Main Article Content

Abstract

Banyaknya anak usia dini yang belum mengenal konsep bilangan seperti menghitung, membandingkan, mengurutkan dan mengenal  lambang bilangan yang berdampak pada kecakapan hidup anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan Anak Usia Dini melalui kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Money Card. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart dengan subjek peneliti sejumlah 6 anak kelompok B usia 5-6 tahun. Data diperoleh melalui observasi (checklist) dari kemampuan konsep bilangan anak dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Money Card dilakukan dua siklus pada setiap siklus terdapat dua tindakan. Peningkatan dilihat pada hasil penelitian. Pada kondisi awal, kriteria Belum Berkembang (BB) sejumlah 5 anak (83,333%) . Mulai Berkembang (MB) sejumlah 1 anak (16,666%). Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 0 anak (0%). Berkembang Sangat Baik (BSB) 0 anak (0%), sedangkan pada kondisi hasil penelitian akhir kriteria Belum Berkembang (BB) 0 anak (0%). Mulai Berkembang (MB) sejumlah 0 anak (0%). Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sejumlah 1 anak (16,666%). Berkembang Sangat Baik (BSB) sejumlah 5 anak (83,333%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Monay Card dapat meningkatkan penguasaan konsep bilangan Anak Usia Dini.

Article Details

How to Cite
Nuraeni, S. N. (2023). Penerapan Konsep Bilangan Untuk Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day Menggunakan Buy-Pay Money Card. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 347–360. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.347-360

References

  1. Jaknis. (2017). “Penelitian Tindakan Kelas”. Bandung: Alfabeta
  2. KW, Lestari. (2011). Konsep matematika untuk anak usia dini. Direktor Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktor Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementrisn Pendidikan Indonesia.
  3. Rahman, T., Sumardi & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128. doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167
  4. Roliana, E. (2018). “Urgensi pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini”. Dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasa ‘Tema Menyongsong Transformasi pendidikan abad 21’ (hlm. 418). Jakarta: Universitas Negara Jakarta.
  5. Toala, D. S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2020, November). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal konsep ukuran (perbandingan lebih dari-kurang dari) melalui media manipulatif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 91-98)
  6. Unsrini, U., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Media Nyata Pada Anak Usia 4–5 Tahun. (Doctoral dissertation, Tanjungpura University). Fkip Untan. Pontianak.
  7. Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan hasil penilaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-83.
  8. Komariah, H. Memperkenalkan Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal: Cakrawala Dini, 4(2),87-95
  9. Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal:Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 432-438. doi: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p
  10. Novikasari, I. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunya jurnal: Pendidikan Anak, 2 (1), 1–20.
  11. Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Hitung pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4 (3), 1-13. doi: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i3.277
  12. Zulkarnain, Z., & Akbar, E. (2018). Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tkit an-Najah Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 391-400. doi: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.20