Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan melemahnya kemampuan kreativitas anak disebabkan oleh kurangnya dukungan dan motivasi dari lingkungan sekitar seperti orangtua, guru dan teman sebaya yang menyebabkan motivasi mereka kurang dihargai dan mudah terganggu akibat pemberian atau pemakaian gadget yang kurang terkontrol oleh orang tua serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dilakukan guru pada anak saat melakukan kegiatan pembelajaran sehingga melemahnya minat anak untuk berkreativitas. Maka peneliti mengedepankan tentang Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas pada anak usia dini Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui kegiatan praktek secara langsung. Pengembangan media aquascape telah diuji tingkat variable kesediaan bahan, keamanan dan ketahanan bahan media. Selanjutnya pengujian ukuran, dan proporsi detail serta tingkat praktis sesuai kebutuhan siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Jakarta Selatan dan PAUD KB Mutiara Ceria Kabupaten Tangerang dengan mengimplementasikan Model Amati Tirukan dan Kerjakan (ATIK) yang sesuai dengan gaya belajar dan karakteristik siswa, dilakukan menggunakan media pembelajaran inovasi baru yaitu aquascape yang telah dirancang dan disesuaikan dengan pendidikan anak usia dini sehingga terbukti penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Hasil dari penelitian Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape dapat menumbuhkan minat dan kreativitas serta keingintahuan anak dalam belajar di PAUD.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Nikem Kurnia Ningsih, Sri Watini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- --
References
--