Main Article Content
Abstract
: Perkembangan afeksi anak dimulai dari pengenalan aspek emosi yang baik kepada anak. Berkembangnya aspek emosi membutuhkan kegiatan dan alat permainan yang tepat sehingga stimulasi dapat berjalan dengan baik. APE Kid’s Bag adalah alat permainan yang berupa toote bag inovasi sebagai pelengkap kegiatan sosio-drama untuk mendukung stimulasi perkembangan emosi. Tujuan penelitian adalah pengembangan APE kid’s bag. Metode penelitian ini menggunkan metode penelitian pengembangan. Model ADDIE sebagai model reka dalam proses pembuatan media Kid’s Bag. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan obervasi, kuisioner, serta wawancara guru dan orangtua di lokasi penelitian. Subjek validasi media Kid’s Bag terdiri dari 2 orang ahli, yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran. Analisis data menggonaka teori Maslow dan ranah afektif dalam taksonomi Blooms. Instrument yang digunakan untuk melengkapi hasil penelitian ini terdiri dari lembar pertanyaan wawancara, teks laporan hasil observasi, dan kuisioner. Data dalam penitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dengan merumuskan formula Aiken’s V dengan perolehan data uji ahli materi sebesar 0,590 dan data uji ahli media sebesar 0,572. Berdasarkan dengan perolehan data tersebut yang termasuk dalam tingkat kevalidan sedang dapatdikatakan layak akan tetapi diperlukan beberapa perbaikan terutama dalam design Kid’s Bag yang dibuat.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Kadek Bukit Sri Gayatri, Ida Bagus Komang Sindu Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Almutairi, B. A., Alraggad, M. A., & Khasawneh, M. (2020). The impact of Servant Leadership on Organizational Trust: The Mediating Role of Organizational Culture. European Scientific Journal ESJ, 16(16), 1–10. https://doi.org/10.19044/esj.2020.v16n16p49
- Arti, A., & Afektif, K. (n.d.). Pengembangan Afektif Anak Usia Dini BAB I PENGEMBANGAN AFEKTIF ANAK USIA DINI.
- Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Kebutuhan Afeksi. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang, 3(1980), 103–111.
- Aulina, C. N., Universitas, P., & Sidoarjo, M. (2014). Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(1), 2.
- Budyawati, L. P. I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 24. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6331
- Cekaite, A., & Bergnehr, D. (2018). Affectionate touch and care: embodied intimacy, compassion and control in early childhood education. European Early Childhood Education Research Journal, 26(6), 940–955. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1533710
- Damayanti, R. R., CH, M., & Hapidin, H. (2018). Pengaruh Bermain Peran Mikro terhadap Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 34. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.5
- Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68–79.
- Ghofur, M. A. (2008). Ma Nu Nurul Huda Mangkang Tugu Semarang.
- Gusti, N., Made, A., & Lestari, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga “Widya Suputra” Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 23–30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index
- Halida. (2011). Metode Bermain Peran dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 tahun). Cakrawala Kependidikan, 9(1), 27–34. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/download/270/275
- Kania, N. (2006). UNTUK Oleh : dr . Nia Kania , SpA ., MKes. 1–10.
- KRISTIANI, A. O. (2020). Pengaruh Empati Dan Regulasi Emosi Terhadap Agresivitas Pada Anak Usia Dini. Eprints.Uny.Ac.Id, 1–2. https://eprints.uny.ac.id/70463/1/fulltext_anggun oktavia kristiani_16717251016.pdf
- Makassar, U. M., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Pendidikan, J., Pendidikan, G., & Usia, A. (2021). Implementasi metode bermain peran dalam meningkatkan aspek emosional anak di tk islam uminda kota makassar skripsi.
- Memenuhi, U., Persyaratan, S., Gelar, M., Profesi, M., & Pendidikan, P. B. (n.d.). PENGARUH DONGENG DAN BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI PADA ANAK USIA DINI ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.
- Mita, H., & Qalbi, Z. (2020). JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial). Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(2), 83–88. https://pdfs.semanticscholar.org/4a6f/6c113bdff39a4c5d5abb33a4ab287459220e.pdf
- Mulyati, I., Yuniarni, D., & Miranda, D. (n.d.). PELAKSANAAN METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.
- Mumpuniarti. (1993). Penanganan Anak Berkesulitan Belajar Spesifik (Dmo) Di Sekolah Dasar. In Cakrawala Pendidikan (Vol. 3, hal. 95–105).
- Murtiyasa, B., & Sari, N. K. P. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Bilangan Berdasarkan Taksonomi Bloom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2059. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5737
- Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68.
- Pendidikan, K., Jenderal, D., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, D., & Usia, A. (2022). Secara Mandiri.
- Purnama Putri, W., Kusumastuti, N., & Wijayanti, A. (2022). Peran Guru Laki-Laki Pada Lembaga PAUD Ditinjau dari Perspektif Fungsi Afeksi di Tk Aisyiah Bustanul Athfal 1 Ngawi. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 88–99. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1792
- Putu, N., Diantari, M., Agung, A., & Agung, G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index
- Qadafi, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. In Sanabil.
- Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Nomor 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875
- Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293
- Sofa Nur Hidayah, D., & Wijaya Kuswanto, C. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak An-Nahl Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
- Srihayati, H. (2016). Penerapan Metode Bermain Perandalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasaanak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika 1-4 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3686
- Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
- Sundawa, M. M., & Martadi. (2021). Pendidikan Seni Bagi Anak Usia Dini : Menggambar Sebagai Media Katarsis Afeksi Anak. 9(3), 198–209.
- Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
- Wahyudi, M. (n.d.). JURNAL ABDI MAS ADZKIA Peningkatan Afeksi Anak Usia Dini melalui Dongeng dengan Alat Peraga. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/adzkia/index
- Wijaya, E. (2020). Identifikasi Dan Intervensi Gangguan Belajar Spesifik Pada Anak. Damianus: Journal of Medicine, 19(1), 70–79. https://doi.org/10.25170/djm.v19i1.1279
- Zandika Aan. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Di Ra Perwanida 1 Bandar Lampung. Generasi Emas, 2(1), 47.
References
Almutairi, B. A., Alraggad, M. A., & Khasawneh, M. (2020). The impact of Servant Leadership on Organizational Trust: The Mediating Role of Organizational Culture. European Scientific Journal ESJ, 16(16), 1–10. https://doi.org/10.19044/esj.2020.v16n16p49
Arti, A., & Afektif, K. (n.d.). Pengembangan Afektif Anak Usia Dini BAB I PENGEMBANGAN AFEKTIF ANAK USIA DINI.
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Kebutuhan Afeksi. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang, 3(1980), 103–111.
Aulina, C. N., Universitas, P., & Sidoarjo, M. (2014). Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(1), 2.
Budyawati, L. P. I., & Hartanto, W. (2017). Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di Paud Sekarwangi Desa Bangorejo Banyuwangi 2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 24. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6331
Cekaite, A., & Bergnehr, D. (2018). Affectionate touch and care: embodied intimacy, compassion and control in early childhood education. European Early Childhood Education Research Journal, 26(6), 940–955. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1533710
Damayanti, R. R., CH, M., & Hapidin, H. (2018). Pengaruh Bermain Peran Mikro terhadap Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 34. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.5
Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68–79.
Ghofur, M. A. (2008). Ma Nu Nurul Huda Mangkang Tugu Semarang.
Gusti, N., Made, A., & Lestari, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga “Widya Suputra” Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 23–30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index
Halida. (2011). Metode Bermain Peran dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 tahun). Cakrawala Kependidikan, 9(1), 27–34. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/download/270/275
Kania, N. (2006). UNTUK Oleh : dr . Nia Kania , SpA ., MKes. 1–10.
KRISTIANI, A. O. (2020). Pengaruh Empati Dan Regulasi Emosi Terhadap Agresivitas Pada Anak Usia Dini. Eprints.Uny.Ac.Id, 1–2. https://eprints.uny.ac.id/70463/1/fulltext_anggun oktavia kristiani_16717251016.pdf
Makassar, U. M., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Pendidikan, J., Pendidikan, G., & Usia, A. (2021). Implementasi metode bermain peran dalam meningkatkan aspek emosional anak di tk islam uminda kota makassar skripsi.
Memenuhi, U., Persyaratan, S., Gelar, M., Profesi, M., & Pendidikan, P. B. (n.d.). PENGARUH DONGENG DAN BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI PADA ANAK USIA DINI ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.
Mita, H., & Qalbi, Z. (2020). JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial). Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(2), 83–88. https://pdfs.semanticscholar.org/4a6f/6c113bdff39a4c5d5abb33a4ab287459220e.pdf
Mulyati, I., Yuniarni, D., & Miranda, D. (n.d.). PELAKSANAAN METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.
Mumpuniarti. (1993). Penanganan Anak Berkesulitan Belajar Spesifik (Dmo) Di Sekolah Dasar. In Cakrawala Pendidikan (Vol. 3, hal. 95–105).
Murtiyasa, B., & Sari, N. K. P. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Bilangan Berdasarkan Taksonomi Bloom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2059. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5737
Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68.
Pendidikan, K., Jenderal, D., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, D., & Usia, A. (2022). Secara Mandiri.
Purnama Putri, W., Kusumastuti, N., & Wijayanti, A. (2022). Peran Guru Laki-Laki Pada Lembaga PAUD Ditinjau dari Perspektif Fungsi Afeksi di Tk Aisyiah Bustanul Athfal 1 Ngawi. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 88–99. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1792
Putu, N., Diantari, M., Agung, A., & Agung, G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index
Qadafi, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. In Sanabil.
Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Nomor 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875
Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293
Sofa Nur Hidayah, D., & Wijaya Kuswanto, C. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak An-Nahl Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Srihayati, H. (2016). Penerapan Metode Bermain Perandalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasaanak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika 1-4 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3686
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Sundawa, M. M., & Martadi. (2021). Pendidikan Seni Bagi Anak Usia Dini : Menggambar Sebagai Media Katarsis Afeksi Anak. 9(3), 198–209.
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Wahyudi, M. (n.d.). JURNAL ABDI MAS ADZKIA Peningkatan Afeksi Anak Usia Dini melalui Dongeng dengan Alat Peraga. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/adzkia/index
Wijaya, E. (2020). Identifikasi Dan Intervensi Gangguan Belajar Spesifik Pada Anak. Damianus: Journal of Medicine, 19(1), 70–79. https://doi.org/10.25170/djm.v19i1.1279
Zandika Aan. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Di Ra Perwanida 1 Bandar Lampung. Generasi Emas, 2(1), 47.