Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melemahnya kemampuan kreativitas anak disebabkan oleh kurangnya dukungan dan motivasi dari lingkungan sekitar seperti orangtua, guru dan teman sebaya yang menyebabkan motivasi mereka kurang dihargai dan mudah terganggu akibat pemberian atau pemakaian gadget yang kurang terkontrol oleh orang tua serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dilakukan guru pada anak saat melakukan kegiatan pembelajaran sehingga melemahnya minat anak untuk berkreativitas. Maka peneliti mengedepankan tentang Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas pada anak usia dini Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui kegiatan praktek secara langsung. Pengembangan media aquascape telah diuji tingkat variable kesediaan bahan, keamanan dan ketahanan bahan media. Selanjutnya pengujian ukuran, dan proporsi detail serta tingkat praktis sesuai kebutuhan siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Jakarta Selatan dan PAUD KB Mutiara Ceria Kabupaten Tangerang dengan mengimplementasikan Model Amati Tirukan dan Kerjakan (ATIK) yang sesuai dengan gaya belajar dan karakteristik siswa, dilakukan menggunakan media pembelajaran inovasi baru yaitu aquascape yang telah dirancang dan disesuaikan dengan pendidikan anak usia dini sehingga terbukti penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Hasil dari penelitian Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape dapat menumbuhkan minat dan kreativitas serta keingintahuan anak dalam belajar di PAUD.


Kata Kunci: Model ATIK, Pembelajaran Aquascape, Anak Usia Dini.

Kata Kunci

aquascape aquascape

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Sri Watini, Universitas Pancasakti, Bekasi

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melemahnya kemampuan kreativitas anak yang disebabkan oleh beberapa faktor terutama dalam penggunaan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru, model pendidikan yang tidak sesuai dengan gaya belajar anak dan inovasi penggunaan media yang kurang tepat serta melemah nya keinginan belajar anak pada saat di sekolah. Maka peneliti mengedepankan tentang Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas pada anak usia dini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui kegiatan praktek secara langsung. Pengembangan media aquascape telah diuji tingkat variable kesediaan bahan, keamanan dan ketahanan bahan media. Selanjutnya pengujian ukuran, dan proporsi detail serta tingkat praktis sesuai kebutuhan siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Jakarta Selatan dan PAUD KB Mutiara Ceria Kabupaten Tangerang dengan mengimplementasikan Model ATIK yang sesuai dengan gaya belajar dan karakteristik siswa, dilakukan menggunakan media pembelajaran inovasi baru yaitu aquascape yang telah dirancang dan disesuaikan dengan pendidikan anak usia dini sehingga terbukti penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Hasil dari penelitian Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape dapat menumbuhkan minat dan kreativitas serta keingintahuan anak dalam belajar di PAUD.
Kata Kunci: Model ATIK, Pembelajaran Aquascape, Anak Usia Dini.

Cara Mengutip
Kurnia Ningsih, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK Dalam Pembelajaran Aquascape Pada Anak Usia Dini . Jurnal Ilmiah POTENSIA, 8(2), 371–382. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.371-382

Referensi

  1. --