Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi karena rendahnya kemampuan kerjasama anak di TK Al-Bayan, hal ini akan berdampak kepada lingkungan social anak untuk itu perlunya metode pembelajaran yang menarik untuk membantu anak berani dan mau bekerjasama dengan teman-temannya. Penelitian ini  memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kerjasama anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kuantitatif dengan jenis eksperimen intac group comparision. Sampel penelitian ini menggunakan 30 orang anak dengan 2 kelompok ekperimen dan kontrol sebanyak 15 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh taraf signifikansi 0.406. Hasil ini menyimpulkan pernyataan hipotesis awal tentang adanya pengaruh  metode proyek terhadap sikap kerjasama anak diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa metode proyek efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat mempengari secara signifikan perkembangan sosial emosional anak khususnya pada perkembangan keterampilan dalam bekerjasama dengan teman. Penggunaan metode proyek sebagai salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan perkembangan sosial anak yaitu salah satunya adalah kerjasama. Cara ini akan membuat anak lebih bisa bekerjasama dengan orang lain, menghargai pendapat orang lain, dan lebih bisa mendengarkan orang lain.

Article Details

How to Cite
Sundari, R. (2023). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 499–507. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.499-507

References

  1. Afrenia Wulandari, & Suparno. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
  2. Hanisa Sulman, Alhadad, B., & Arfa, U. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 45–58. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1956
  3. Isjoni. (2017). Model Pembelajaran Anak Usia Dini Membentuk Generasi Cemerlang Harapan Bangsa. Alfabeta.
  4. Magta, M., Ujianti, P. R., & Elina Dewi Permatasari. (2019). PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK KELOMPOK A. 24(2), 212–220.
  5. Maisarah. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif). Akasha Sakti.
  6. Noor. (2011). Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Kencana.
  7. Putri, C. F., & Zulminiati. (2020). Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3).
  8. Putri, P. D. A. S., Luh Ayu Tirtayani, S.Psi., M. P., & Drs. I Nengah Suadnyana, M. P. (2019). Pengaruh Metode Proyek Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Tk Gugus I Sukawati Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 13. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18732
  9. Rahmawati, Y., & Euis Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Prenada Media Group.
  10. Rustini, T., & Rohayati. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Proyek Terhadap Perkembangan Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini, 3(2).
  11. Sit, M., Daulay, N., & Siti Fatmah Manik. (2021). Metode Proyek dan Pengaruhnya Terhadap Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Anshar Tanjung Pura. 9(1), 126–139.
  12. Vika Nurhalimah. (2012). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampua Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Perwanida 03 Mojo Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012.
  13. Windasari, W., Sofia, A., & Surahman, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/13678