Main Article Content

Abstract

Banyaknya anak usia dini yang belum mengenal konsep bilangan seperti menghitung, membandingkan, mengurutkan dan mengenal  lambang bilangan yang berdampak pada kecakapan hidup anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan Anak Usia Dini melalui kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Money Card. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart dengan subjek peneliti sejumlah 6 anak kelompok B usia 5-6 tahun. Data diperoleh melalui observasi (checklist) dari kemampuan konsep bilangan anak dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Money Card dilakukan dua siklus pada setiap siklus terdapat dua tindakan. Peningkatan dilihat pada hasil penelitian. Pada kondisi awal, kriteria Belum Berkembang (BB) sejumlah 5 anak (83,333%) . Mulai Berkembang (MB) sejumlah 1 anak (16,666%). Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 0 anak (0%). Berkembang Sangat Baik (BSB) 0 anak (0%), sedangkan pada kondisi hasil penelitian akhir kriteria Belum Berkembang (BB) 0 anak (0%). Mulai Berkembang (MB) sejumlah 0 anak (0%). Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sejumlah 1 anak (16,666%). Berkembang Sangat Baik (BSB) sejumlah 5 anak (83,333%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Monay Card dapat meningkatkan penguasaan konsep bilangan Anak Usia Dini.

Keywords

Apek Perkembangan Kognitif Konsep Bilangan Market Day Buy-Pay Money Card

Article Details

Author Biographies

Sinta Nuraeni, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

Idat Muqodas, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

Hayani Wulandari, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

How to Cite
Nuraeni, S., Muqodas, I., & Wulandari, H. (2023). Penerapan Konsep Bilangan Untuk Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Menggunakan Buy-Pay Money Card. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 347–360. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.347-360

References

  1. Astuti, E. M., Novianti, R., & Febrialismanto, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Animals Manipulatife Lotto Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Alfarizky Kids Kabupaten Kampar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 97-107. Dapat diakses: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/869
  2. Hasanah, U. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9-19. Dapat diakses: https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1599
  3. Hasbi, M., Dkk (2020). “Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak di Rumah”. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia”.
  4. Jaknis. (2017). “Penelitian Tindakan Kelas”. Bandung: Alfabeta
  5. Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan hasil penilaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-83.
  6. Komariah, H. Memperkenalkan Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal: Cakrawala Dini, 4(2),87-95
  7. Kurnianingsih, S. (2020). “ Bermain Matematika yang Menyenangkan dengan Anak di Rumah” Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kemudayaan
  8. Lahallo, F. F., Rupilele, F. G., Muskita, S. M., Ferdinandus, A. Y., & Pakpahan, R. R. (2022). Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong. J-Depace Journal: of Dedication to Papua Community, 5(2), 42-56. doi: https://doi.org/10.34124/jpkm.v5i2.118
  9. Langgi, N. R & Susilaningsih. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429-2438.
  10. Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal:Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 432-438. doi: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p
  11. Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26-36. Dapat diakses: https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/14161
  12. Novikasari, I. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunya jurnal: Pendidikan Anak, 2 (1), 1–20.
  13. Rahman, T., Sumardi & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128. doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167
  14. Roliana, E. (2018). “Urgensi pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini”. Dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasa ‘Tema Menyongsong Transformasi pendidikan abad 21’ (hlm. 418). Jakarta: Universitas Negara Jakarta.
  15. Sandri, M. (2016). Pengembangan Siswa Melalui Edukasi Keunagan Sejak Dini Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Menelola Uang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1 No. 1, pp . 290-295)
  16. Sugianti, S., Dewi, R. S. I., & Maemunah, S. (2020). Upaya menumbuhkan enterpreneurship anak usia dini melalui kegiatan market day pada kelompok B TK Aqila Yasmin Ceper Klaten. Sentra Cendekia, 1(2), 52-56. Dapat diakses: https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1296
  17. Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Hitung pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4 (3), 1-13. doi: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i3.277
  18. Toala, D. S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2020, November). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran (Perbandingan Lebih Dari-Kurang Dari) melalui Media Manipulatif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 91-98).
  19. Zulkarnain, Z., & Akbar, E. (2018). Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tkit an-Najah Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 391-400. doi: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.20