Main Article Content

Abstract

Perkembangan literasi pada anak terkait dengan kesiapan menulis anak. Kesiapan menulis penting bagi anak karena ketika anak mengalami kesulitan menulis biasanya anak akan cenderung menghindari atau menolak berbagai kegiatan motorik halus dan yang menggunakan pensil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media digital terhadap kesiapan menulis anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dipilih agar dapat memperoleh data hasil eksplorasi tentang kesiapan menulis anak yang memiliki intensitas tinggi dalam menggunakan media digityal. Responden penelitian yaitu orang tua dan guru anak usia dini. Sumber data pada penelitian ini adalah 59 orang anak yang orang tuanya menjadi responden dalam mengisi kuisioner memberikan jawaban bahwa usia anak yang paling tinggi dalam penggunaan media digital pada anak usia 5 tahun. Dari survei dipilih 4 orang anak yang memiliki intensitas tinggi dalam menggunakan media digital seperti gadget dari 3 jam hingga lebih dari 4 jam dalam sehari yang akan menjadi subjek penelitian mengenai kesiapan menulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak yang memiliki intesitas tinggi dalam penggunaan media digital yang berlebihan memiliki kesiapan menulis yang rendah

Keywords

Media Digital Kesiapan Menulis Kesiapan Menulis Media Digital

Article Details

Author Biographies

Emisa Reski Rusawalsep, Universitas Negeri Jakarta

 

 

 

Sri Wulan, Universitas Negeri Jakarta

 

 

Herlina Usman, Universitas Negeri Jakarta

 

 

How to Cite
Rusawalsep, E. R., Sri Wulan, & Usman, H. (2023). Kesiapan Menulis Anak Dengan Penggunaan Media Digital. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 292–303. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.292-303

References

  1. Andika, W. D., Utami, F., Sumarni, S., & Harini, B. (2022). Keterampilan Penting Sebelum Anak Siap Menulis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2519–2532. https://doi.org/10.31004/Obsesi.V6I4.1973
  2. Annandale, R. (2019). Pre-handwriting Skills Learners Should Master at the Geginning of Grade 1. Literacy Information and Computer Education Journal, 10(3), 3258–3263. https://doi.org/10.20533/LICEJ.2040.2589.2019.0428
  3. APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). (2023). Survei Penetrasi & Perilaku Internet 2023.
  4. Badan Pusat Statistik. (2022). Profil Anak Usia Dini. https://doi.org/4103021
  5. Badri, M., Alnuaimi, A., Al Rashedi, A., Yang, G., & Temsah, K. (2017). School children’s use of digital devices, social media and parental knowledge and involvement – the case of Abu Dhabi. Education and Information Technologies,. https://doi.org/22(5), 2645-2664.
  6. Danby, S. J., Fleer, M., Davidson, C., & Hatzigianni, M. (2018). Digital Childhoods Across Contexts and Countries. International Perspectives on Early Childhood Education and Development, 22, 1–14. https://doi.org/10.1007/978-981-10-6484-5_1/COVER
  7. Dinehart, L. H. (2015). Handwriting in early childhood education: Current research and future implications. Journal of Early Childhood Literacy, 15(1), 97–118. https://doi.org/10.1177/1468798414522825
  8. Duiser, I. H. F., Ledebt, A., van der Kamp, J., & Savelsbergh, G. J. P. (2020). Persistent handwriting problems are hard to predict: A longitudinal study of the development of handwriting in primary school. Research in Developmental Disabilities, 97. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2019.103551
  9. Helena, D. (2013). Association of Screen Time Use and Language Development in Hispanic Toddlers: A Cross-Sectional and Longitudinal Study. Heilbrunn Department of Population and Family Health, Mailman School of Public Health, Columbia University,. https://doi.org/10.1177/0009922813492881
  10. Ihmeideh, F., & Alkhawaldeh, M. (2017). Teachers’ and parents’ perceptions of the role of technology and digital media in developing child culture in the early years. Children and Youth Services Review, 77, 139–146. https://doi.org/10.1016/J.Childyouth.2017.04.013
  11. Ketko, T. (2020). Training Professional Humanitiesâ€TM Teachers: A Controversial Study about Generic Methods. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8), 1–15. https://doi.org/10.26803/IJLTER.19.8.1
  12. Kumpulainen, K., Sairanen, H., & Nordström, A. (2020). Young children’s digital literacy practices in the sociocultural contexts of their homes. Journal of Early Childhood Literacy, 20(3), 472–499. https://doi.org/10.1177/1468798420925116/asset/images/large/10.1177_1468798420925116-FIG3.JPEG
  13. McCloskey, M., & Rapp, B. (2017). Developmental dysgraphia: An overview and framework for research. Cognitive Neuropsychology, 34(3–4), 65–82. https://doi.org/10.1080/02643294.2017.1369016
  14. Montessori, M. (1965). Dr. Montessori’s Own Handbook: A Short Guide to Her Ideas and Materials. Schocken Books.
  15. Ofcom. (2023). Children and parents: media use and attitudes. https://www.ofcom.org.uk/research-and-data/media-literacy-research/childrens/children-and-parents-media-use-and-attitudes-report-2022
  16. Sheedy, A. J., Brent, J., Dally, K., Ray, K., & Lane, A. E. (2021). Handwriting Readiness among Digital Native Kindergarten Students. Https://Doi.Org/10.1080/01942638.2021.1912247, 41(6), 655–669. https://doi.org/10.1080/01942638.2021.1912247
  17. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  18. Sukmawati, B., & Psi, M. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun Di Tk Buah Hati Kita. Speed Journal : Journal of Special Education, 3(1), 51–60. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/speed/article/view/204
  19. T. P Sari, & A. A. M. (2016). Pengaruh penggunaan gadget terhadap personal sosial anak usia pra sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi, 13(2), 72–78.
  20. Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130