Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  dengan  perilaku  prososial   anak   yang belum berkembang secara optimal dan  kurangnya  fasilitas  permainan  tradisional  di sekolah yang membuat guru belum menggunakan  permainan  galah  dalam  mengembangkan aspek perkembangan anak salah satunnya perilaku prososial. Salah satu permainan tradisional yang dapat mengembangkan perilaku prososial anak adalah permainan galah karena di dalam permainan galah terdapat kerjasama, kepedulian dan empati anak dalam bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari permainan galah terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Knator Gubernur Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B2 sebanyak 15 anak sebagai kelas eksperimen dan B1 sebanyak 15 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data digunakan lembar observasi terstruktur dan  dokumentasi,  kemudian  data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 6,67 dan 16,06. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata  pre-test  dan  post-test  adalah 6,27 dan 12,60. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Pada uji hipotesis dengan menggunakan Independent sample t-test didapatkan nilai sig  (2-tailed)  yaitu 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa permainan galah terbukti lebih efektif terhadap perilaku prososial. Dan hasil cohen’s effect size  yaitu  2,18  dalam  artian besar pengaruh kategori kuat. Jadi kesimpulannya adalah permainan galah efektif digunakan untuk mengembangkan perilaku prososial anak.


Kata Kunci: permainan galah;efektivitas;perilaku prososial.

Keywords

permainan galah efektivitas perilaku sosial permainan galah efektifitas prilaku sosial

Article Details

How to Cite
Maulidda, A., & Marlina, S. (2023). Efektivitas Permainan Galah Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 531–541. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.531-541

References

  1. Azwarna & Mayar, F. (2019). Pembelajaran Seni Melalui Media Jerami pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3(6). 1389-1396.
  2. Achroni, Keen. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.
  3. Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang
  4. Dampak SmartPhone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak di Kelompok Bermain Gugus 1 Kecamatan Naggalo Kota Padang. Jurnal ilmiah Potensia, 4(1) 59- 66 https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66
  5. Annisa, D & Djamas, N. (2020). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun
  6. Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal AUDHI. 3 (1). 42-51.
  7. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Clark, S.S & Giacomantonio, S.G. (2015). Toward Predicting Prosocial Behavior MusicPreference and Empathy Differences Between Late Adolecents And Adults. Journal Emperical Muxicology Review.10(1).51-65.
  9. Himmah, F & Rahmanawati, F.Y. (2013). Perilaku Prososial Anak Usia Dini di Sentra Bermain Peran TK Al-Furqan Jember. Jurnal Insight. 9(1), 1-116
  10. Hurlock, B. Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan, (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
  11. Juwairiah. (2016). Meuen Galah: Permainan Tradisional Aceh Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kesehatan Dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. 1(2), 199-133.
  12. Samsiar, A., Syukri, M., & Halida. (2018). Peningkatan Perilaku Prososial Melalui Permainan Galah Hadang Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 7(16). 1-12.
  13. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  14. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatuf, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA.
  15. Syahnurmala, H., Syafrida, R., Nirmala, I., Rahayu, E.T. (2022). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun menggunakan Kind Rubber Rope Games (KIORROGA) di TKQ Salsabila Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(16). 228-238.
  16. Yusza, R & Marbun, S. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Galah Asin Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Alaq Dewantara Kabupaten Aceh Utara T.A 2017-2018. Jurnal Usia Dini, 4(1). 39-51.