Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melemahnya kemampuan kreativitas anak disebabkan oleh kurangnya dukungan dan motivasi dari lingkungan sekitar seperti orangtua, guru dan teman sebaya yang menyebabkan motivasi mereka kurang dihargai dan mudah terganggu akibat pemberian atau pemakaian gadget yang kurang terkontrol oleh orang tua serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dilakukan guru pada anak saat melakukan kegiatan pembelajaran sehingga melemahnya minat anak untuk berkreativitas. Maka peneliti mengedepankan tentang Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas pada anak usia dini Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui kegiatan praktek secara langsung. Pengembangan media aquascape telah diuji tingkat variable kesediaan bahan, keamanan dan ketahanan bahan media. Selanjutnya pengujian ukuran, dan proporsi detail serta tingkat praktis sesuai kebutuhan siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Jakarta Selatan dan PAUD KB Mutiara Ceria Kabupaten Tangerang dengan mengimplementasikan Model Amati Tirukan dan Kerjakan (ATIK) yang sesuai dengan gaya belajar dan karakteristik siswa, dilakukan menggunakan media pembelajaran inovasi baru yaitu aquascape yang telah dirancang dan disesuaikan dengan pendidikan anak usia dini sehingga terbukti penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Hasil dari penelitian Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape dapat menumbuhkan minat dan kreativitas serta keingintahuan anak dalam belajar di PAUD.

Keywords

aquascape Model ATIK Pembelajaran Aquascape Anak Usia Dini

Article Details

Author Biographies

Nikem Kurnia Ningsih, Universitas Pancasakti

 

 

 

Sri Watini, Universitas Pancasakti

This research is motivated by the weakening of children's creative abilities caused by several factors, especially in the use of teacher-centered learning strategies, educational models that are not in accordance with children's learning styles and innovative use of inappropriate media and weakening children's learning desires while at school . So the researchers put forward the Implementation of the ATIK Model in Aquascape learning which aims to improve creativity abilities in early childhood. The research was conducted using a qualitative approach through direct practical activities. The development of Aquascape media has been tested for variable levels of material availability, safety and durability of media materials. Furthermore, testing the size and proportion of detail and practical level according to student needs. The research was conducted at the Alternative School for Street Children (SAAJA) South Jakarta and Mutiara Ceria KB PAUD, Tangerang Regency by implementing the ATIK Model according to the learning styles and characteristics of students, carried out using a new innovative learning media, namely Aquascape which has been designed and adapted to early childhood education. so it is proven that this research can improve the creativity abilities of early childhood. The results of the research on the Implementation of the ATIK Model in Aquascape learning can foster interest and creativity as well as children's curiosity in learning in PAUD.
Keywords: ATIK Model, Aquascape Learning, Early Childhood.

 

 

How to Cite
Ningsih, N. K., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK Dalam Pembelajaran Aquascape Pada Anak Usia Dini . Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 371–382. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.371-382

References

  1. Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I3.507
  2. Anggraeni, A.Y., Wardani, S., & Hidayat, A, N, 2020. (2020). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523. https://journal.unnes.ac.id/
  3. Damanik, S. W. H., & Purba, R. (2021). Strategi pola asuh pendidikan anak usia dini di masa pandemik covid-19 pada PAUD Ar Raudah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 206–210. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.688
  4. Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I6.3121
  5. Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901
  6. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
  7. Female, M., Ningsih, K. A., Prasetyo, I., Hasanah, D. F., Setyorini, E. and , A. P. S. K. . M. K. . P. ., Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T., Hapidin, Pantiwati, Y., Kemendikbud, Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Antoro, B., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., Syukur, Y., Setiakarnawijaya, Y., Suyadi dan Ulfah, & Kurniawati, R. (2021). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Skripsi IAIN Ponorogo, 1(1), 127–132. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773
  8. Fikri, M., Musthafa, A., & Pradhana, F. R. (2021). Design and Build Smart Aquascape Based on PH and TDS With IoT System Using Fuzzy Logic. Procedia of Engineering and Life Science, 2(1), 5–7. https://doi.org/10.21070/pels.v2i0.1166
  9. Haerudin. (2018). Pengaruh Literasi numerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 401–409.
  10. Hamide, A., Alhadad, B., & Samad, R. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Akhlak Pada Anak Usia Dini. In Jurnal Ilmiah Cahaya Paud (Vol. 3, Issue 1, pp. 48–61). https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2132
  11. Harlina Ramelan, Y. (2022). Penerapan Model Cipp Dalam Evalusi Penyediaan Layanan Paud. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 43–52. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/11018/7005
  12. Husnawati, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 915–919. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504
  13. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Merdeka Belajar Episode Kelima Belas Kurikulum merdeka dan Platform Merdeka Belajar. 2021, 1–23. https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/170_1645510611.pdf
  14. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf
  15. Laksono, W. C., Muhibbidin, A., Prastiwi, Y., & Etika, L. (2022). Aquascape Media for Learning Ecosystem Materials in Elementary Schools. 6(3), 638–647.
  16. Maghfirah, S. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938
  17. Niswatin, K., & Zainiyati, H. S. (2020). Implementasi Model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification , Redefinition) di MI Al-Ishlah Glagah Lamongan. Tadris : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 283–293. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3512
  18. Rahakbauw, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyusun Pola ABCD-ABCD. Jurnal Buah Hati , 9(1), 1–9. https://doi.org/10.46244/BUAHHATI.V9I1.1696
  19. RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I2.467
  20. Salim, A. N., & Rahman, A. (2022). Implementasi Fuzzy-Mamdani untuk Pengendalian Suhu dan Kekeruhan Air Aquascape Berbasis IoT. Jurnal Algoritme, 2(2), 159–169.
  21. Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
  22. Siron, Y., Khonipah, I., & Fani, N. K. M. (2020). Penggunaan Barang Bekas Untuk Media Pembelajaran Di Paud: Pengalaman Guru. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 63–74. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868
  23. Sri Watini, Q. A. , M. H. , U. R. (2020). Drawing Competency Development Using the Atik Model in Kindergarten (TK). Solid State Technology, 4519–4528. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/3117
  24. Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899
  25. Zain, Z., Sulaiman, M. H., Mohamed, A. I., Bakar, M. S., & Ramli, M. S. (2022). Proceedings of the 6th International Conference on Electrical, Control and Computer Engineering : InECCE2021, Kuantan, Pahang, Malaysia, 23rd August. 1148.