengembangkan nilai-nilai kedisiplinan dan tanggung jawab.

Keywords

Pembiasaan, Karakter, Disiplin, Tanggung jawab

Article Details

How to Cite
Puspitasari, R. N., Iswarini, B. D., Astika, D. D., & Ningrum, P. W. (2023). Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Anak Kelompok B TK Muslimat Nu 001 Ponorogo. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 304–311. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.304-311

References

  1. Anggraeni, C. E. & M. S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung jawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.
  2. Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Gill, P., Stewart, K., Treasure, E., & Chadwick, B. (2008). Metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara dan kelompok fokus. Jurnal gigi Inggris , 204 (6), 291- 295.
  4. Hai.com (2022) Karateristik Anak Usia Dini dan cara mengembangkannya. https://www.google.com/amp/s/www.haibunda.com/parenting/20201014183433- 61167261/kenali-13-karakter-anak-usia-dini-demi-mendukung-perkembangannya/amp diakses pada tanggal 15 November 2022 pada jam 22.47 wib.
  5. Haryani, R. I., Jaya, I., & Yulsyofriend, Y. (2019). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.105-114
  6. Kenneth.W.Requena, Ed.D & Laurie Miller, Ed.D (2005). Good kids bad behaviour. Cet.I. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
  7. Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Non formal,14(1),54-67
  8. Martin Perry, Confidence Booster (Jakarta: Erlangga, 2005), h. 9
  9. Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikann Karakter (Ke-4). Bandung: Bumi Aksara.
  10. Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Anak Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57.
  11. Saleh, M. (2013). Pendidikan Karakter Paud. Pendidikan Karakter Paud, 02.
  12. Sapendi, “Internalisasi Nilai-nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini”, At-Turats, Vol 9 No 2 (Desember 2015), 27.
  13. Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
  14. Surifah, J. (2018). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 113–123.
  15. Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Kencana Media Group
  16. Zahrul Wardati. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Homeschooling. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 261–280.