Main Article Content

Abstract

Rendahnya kemampuan sosial emosional anak inisial AC dengan Anxiety Disorder menjadi masalah penelitian. Gangguan kecemasan (Anxiety Disorder) merupakan gangguan berupa kecemasan intens dan persisten, ketakutan berlebih terhadap bahaya yang dialami dan mengganggu kehidupan sehari-hari penderita. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Triangulasi metode digunakan dalam peneletian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua AC yang protektif membawa AC pada tingkat kecemasan yang tidak terkendali, AC yang terdiagnosa Anxiety Disorder semakin terbiasa dengan anti sosialnya bahkan berpengaruh pada perkembangan bicaranya, selanjutnya orang tua AC melakukan perubahan pola asuh terhadap AC dari protektif menjadi pola asuh demokratis sehingga terlihat adanya perkembangan sosial emosional yang lebih baik pada AC

Keywords

Pola Asuh Sosial Emosional Anxiety Disorder Pola Asuh Sosial Emosional Anxiety Disorder

Article Details

Author Biographies

Lelly Lenny, Universitas Panca Sakti Bekasi

 

 

Rice Anggrayni, Universitas Panca Sakti

 

 

Vera Risman, Universitas Panca Sakti

 

 

Septiyani Endang Yunitasari, Universitas Panca Sakti

 

 

How to Cite
Lenny, L., Anggrayni, R., Risman, V., & Yunitasari, S. E. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sosial Emosional ABK Dengan Anxiety Disorder DI TKIT Bunga Mufiidah. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 324–331. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.324-331

References

  1. Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180–193.
  2. Asfi Manzilati. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode dan Aplikasi. Malang: UB Press.
  3. Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh Perilaku Over Protective Orang Tua Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4128–4138.
  4. Hayati, S. A., & Tohari, S. (2022). Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam Menurunkan Social Anxiety Disorder (SAD) dan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) Pada Remaja. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 153–159.
  5. Hidayati, N. O., Sutisnu, A. A., & Nurhidayah, I. (2021). Efektivitas Terapi Bermain terhadap tingkat kecemasan anak yang menjalani hospitalisasi. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 61–67.
  6. Kemendikbud, R. (2014). Standar isi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, 1–31.
  7. Mahmudah, L. (2020). Disorder Personality (Abnormalitas) Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak : Pola Asuh Orang Tua Terhadap Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam.
  8. Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341.
  9. Nesia, R. T., & Kurniawati, F. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Intervensi Gangguan Kecemasan Anak Baru Masuk Sekolah. Journal of Psychological Science and Profession, 4(1), 30–35.
  10. Nurhayati, F., & Ningsih, N. S. (2017). Pola Asuh Orang Tua terhadap Sosioemosional Anak Tunarungu Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan, 8(1), 13. https://doi.org/10.26630/jk.v8i1.387
  11. Oktamarina, L., Kurniati, F., Sholekhah, M., Nurjanah, S., Oktaria, S. W., Sukmawati, & Apriyani, T. (2022). Gangguan Kecemasan (Axiety Disorder) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Multidisiliner Bharasumba, 1(1), 116–131.
  12. Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649–657.
  13. Putro, K. Z. (2022). Peran guru dalam meningkatkan kemampuan sosial anak berkebutuhan khusus melalui program inklusi. Jurnal Golden Age, 6(1), 151–159.
  14. Puspitasari, I., & Wati, D. E. (2018). Strategi parent-school partnership: Upaya preventif separation anxiety disorder pada anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 49-60.
  15. Sahithya, B. R., & Raman, V. (2021). Parenting Style, Parental Personality, and Child Temperament in Children with Anxiety Disorders—A Clinical Study from India. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(5), 382–391. https://doi.org/10.1177/0253717620973376
  16. Syahida, K. N. M. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengembangan Sosialisasi Anak Tunadaksa.