Main Article Content

Abstract

Dalam pendidikan formal tidak menutup kemungkinan terdapat anak yang memiliki keterbatasan, contohnya seperti anak penyandang low vision. Maka, sebagian pendidik harus berusaha agar anak dapat memahami materi yang telah disampaikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola belajar bagi anak low vision usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek anak penyandang low vision usia 5-6 tahun. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada aktivitas pembelajaran anak di lingkungan sekolah. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber data. Statement dari guru dicocokkan dengan observasi pada anak selama pembelajarn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar anak low vision dilakukan melalui terbimbing oleh pendidik. Pendidik memberikan pendampingan secara intensif terhadap anak low vision dibantu dengan penggunaan media audio-visual. Pada pola belajar mandiri, kelompok dan tutor sebaya tidak efektif digunakan dalam pembelajaran sehingga level tutor perlu lebih tinggi yaitu membutuhkan pendidik.

Keywords

anak usia dini, low vision, pola belajar, anak usia dini low vision pola belajar

Article Details

Author Biographies

Oktarina Dwi Handayani, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

 

Riedha Silla Rizkya, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

 

How to Cite
Handayani, O. D., & Rizkya, R. S. (2023). Pola Belajar Anak Penyandang Low Vision Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 273–280. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.273-280

References

  1. Amka. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
  2. Andalangi, Y., Hafid, R., Maruwae, A., Saleh, S. E., & Bahsoan, A. (2022). Pengaruh Pola Belajar dan Frekuensi Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negri 1 Kaidipang. AKSARA: Jurnal Pendidikan Nonformal, 2115.
  3. Ardianto, Halimah, N., & Susilowati, W. E. (2020). Pla Belajar Mahasiswa Pekerja Part Time (Studi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado). Islamic Education Journal.
  4. Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 253.
  5. Asiyah, D. (2018). Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Prophetic, 70-77.
  6. Dewi, A. D., & Pratisti, W. D. (2022). Miopia pada Anak Kembar Penyandang Low vision. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3981-3991.
  7. Dewi, D. M. (2020). Mengefektifkan Model Small Group Discussin (Diskusi Kelompok Kecil) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Hindu Peserta Didik Kelas IV Semester Dua Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri Mataram. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32.
  8. Fauzia, F. M., Musa, I. R., & Saroinsong, H. E. (2022). Patient Characteristics and The Causes of Low Vision at Pajajaran SLB. Jurnal Ilmu Faal Olahraga, 34.
  9. Febrita, P. A. (2015). Efektivitas Media Video Dalam Meningkatkan Keterampilan Memasang Jilbab Segi Empat Bagi Anak Low Vision X. Jurnal Ilmiah Pendidikan .
  10. Fedi, S., Blikololong, M. H., & Jerama, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Prrestasi Belajar Siswa Kelas VII pada Pokok Bahasab Segi Empat Semester II SMPK Immaculata Ruteng Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 93-95.
  11. Hadzami , S., & Maknun, L. (2022). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 124.
  12. Hazhari, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Az-Zahra Lewat Metode Diskusi Kelompok. Jurnal TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 4.
  13. Hidayat, A. A., & Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta : PT. LUXIMA METRO MEDIA.
  14. Hulukati, W. (2011). Pengembangan Model Bahan Belajar Mandiri Berbasis Andragogi untuk Meningkatkan Kompetrnsi Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Visi , 204.
  15. Jamhuri, M. (2019). Efektivitas Metode Memotivasi Studi Murid dengan Cara Problem Solving Khusus Pembelajaran Materi Ilmu Fiqih di Madrasah Aliyah "Miftahul Ulum" Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan Kelas XI, Tahun Pelajaran 2018-2019. Al-Murabbi, 205.
  16. Khaeroh, I., Advelia, F., Rosyid, A., & Supena, A. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif untuk Siswa dengan Hambatan Penglihatan (Low Vision) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 12-13.
  17. Kholil, M. (2022). Pemeriksaan Refraksi Subketif pada Penderita Presbiopia dengan Status Refraksi Hipermetropia di Optik Pandanaran Semarang. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 43.
  18. Laila, N., Febriyanni, R., & Syarifah. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Mata Pelajaran Al'quran Hadits Kelas VIII MTS Darul Arafah. CENDIKIA, 117.
  19. Octaviana, S. (2019). Jalur Trotoar Responsif Penyandang Low Vision: Studi Kasus Pasar Baru Bandung. Journal of Disability Studes, 315-323.
  20. Pahleviannur, M. R., Grave, A. D., Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, D., Hafrida, L., & Bano, V. O. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
  21. Racman, R., & Morotami, S. (2020). Sistem Pakar Deteksi Penyakit Refraksi Mata Dengan Metode Teorema Bayes Berbasis Web. JURNAL INFORMATIKA, 68-76.
  22. Rakhman, A., & Alam, S. K. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh dalam Meningkatkan Life Skill pada Anak Usia dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 10.
  23. Rohayati. (2018). Simulasi Kelainan Hipermetropia yang Berhubungan dengan Kinerja Akademik pada Siswa Sekolah Dasar Swasta Jembar Bandung Tahun 2018. Jurnal Mitra Pendidikan, 789-805.
  24. Rohayati. (2018). Simulasi Kelainan Hipermetropia Yang Berhubungan Dengan Kinerja Akademik Pada Siswa Sekolah Dasar Swasta Jembar Bandung Tahun 2018. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 789-805.
  25. Sari, C. M., Fajrie, N., & Khamdun. (2022). Pola Belajar Anak Pekerja Pabrik Garment dalam Pembimbingan Orang Tua. Jurnal Educatio, 1136-1137.
  26. Susanti, D. (2021). Hubungan Antara Vitamin A dan Pencahayaan Terhadap Terjadinya Astigmat. Jurnal Kesehatan Terapan, 10.
  27. Susanti, D. (2023). Determinan Kejadian Miopia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Aisyiyah Medika, 245.
  28. Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, 103-104.
  29. Yuliyanto, A., Wahyudi, B. D., & Estriyanto, Y. (2013). Pengaruh Intensitas dan Pola Belajar Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendiddikan Teknik Mesin.