Main Article Content

Abstract

Rendahnya kemampuan sosial emosional anak inisial AC dengan Anxiety Disorder menjadi masalah penelitian. Gangguan kecemasan (Anxiety Disorder) merupakan gangguan berupa kecemasan intens dan persisten, ketakutan berlebih terhadap bahaya yang dialami dan mengganggu kehidupan sehari-hari penderita. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Triangulasi metode digunakan dalam peneletian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua AC yang protektif membawa AC pada tingkat kecemasan yang tidak terkendali, AC yang terdiagnosa Anxiety Disorder semakin terbiasa dengan anti sosialnya bahkan berpengaruh pada perkembangan bicaranya, selanjutnya orang tua AC melakukan perubahan pola asuh terhadap AC dari protektif menjadi pola asuh demokratis sehingga terlihat adanya perkembangan sosial emosional yang lebih baik pada AC

Article Details

How to Cite
Lelly Lenny, Anggrayni, R., Vera Risman, & Septiyani Endang Yunitasari. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sosial Emosional ABK Dengan Anxiety Disorder DI TKIT Bunga Mufiidah. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 324–331. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.324-331

References

  1. Asfi Manzilati. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode dan Aplikasi. Malang: UB Press.
  2. Brumariu, L.E., Kerns, K.A., & Seibert, A. (2012). Mother-child attachment, emotion regulation, and anxiety symptomps in middle childhood. Journal of The International Association for Relationship Research, 19(3), 569-585
  3. Hasanah, N. (2013). Terapi token ekonomi untuk mengubah Perilaku lekat di sekolah. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 10(1), 1-18.
  4. Juariyah, S. P. (2022). Peran pola asuh orang tua terhadap sikap sosial anak berkebutuhan khusus (abk) di slb negeri handayani skripsi.
  5. Kemendikbud, R. (2014). Standar isi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, 1–31.
  6. Kusumaningtyas, Lydia Ersta. 2015. Dampak Overprotectif Terhadap Perkembangan Kemandirian
  7. Lia. 2016. Orangtua yang over protektif. https://cintalia.com/kehidupan/ora ngtua/ciri-ciri-orangtua-yangoverprotektif. Diakses Maret 2016
  8. Mahmudah, L. (2020). Disorder Personality ( Abnormalitas ) Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak : Pola Asuh Orang Tua Terhadap Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam.
  9. Nevid,J..s, Rathus, S.A, & Greene B.2005. Psikologi Abnormal. Jakarta:Erlangga
  10. Nurhayati, F., & Ningsih, N. S. (2017). Pola Asuh Orang Tua terhadap Sosioemosional Anak Tunarungu Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan, 8(1), 13. https://doi.org/10.26630/jk.v8i1.387
  11. Oktamarina, L., Kurniati, F., Sholekhah, M., Nurjanah, S., Oktaria, S. W., Sukmawati, & Apriyani, T. (2022). Gangguan Kecemasan (Axiety Disorder) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Multidisiliner Bharasumba, 1(1), 116–131.
  12. Piacentini, J., & Roblek, T. (2002). Recognizing and treating childhood anxiety disorders. Western Journal of Medicine, 176(3), 149–151. https://doi.org/10.1136/ewjm.176.3.149
  13. Pinus DS, Helfinstein SM, Bar-Haim Y, Nelson E, Fox NA. Tantangan dalam mengembangkan perawatan baru untuk gangguan masa kanak-kanak: pelajaran dari penelitian tentang kecemasan. Neuropsikofarmakologi. 2009; 34(1):213–28. doi: 10.1038/npp.2008.113.
  14. Puspitasari, I., & Wati, D. E. (2018). Strategi parent-school partnership: Upaya preventif separation anxiety disorder pada anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 49-60.
  15. Rifani Diantika, - (2020) PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ABK DI SEKOLAH INKLUSI. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
  16. Sahithya, B. R., & Raman, V. (2021). Parenting Style, Parental Personality, and Child Temperament in Children with Anxiety Disorders—A Clinical Study from India. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(5), 382–391. https://doi.org/10.1177/0253717620973376
  17. Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
  18. Syahida, K. N. M. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengembangan Sosialisasi Anak Tunadaksa.
  19. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta