Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melemahnya kemampuan kreativitas anak disebabkan oleh kurangnya dukungan dan motivasi dari lingkungan sekitar seperti orangtua, guru dan teman sebaya yang menyebabkan motivasi mereka kurang dihargai dan mudah terganggu akibat pemberian atau pemakaian gadget yang kurang terkontrol oleh orang tua serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dilakukan guru pada anak saat melakukan kegiatan pembelajaran sehingga melemahnya minat anak untuk berkreativitas. Maka peneliti mengedepankan tentang Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas pada anak usia dini Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui kegiatan praktek secara langsung. Pengembangan media aquascape telah diuji tingkat variable kesediaan bahan, keamanan dan ketahanan bahan media. Selanjutnya pengujian ukuran, dan proporsi detail serta tingkat praktis sesuai kebutuhan siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) Jakarta Selatan dan PAUD KB Mutiara Ceria Kabupaten Tangerang dengan mengimplementasikan Model Amati Tirukan dan Kerjakan (ATIK) yang sesuai dengan gaya belajar dan karakteristik siswa, dilakukan menggunakan media pembelajaran inovasi baru yaitu aquascape yang telah dirancang dan disesuaikan dengan pendidikan anak usia dini sehingga terbukti penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Hasil dari penelitian Implementasi Model ATIK dalam pembelajaran aquascape dapat menumbuhkan minat dan kreativitas serta keingintahuan anak dalam belajar di PAUD.

Keywords

aquascape aquascape

Article Details

Author Biography

Sri Watini, Universitas Pancasakti, Bekasi

This research is motivated by the weakening of children's creative abilities caused by several factors, especially in the use of teacher-centered learning strategies, educational models that are not in accordance with children's learning styles and innovative use of inappropriate media and weakening children's learning desires while at school . So the researchers put forward the Implementation of the ATIK Model in Aquascape learning which aims to improve creativity abilities in early childhood. The research was conducted using a qualitative approach through direct practical activities. The development of Aquascape media has been tested for variable levels of material availability, safety and durability of media materials. Furthermore, testing the size and proportion of detail and practical level according to student needs. The research was conducted at the Alternative School for Street Children (SAAJA) South Jakarta and Mutiara Ceria KB PAUD, Tangerang Regency by implementing the ATIK Model according to the learning styles and characteristics of students, carried out using a new innovative learning media, namely Aquascape which has been designed and adapted to early childhood education. so it is proven that this research can improve the creativity abilities of early childhood. The results of the research on the Implementation of the ATIK Model in Aquascape learning can foster interest and creativity as well as children's curiosity in learning in PAUD.
Keywords: ATIK Model, Aquascape Learning, Early Childhood.

How to Cite
Kurnia Ningsih, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK Dalam Pembelajaran Aquascape Pada Anak Usia Dini . Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 371–382. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.371-382

References

  1. --