Main Article Content

Abstract

: Perkembangan afeksi anak dimulai dari pengenalan aspek emosi yang baik kepada anak. Berkembangnya aspek emosi membutuhkan kegiatan dan alat permainan yang tepat sehingga stimulasi dapat berjalan dengan baik. APE Kid’s Bag adalah alat permainan yang berupa toote bag inovasi sebagai pelengkap kegiatan sosio-drama untuk mendukung stimulasi perkembangan emosi. Tujuan penelitian adalah pengembangan APE kid’s bag. Metode penelitian ini menggunkan metode penelitian pengembangan. Model ADDIE sebagai model reka dalam proses pembuatan media Kid’s Bag. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan obervasi, kuisioner, serta wawancara guru dan orangtua di lokasi penelitian. Subjek validasi media Kid’s Bag terdiri dari 2 orang ahli, yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran. Analisis data menggonaka teori Maslow dan ranah afektif dalam taksonomi Blooms. Instrument yang digunakan untuk melengkapi hasil penelitian ini terdiri dari lembar pertanyaan wawancara, teks laporan hasil observasi, dan kuisioner. Data dalam penitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dengan merumuskan formula Aiken’s V dengan perolehan data uji ahli materi sebesar 0,590 dan data uji ahli media sebesar 0,572. Berdasarkan dengan perolehan data tersebut yang termasuk dalam tingkat kevalidan sedang dapatdikatakan layak akan tetapi diperlukan beberapa perbaikan terutama dalam design Kid’s Bag yang dibuat.

Keywords

Kid’s Bag Aspek Emosi AUD Afeksi

Article Details

Author Biographies

Kadek Bukit Sri Gayatri, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

 

 

Ida Bagus Komang Sindu Putra, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

 

 

How to Cite
Gayatri, K. B. S., & Sindu Putra, I. B. K. (2023). Pengembangan APE Kid’s Bag Dalam Menstimulasi Aspek Emosi Untuk Pembentukan Afeksi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 383–397. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.383-397

References

  1. Anak, J., Dini, U., Anak, P., Dini, U., Perkembangan, A., & Kunci, K. (2018). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 4, 49–55.
  2. Damayanti, R. R., CH, M., & Hapidin, H. (2018). Pengaruh Bermain Peran Mikro terhadap Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 34. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.5
  3. Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68–79.
  4. Gusti, N., Made, A., & Lestari, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga “Widya Suputra” Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 23–30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index
  5. Kalijaga, U. I. N. S., & Kalijaga, U. I. N. S. (2021). Stimulasi Perkembangan Anak Dengan Memanfaatkan Barang Bekas di Era New Normal. 9(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9221
  6. KRISTIANI, A. O. (2020). Pengaruh Empati Dan Regulasi Emosi Terhadap Agresivitas Pada Anak Usia Dini. Eprints.Uny.Ac.Id, 1–2. https://eprints.uny.ac.id/70463/1/fulltext_anggun oktavia kristiani_16717251016.pdf
  7. Makassar, U. M., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Pendidikan, J., Pendidikan, G., & Usia, A. (2021). Implementasi metode bermain peran dalam meningkatkan aspek emosional anak di tk islam uminda kota makassar skripsi.
  8. Mita, H., & Qalbi, Z. (2020). JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial). Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(2), 83–88. https://pdfs.semanticscholar.org/4a6f/6c113bdff39a4c5d5abb33a4ab287459220e.pdf
  9. Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68.
  10. Purnama Putri, W., Kusumastuti, N., & Wijayanti, A. (2022). Peran Guru Laki-Laki Pada Lembaga PAUD Ditinjau dari Perspektif Fungsi Afeksi di Tk Aisyiah Bustanul Athfal 1 Ngawi. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 88–99. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1792
  11. Putu, N., Diantari, M., Agung, A., & Agung, G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index
  12. Qadafi, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. In Sanabil.
  13. Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293
  14. Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
  15. Sundawa, M. M., & Martadi. (2021). Pendidikan Seni Bagi Anak Usia Dini : Menggambar Sebagai Media Katarsis Afeksi Anak. 9(3), 198–209.
  16. Tarnoto, N. (2016). Modul Bermain Peran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  17. Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
  18. USMAN, S.Pd.M.Pd, A. D. J. (n.d.). Analisis Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Kemampuan Sosialanak Usia Dini Kelompok B Tkwirayuda Kendari. Aji Dwi Julianto_ajhidj021@gmail.com.
  19. Wahyudi, M. (n.d.). JURNAL ABDI MAS ADZKIA Peningkatan Afeksi Anak Usia Dini melalui Dongeng dengan Alat Peraga. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/adzkia/index
  20. Zandika Aan. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Di Ra Perwanida 1 Bandar Lampung. Generasi Emas, 2(1), 47.