Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perilaku prososial anak yang belum berkembang secara optimal dan kurangnya fasilitas permainan tradisional di sekolah yang membuat guru belum menggunakan permainan galah dalam mengembangkan aspek perkembangan anak salah satunnya perilaku prososial. Salah satu permainan tradisional yang dapat mengembangkan perilaku prososial anak adalah permainan galah karena di dalam permainan galah terdapat kerjasama, kepedulian dan empati anak dalam bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari permainan galah terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Knator Gubernur Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B2 sebanyak 15 anak sebagai kelas eksperimen dan B1 sebanyak 15 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data digunakan lembar observasi terstruktur dan dokumentasi, kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 6,67 dan 16,06. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pre-test dan post-test adalah 6,27 dan 12,60. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Pada uji hipotesis dengan menggunakan Independent sample t-test didapatkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa permainan galah terbukti lebih efektif terhadap perilaku prososial. Dan hasil cohen’s effect size yaitu 2,18 dalam artian besar pengaruh kategori kuat. Jadi kesimpulannya adalah permainan galah efektif digunakan untuk mengembangkan perilaku prososial anak.
Kata Kunci: permainan galah;efektivitas;perilaku prososial.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Attala Maulidda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azwarna & Mayar, F. (2019). Pembelajaran Seni Melalui Media Jerami pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3(6). 1389-1396.
- Achroni, Keen. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.
- Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang
- Dampak SmartPhone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak di Kelompok Bermain Gugus 1 Kecamatan Naggalo Kota Padang. Jurnal ilmiah Potensia, 4(1) 59- 66 https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66
- Annisa, D & Djamas, N. (2020). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun
- Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal AUDHI. 3 (1). 42-51.
- Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Clark, S.S & Giacomantonio, S.G. (2015). Toward Predicting Prosocial Behavior MusicPreference and Empathy Differences Between Late Adolecents And Adults. Journal Emperical Muxicology Review.10(1).51-65.
- Himmah, F & Rahmanawati, F.Y. (2013). Perilaku Prososial Anak Usia Dini di Sentra Bermain Peran TK Al-Furqan Jember. Jurnal Insight. 9(1), 1-116
- Hurlock, B. Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan, (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
- Juwairiah. (2016). Meuen Galah: Permainan Tradisional Aceh Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kesehatan Dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. 1(2), 199-133.
- Samsiar, A., Syukri, M., & Halida. (2018). Peningkatan Perilaku Prososial Melalui Permainan Galah Hadang Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 7(16). 1-12.
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatuf, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA.
- Syahnurmala, H., Syafrida, R., Nirmala, I., Rahayu, E.T. (2022). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun menggunakan Kind Rubber Rope Games (KIORROGA) di TKQ Salsabila Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(16). 228-238.
- Yusza, R & Marbun, S. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Galah Asin Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Alaq Dewantara Kabupaten Aceh Utara T.A 2017-2018. Jurnal Usia Dini, 4(1). 39-51.
References
Azwarna & Mayar, F. (2019). Pembelajaran Seni Melalui Media Jerami pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3(6). 1389-1396.
Achroni, Keen. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.
Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang
Dampak SmartPhone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak di Kelompok Bermain Gugus 1 Kecamatan Naggalo Kota Padang. Jurnal ilmiah Potensia, 4(1) 59- 66 https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66
Annisa, D & Djamas, N. (2020). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal AUDHI. 3 (1). 42-51.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Clark, S.S & Giacomantonio, S.G. (2015). Toward Predicting Prosocial Behavior MusicPreference and Empathy Differences Between Late Adolecents And Adults. Journal Emperical Muxicology Review.10(1).51-65.
Himmah, F & Rahmanawati, F.Y. (2013). Perilaku Prososial Anak Usia Dini di Sentra Bermain Peran TK Al-Furqan Jember. Jurnal Insight. 9(1), 1-116
Hurlock, B. Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan, (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Juwairiah. (2016). Meuen Galah: Permainan Tradisional Aceh Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kesehatan Dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. 1(2), 199-133.
Samsiar, A., Syukri, M., & Halida. (2018). Peningkatan Perilaku Prososial Melalui Permainan Galah Hadang Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 7(16). 1-12.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatuf, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA.
Syahnurmala, H., Syafrida, R., Nirmala, I., Rahayu, E.T. (2022). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun menggunakan Kind Rubber Rope Games (KIORROGA) di TKQ Salsabila Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(16). 228-238.
Yusza, R & Marbun, S. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Galah Asin Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Alaq Dewantara Kabupaten Aceh Utara T.A 2017-2018. Jurnal Usia Dini, 4(1). 39-51.