Main Article Content
Abstract
Peranan guru dalam pendampingan sangat penting. Berbagai penelitian telah dilakukan tentang peran guru pada pembelajaran sains sederhana pada anak. Tujuan penelitian: Pertama, untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pendampingan proses ekplorasi anak pada pembelajaran sains. Kedua, untuk mengetahui bagaimana implikasinya terhadap anak, guru, dan lingkungan sekolah.Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data adalah kepala sekolah, guru, dan anak-anak di TK Tunas Mekar Sari Denpasar. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan studi kepustaakan. Analisis data dilakukan dengan teori humanisme Ki Hajar Dewantara. Hasil penelitian menunjukkan : 1. peran guru sebagai pendamping, fasislitator, dan tutor (pengajar) 2. Implikasinya bagi anak-anak; anak memperoleh penglaman langsung dengan tahu, nama-nama tanaman dan lingkungan, mengerti proses sains sederhana dengan bahan alam. Bagi guru; guru dapat secara kreatif dan mudah mengenalkan dan memanfaatkan media alam sebagai bahan sains sederhana. Bagi lingkungan; keberlangsungan hidup lingkungan akan terjaga. Kesimpulan penelitian ini adalah pada setiap perannya guru dapat selalu mendampingi anak usia dini dalam memaksimalkan proses ekplorasi termasuk bekerjasama dengan orang tua guna keberhasilan pembelajaran.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 I Gusti Ayu Cintya Widi Adnyani Dewi, I Komang Suardika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adilah, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7521
- Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam Di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49–57. https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.14
- Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
- Dikdaya, J. I. (2017). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar di TK Putra I Kota Jambi Kelompok B. 9(1), 185–196.
- Erlinda, E. P. (2015). Hubungan Kegiatan Bermain Peran Mikro Dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika Ii-26 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak.
- Fauzi, Saski, A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500.
- Fitriani, I. I., Oktavia, S., & Amalia, D. (2022). Pengaruh Permainan Eksplorasi Sains Terhadap Perilaku Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 23(1), 40–48. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4664
- Fitriyani, D., Syaodih, E., & Annisa, N. (2017). Pengembangan metode mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep. Educare, 15(2), 1–11.
- Haniefan, N., & Basunanda, P. (2022). Eksplorasi dan Identifikasi Tanaman Kopi Liberika di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal. Vegetalika, 11(1), 11–18. https://doi.org/10.22146/veg.44325
- Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05
- Hidayati, S., Fahruddin, & Astawa, I. M. S. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Eksplorasi Menggunakan Koran Bekas Di TK Mutiara Hati Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 66.
- Husna, M., & Sugito, S. (2021). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846–1858. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1814
- Kirom, A. (2021). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(4), 1102. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8361
- Masrukah, M., Nahrowi, M., & Anis, M. B. (2020). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah …, 3(1), 10–17.
- Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.328
- Musbikin, I. (2016). Buku Pintar PAUD Dalam Perspektif Islam. Laksana.
- Octaviani, D., Usman, & Yuniarni, D. (2018). Peran Guru Dalam Pengenalan Sains Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–10.
- Pamilu, A. (2007). Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak untuk Orangtua. Rineka Cipta.
- Piaget, J. (2005). The Language and Thought of the Child , Reprinted edition. Taylor & Francis.
- Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press.
- Rachmawati, & Kurniati. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana Prenanda Media Groub.
- Restu Ilma Nurqolbi, Arifah A Riyanto, R. H. L. (2018). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. JURNAL CERIA, 1(1).
- Rokhmiati, E., & Ghanesia, H. (2019). Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 8(1), 92. https://doi.org/10.31596/jcu.v8i1.309
- Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587
- Shofwan, A. M. (2022). Manfaat Dan Tujuan Mendongeng Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Tila Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 275. https://doi.org/https://doi.org/10.56874/tila.v2i2.886
- Sriwijaya, F. U. (2017). Modul Praktikum Pengembangan Sains Anak Usia Dini.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
- Suryani, I. (2020). Pengenalan binatang ternak melalui eksplorasi lingkungan untuk peningkatan pengetahuan sains anak usia dini. Jurnal Ceria (Cerdas, Energik, Responsif, Inovatif, Adaptif), 3(2), 137–144.
- Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
- Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 257. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408
References
Adilah, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7521
Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam Di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49–57. https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.14
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
Dikdaya, J. I. (2017). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar di TK Putra I Kota Jambi Kelompok B. 9(1), 185–196.
Erlinda, E. P. (2015). Hubungan Kegiatan Bermain Peran Mikro Dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika Ii-26 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak.
Fauzi, Saski, A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500.
Fitriani, I. I., Oktavia, S., & Amalia, D. (2022). Pengaruh Permainan Eksplorasi Sains Terhadap Perilaku Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 23(1), 40–48. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4664
Fitriyani, D., Syaodih, E., & Annisa, N. (2017). Pengembangan metode mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep. Educare, 15(2), 1–11.
Haniefan, N., & Basunanda, P. (2022). Eksplorasi dan Identifikasi Tanaman Kopi Liberika di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal. Vegetalika, 11(1), 11–18. https://doi.org/10.22146/veg.44325
Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05
Hidayati, S., Fahruddin, & Astawa, I. M. S. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Eksplorasi Menggunakan Koran Bekas Di TK Mutiara Hati Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 66.
Husna, M., & Sugito, S. (2021). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846–1858. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1814
Kirom, A. (2021). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(4), 1102. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8361
Masrukah, M., Nahrowi, M., & Anis, M. B. (2020). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah …, 3(1), 10–17.
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.328
Musbikin, I. (2016). Buku Pintar PAUD Dalam Perspektif Islam. Laksana.
Octaviani, D., Usman, & Yuniarni, D. (2018). Peran Guru Dalam Pengenalan Sains Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–10.
Pamilu, A. (2007). Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak untuk Orangtua. Rineka Cipta.
Piaget, J. (2005). The Language and Thought of the Child , Reprinted edition. Taylor & Francis.
Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press.
Rachmawati, & Kurniati. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana Prenanda Media Groub.
Restu Ilma Nurqolbi, Arifah A Riyanto, R. H. L. (2018). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. JURNAL CERIA, 1(1).
Rokhmiati, E., & Ghanesia, H. (2019). Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 8(1), 92. https://doi.org/10.31596/jcu.v8i1.309
Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587
Shofwan, A. M. (2022). Manfaat Dan Tujuan Mendongeng Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Tila Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 275. https://doi.org/https://doi.org/10.56874/tila.v2i2.886
Sriwijaya, F. U. (2017). Modul Praktikum Pengembangan Sains Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suryani, I. (2020). Pengenalan binatang ternak melalui eksplorasi lingkungan untuk peningkatan pengetahuan sains anak usia dini. Jurnal Ceria (Cerdas, Energik, Responsif, Inovatif, Adaptif), 3(2), 137–144.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 257. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408