Main Article Content

Abstract

Kemandirian anak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, mulai dari faktor internal maupun faktor eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat pengaruh pola asuh permisif yang diterapkan oleh orangtua terhadap kemandirian anak. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif melalui survei. Penelitian dilakukan terhadap 86 orang anak usia 5-6 tahun yang tinggal di Kecamatan Gunung Meriah Aceh Singkil. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara manual dan juga google form kepada orangtua anak. Uji regresi sederhana menggunakan program SPSS digunakan dalam menganalisis data. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 50,198 + 0,205x. Dari persamaan tersebut diketahui bahwa pola asuh permisif memiliki pengaruh positif terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Hasil kooefisien R square sebesar 0,002 menyatakan bahwa pola asuh permisif hanya berkontribusi 2% terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Dengan adanya penelitian, diharapkan orangtua dapat mampu memperbaiki pola asuh dan mengurangi praktik pengasuhan permisif pada anak agar aspek kemandirian dapat terstimulasi dengan tepat.

Keywords

pola asuh permisif; kemandirian anak; anak usia dini. Pola Asuh Permisif Kemandirian Anak Anak Usia Dini

Article Details

Author Biographies

Puput Aprilianarsih, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

 

 

Silvie Mil, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

 

 

 

How to Cite
Aprilianarsih, P., & Mil, S. (2023). Kemandirian Anak Dengan Orang Tua Yang Menerapkan Pola Asuh Permisif. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 233–242. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.233-242

References

  1. A. Tabi’in. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581
  2. Adawiah, R. (2017). Dominasi keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar pada ranah kognitif afektif dan psikomotor. Palapa : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 33–48.
  3. Ade Iis Kurniawati, & Masnipal, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.385
  4. Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104.
  5. Auliah, M., Fitriani, Y., & Widjayatri, R. D. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Permisif Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun The Permissive Parenting Style On The Emotional Development Of Children Age 5-6 Years Old Maudy Auliah.
  6. Converse, B. ., Juarez, L., & Hennecke, M. (2019). Selfcontrol and the reasons behind our goals. Journal of Personality and Social Psychology, 166(5), 860–883.
  7. Daviq, C. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9. Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
  8. Geofanny, R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 464–470. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4230
  9. Islam, U., & Rahmat, R. (2022). MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah Keywords : Parenting Patterns , Emotional Development © Mubtadi : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. 3(2), 133–145.
  10. Kemenkes RI. (2010). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia. In Profil Kesehatan Indonesia 2010.
  11. Ko, A., Hewitt, P. L., Cox, D., Flett, G. L., & Chen, C. (2019). Adverse parenting and perfectionism: A test of the mediating effects of attachment anxiety, attachment avoidance, and perceived defectiveness. Personality and Individual Differences, 150(April), 109474. https://doi.org/10.1016/j.paid.2019.06.017
  12. Komala, K. (2015). Mengenal dan mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi, 1(1), 31–45. Retrieved from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/90
  13. Krobo, A. (2021). Kemandirian Anak Mengurus Diri Sendiri Dikembangkan Melalui Metode Pembiasaan. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70–77. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5449
  14. Lee, S. M., Daniels, M. H., & Kissinger, D. B. (2006). Parental influences on adolescent adjustment: Parenting styles versus parenting practices. The Family Journal, 14(3), 253–259.
  15. Lo, B. C. Y., Lai, R. N. M., Ng, T. K., & Wang, H. (2020). Worry and permissive parenting in association with the development of internet addiction in children. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(21), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17217722
  16. Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122
  17. Malonda, E., Llorca, A., Mesurado, B., Samper, P., & Mestre, M. V. (2019). Parents or peers? Predictors of prosocial behavior and aggression: A longitudinal study. Frontiers in Psychology, 10.
  18. Mayasari, D., Istirahayu, I., & Mawarni, K. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Singkawang Timur. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 111. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2155
  19. Norimatsu, H. (1993). Development of child autonomy in eating and toilet training: One- to three-year-old Japanese and French children. Early Development and Parenting, 2(1), 39–50. https://doi.org/10.1002/edp.2430020107
  20. Novera, W. R., & Setiawati, F. A. (2023). Pengaruh Secure Attachment Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. 7(2), 2059–2068. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3665
  21. Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92.
  22. Parra, A., & Oliva, A. (2009). A longitudinal research on the development of emotional autonomy during adolescence. The Spanish Journal of Psychology, 12(1), 66–75.
  23. Prastyawati, T., Aji, S. D., & Soraya, J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Otoriter, Autoritatif, Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(1), 53–60. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/5498/3077
  24. Prihatin, S. R. (2023). Pengaruh Pola Asuh Authoritative Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal AUDHI, 5(2), 61–69.
  25. Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
  26. Santrok, J. . (2012). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Edisi Ketiga Belas Jilid I,. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
  27. Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
  28. Umairoh, S., & Ichsan, I. (2019). Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 157–164. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-02
  29. Wong, M. S., Mangelsdorf, S. C., & Charney, S. L. (2020). Independence/Dependence. In Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.21209-1