Main Article Content
Abstract
Banyaknya anak usia dini yang belum mengenal konsep bilangan seperti menghitung, membandingkan, mengurutkan dan mengenal lambang bilangan yang berdampak pada kecakapan hidup anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan Anak Usia Dini melalui kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Money Card. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart dengan subjek peneliti sejumlah 6 anak kelompok B usia 5-6 tahun. Data diperoleh melalui observasi (checklist) dari kemampuan konsep bilangan anak dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Money Card dilakukan dua siklus pada setiap siklus terdapat dua tindakan. Peningkatan dilihat pada hasil penelitian. Pada kondisi awal, kriteria Belum Berkembang (BB) sejumlah 5 anak (83,333%) . Mulai Berkembang (MB) sejumlah 1 anak (16,666%). Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 0 anak (0%). Berkembang Sangat Baik (BSB) 0 anak (0%), sedangkan pada kondisi hasil penelitian akhir kriteria Belum Berkembang (BB) 0 anak (0%). Mulai Berkembang (MB) sejumlah 0 anak (0%). Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sejumlah 1 anak (16,666%). Berkembang Sangat Baik (BSB) sejumlah 5 anak (83,333%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Market Day menggunakan Buy-Pay Monay Card dapat meningkatkan penguasaan konsep bilangan Anak Usia Dini.
Article Details
Copyright (c) 2023 Sinta Nuraeni, Idat Muqodas, Hayani Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Jaknis. (2017). “Penelitian Tindakan Kelas”. Bandung: Alfabeta
- KW, Lestari. (2011). Konsep matematika untuk anak usia dini. Direktor Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktor Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementrisn Pendidikan Indonesia.
- Rahman, T., Sumardi & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128. doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167
- Roliana, E. (2018). “Urgensi pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini”. Dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasa ‘Tema Menyongsong Transformasi pendidikan abad 21’ (hlm. 418). Jakarta: Universitas Negara Jakarta.
- Toala, D. S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2020, November). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal konsep ukuran (perbandingan lebih dari-kurang dari) melalui media manipulatif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 91-98)
- Unsrini, U., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Media Nyata Pada Anak Usia 4–5 Tahun. (Doctoral dissertation, Tanjungpura University). Fkip Untan. Pontianak.
- Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan hasil penilaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-83.
- Komariah, H. Memperkenalkan Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal: Cakrawala Dini, 4(2),87-95
- Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal:Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 432-438. doi: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p
- Novikasari, I. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunya jurnal: Pendidikan Anak, 2 (1), 1–20.
- Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Hitung pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4 (3), 1-13. doi: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i3.277
- Zulkarnain, Z., & Akbar, E. (2018). Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tkit an-Najah Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 391-400. doi: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.20
References
Jaknis. (2017). “Penelitian Tindakan Kelas”. Bandung: Alfabeta
KW, Lestari. (2011). Konsep matematika untuk anak usia dini. Direktor Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktor Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementrisn Pendidikan Indonesia.
Rahman, T., Sumardi & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128. doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167
Roliana, E. (2018). “Urgensi pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini”. Dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasa ‘Tema Menyongsong Transformasi pendidikan abad 21’ (hlm. 418). Jakarta: Universitas Negara Jakarta.
Toala, D. S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2020, November). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal konsep ukuran (perbandingan lebih dari-kurang dari) melalui media manipulatif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 91-98)
Unsrini, U., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Media Nyata Pada Anak Usia 4–5 Tahun. (Doctoral dissertation, Tanjungpura University). Fkip Untan. Pontianak.
Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan hasil penilaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-83.
Komariah, H. Memperkenalkan Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal: Cakrawala Dini, 4(2),87-95
Lasmini, L., & Windarsih, C. A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal:Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 432-438. doi: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p
Novikasari, I. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunya jurnal: Pendidikan Anak, 2 (1), 1–20.
Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Hitung pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4 (3), 1-13. doi: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i3.277
Zulkarnain, Z., & Akbar, E. (2018). Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tkit an-Najah Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 391-400. doi: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.20