Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi karena rendahnya kemampuan kerjasama anak di TK Al-Bayan, hal ini akan berdampak kepada lingkungan social anak untuk itu perlunya metode pembelajaran yang menarik untuk membantu anak berani dan mau bekerjasama dengan teman-temannya. Penelitian ini  memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kerjasama anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kuantitatif dengan jenis eksperimen intac group comparision. Sampel penelitian ini menggunakan 30 orang anak dengan 2 kelompok ekperimen dan kontrol sebanyak 15 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh taraf signifikansi 0.406. Hasil ini menyimpulkan pernyataan hipotesis awal tentang adanya pengaruh  metode proyek terhadap sikap kerjasama anak diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa metode proyek efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat mempengari secara signifikan perkembangan sosial emosional anak khususnya pada perkembangan keterampilan dalam bekerjasama dengan teman. Penggunaan metode proyek sebagai salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan perkembangan sosial anak yaitu salah satunya adalah kerjasama. Cara ini akan membuat anak lebih bisa bekerjasama dengan orang lain, menghargai pendapat orang lain, dan lebih bisa mendengarkan orang lain.

Keywords

Kerjasama, Metode, Proyek Kerjasama Metode Proyek

Article Details

How to Cite
Sundari, R., & Basri, M. (2023). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 499–507. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.499-507

References

  1. Afrenia Wulandari, & Suparno. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
  2. Alhadad, B., Arfa, U., & Sulman, H. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
  3. Arisadewi, M. D., Jampel, I. N., & Putu Aditya Antara. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Pengukuran Anak Kelompok B Gugus Cempaka Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2).
  4. Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).
  5. Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud, 3(1).
  6. Hanisa Sulman, Alhadad, B., & Arfa, U. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 45–58. Https://Doi.Org/10.33387/Cp.V2i1.1956
  7. Isjoni. (2017). Model Pembelajaran Anak Usia Dini Membentuk Generasi Cemerlang Harapan Bangsa. Alfabeta.
  8. Jaiton, Yusuf, A., & Yuniarni, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Metode Proyek Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk. Negeri Pembina Kecamatan Sekadau Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5).
  9. Magta, M., Ujianti, P. R., & Elina Dewi Permatasari. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. 24(2), 212–220.
  10. Maisarah. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif). Akasha Sakti.
  11. Mujahidin, E., Mufarohah, L., & Alim, A. (2019). Penggunaan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
  12. Narita, N., R, M., & Lukmanulhakim. (2023). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Pandu Pertiwi Kecamatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(3).
  13. Nurla, R. (2018). Penggunaan Metode Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelomok A Di Tk Widyapura Laweyan Surakarta. Jurnal Saliha Pendidikan & Agama Islam, 1(2).
  14. Partini, K. E., Wirya, I. N., & Ujianti, P. R. (2017). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Kelompok B Gugus I Singaraja Semester I. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(2).
  15. Putri, C. F., & Zulminiati. (2020). Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3).
  16. Putri, N. P. S. E., Tirtayani, L. A., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Pada Anak Kelompok B Di Tk Gugus Iii Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).
  17. Putri, P. D. A. S., Tirtayani, L. A., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Metode Proyek Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Tk Gugus I Sukawati. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1).
  18. Sit, M., Daulay, N., & Siti Fatmah Manik. (2021). Metode Proyek Dan Pengaruhnya Terhadap Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Anshar Tanjung Pura. 9(1), 126–139.
  19. Windasari, W., Sofia, A., & Surahman, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).
  20. Zahra, A. S., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2020). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Dusun Penendem Kecamatan Keruak. Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education, 1(3).