Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan melemahnya kemampuan kreativitas anak disebabkan oleh kurangnya dukungan dan motivasi dari lingkungan sekitar seperti orangtua, guru dan teman sebaya yang menyebabkan motivasi mereka kurang dihargai dan mudah terganggu akibat pemberian atau pemakaian gadget yang kurang terkontrol oleh orang tua serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dilakukan guru pada anak saat melakukan kegiatan pembelajaran sehingga melemahnya minat anak untuk berkreativitas. Maka peneliti mengedepankan tentang Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas pada anak usia dini Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui kegiatan praktek secara langsung. Pengembangan media aquascape telah diuji tingkat variable kesediaan bahan, keamanan dan ketahanan bahan media. Selanjutnya pengujian ukuran, dan proporsi detail serta tingkat praktis sesuai kebutuhan siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Jakarta Selatan dan PAUD KB Mutiara Ceria Kabupaten Tangerang dengan mengimplementasikan Model Amati Tirukan dan Kerjakan (ATIK) yang sesuai dengan gaya belajar dan karakteristik siswa, dilakukan menggunakan media pembelajaran inovasi baru yaitu aquascape yang telah dirancang dan disesuaikan dengan pendidikan anak usia dini sehingga terbukti penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Hasil dari penelitian Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape dapat menumbuhkan minat dan kreativitas serta keingintahuan anak dalam belajar di PAUD.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Nikem Kurnia Ningsih, Sri Watini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I3.507
- Anggraeni, A.Y., Wardani, S., & Hidayat, A, N, 2020. (2020). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523. https://journal.unnes.ac.id/
- Damanik, S. W. H., & Purba, R. (2021). Strategi pola asuh pendidikan anak usia dini di masa pandemik covid-19 pada PAUD Ar Raudah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 206–210. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.688
- Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I6.3121
- Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901
- Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
- Female, M., Ningsih, K. A., Prasetyo, I., Hasanah, D. F., Setyorini, E. and , A. P. S. K. . M. K. . P. ., Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T., Hapidin, Pantiwati, Y., Kemendikbud, Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Antoro, B., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., Syukur, Y., Setiakarnawijaya, Y., Suyadi dan Ulfah, & Kurniawati, R. (2021). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Skripsi IAIN Ponorogo, 1(1), 127–132. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773
- Fikri, M., Musthafa, A., & Pradhana, F. R. (2021). Design and Build Smart Aquascape Based on PH and TDS With IoT System Using Fuzzy Logic. Procedia of Engineering and Life Science, 2(1), 5–7. https://doi.org/10.21070/pels.v2i0.1166
- Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 401–409.
- Hamide, A., Alhadad, B., & Samad, R. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Akhlak Pada Anak Usia Dini. In Jurnal Ilmiah Cahaya Paud (Vol. 3, Issue 1, pp. 48–61). https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2132
- Harlina Ramelan, Y. (2022). Penerapan Model Cipp Dalam Evalusi Penyediaan Layanan Paud. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 43–52. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/11018/7005
- Husnawati, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 915–919. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504
- Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Merdeka Belajar Episode Kelima Belas Kurikulum merdeka dan Platform Merdeka Belajar. 2021, 1–23. https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/170_1645510611.pdf
- Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf
- Laksono, W. C., Muhibbidin, A., Prastiwi, Y., & Etika, L. (2022). Aquascape Media for Learning Ecosystem Materials in Elementary Schools. 6(3), 638–647.
- Maghfirah, S. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938
- Niswatin, K., & Zainiyati, H. S. (2020). Implementasi Model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification , Redefinition) di MI Al-Ishlah Glagah Lamongan. Tadris : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 283–293. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3512
- Rahakbauw, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyusun Pola ABCD-ABCD. Jurnal Buah Hati , 9(1), 1–9. https://doi.org/10.46244/BUAHHATI.V9I1.1696
- RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I2.467
- Salim, A. N., & Rahman, A. (2022). Implementasi Fuzzy-Mamdani untuk Pengendalian Suhu dan Kekeruhan Air Aquascape Berbasis IoT. Jurnal Algoritme, 2(2), 159–169.
- Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
- Siron, Y., Khonipah, I., & Fani, N. K. M. (2020). Penggunaan Barang Bekas Untuk Media Pembelajaran Di Paud: Pengalaman Guru. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 63–74. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868
- Sri Watini, Q. A. , M. H. , U. R. (2020). Drawing Competency Development Using the Atik Model in Kindergarten (TK). Solid State Technology, 4519–4528. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/3117
- Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899
- Zain, Z., Sulaiman, M. H., Mohamed, A. I., Bakar, M. S., & Ramli, M. S. (2022). Proceedings of the 6th International Conference on Electrical, Control and Computer Engineering : InECCE2021, Kuantan, Pahang, Malaysia, 23rd August. 1148.
References
Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I3.507
Anggraeni, A.Y., Wardani, S., & Hidayat, A, N, 2020. (2020). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523. https://journal.unnes.ac.id/
Damanik, S. W. H., & Purba, R. (2021). Strategi pola asuh pendidikan anak usia dini di masa pandemik covid-19 pada PAUD Ar Raudah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 206–210. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.688
Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I6.3121
Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Female, M., Ningsih, K. A., Prasetyo, I., Hasanah, D. F., Setyorini, E. and , A. P. S. K. . M. K. . P. ., Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T., Hapidin, Pantiwati, Y., Kemendikbud, Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Antoro, B., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., Syukur, Y., Setiakarnawijaya, Y., Suyadi dan Ulfah, & Kurniawati, R. (2021). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Skripsi IAIN Ponorogo, 1(1), 127–132. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773
Fikri, M., Musthafa, A., & Pradhana, F. R. (2021). Design and Build Smart Aquascape Based on PH and TDS With IoT System Using Fuzzy Logic. Procedia of Engineering and Life Science, 2(1), 5–7. https://doi.org/10.21070/pels.v2i0.1166
Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 401–409.
Hamide, A., Alhadad, B., & Samad, R. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Akhlak Pada Anak Usia Dini. In Jurnal Ilmiah Cahaya Paud (Vol. 3, Issue 1, pp. 48–61). https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2132
Harlina Ramelan, Y. (2022). Penerapan Model Cipp Dalam Evalusi Penyediaan Layanan Paud. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 43–52. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/11018/7005
Husnawati, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 915–919. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Merdeka Belajar Episode Kelima Belas Kurikulum merdeka dan Platform Merdeka Belajar. 2021, 1–23. https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/170_1645510611.pdf
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf
Laksono, W. C., Muhibbidin, A., Prastiwi, Y., & Etika, L. (2022). Aquascape Media for Learning Ecosystem Materials in Elementary Schools. 6(3), 638–647.
Maghfirah, S. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938
Niswatin, K., & Zainiyati, H. S. (2020). Implementasi Model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification , Redefinition) di MI Al-Ishlah Glagah Lamongan. Tadris : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 283–293. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3512
Rahakbauw, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyusun Pola ABCD-ABCD. Jurnal Buah Hati , 9(1), 1–9. https://doi.org/10.46244/BUAHHATI.V9I1.1696
RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I2.467
Salim, A. N., & Rahman, A. (2022). Implementasi Fuzzy-Mamdani untuk Pengendalian Suhu dan Kekeruhan Air Aquascape Berbasis IoT. Jurnal Algoritme, 2(2), 159–169.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
Siron, Y., Khonipah, I., & Fani, N. K. M. (2020). Penggunaan Barang Bekas Untuk Media Pembelajaran Di Paud: Pengalaman Guru. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 63–74. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868
Sri Watini, Q. A. , M. H. , U. R. (2020). Drawing Competency Development Using the Atik Model in Kindergarten (TK). Solid State Technology, 4519–4528. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/3117
Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899
Zain, Z., Sulaiman, M. H., Mohamed, A. I., Bakar, M. S., & Ramli, M. S. (2022). Proceedings of the 6th International Conference on Electrical, Control and Computer Engineering : InECCE2021, Kuantan, Pahang, Malaysia, 23rd August. 1148.