Jurnal Amplifier

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL AMPLIFIER : JURNAL ILMIAH BIDANG TEKNIK ELEKTRO DAN KOMPUTER?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk Penulisan Artikel Pada Jurnal Amplifier Program Studi

Teknik Elektro Universitas Bengkulu

 

 

Penulis 11*, Penulis 22

 

1Afiliasi Penulis Pertama, *E-mail

2Afiliasi Penulis Kedua

 

 

ABSTRAK

Abstrak berisi tidak lebih dari 200 (dua ratus) kata, ditulis dalam satu paragraf dan diikuti dengan paling sedikit  3  (tiga)  buah  kata  kunci.  Abstrak  ditulis dalam bahasa Inggris.

Kata kunci: Abstrak, paragraf, bahasa inggris

 

1. PENDAHULUAN

 

Jurnal Amplifier diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun  pada  setiap  bulan  Mei  dan  Nopember.  Draft naskah harus sudah diterima redaksi dua bulan sebelum waktu penerbitan. Naskah yang akan diharuskan mengikuti petunjuk penulisan yang ditetapkan.  Redaksi berhak menyunting naskah yang diterima dengan tidak mengubah isi dan makna dari naskah tersebut.

Artikel harus karya asli penulis dan belum pernah diterbitkan pada media apapun. Setiap naskah yang masuk akan dinilai secara peer-review. Redaksi berhak menerima,   menolak,   atau   meminta   perubahan   atas naskah kepada penulis.

 

2. FORMAT PENULISAN

 

A. Struktur Artikel

Setiap artikel harus dituliskan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris baku yang sesuai dengan kaidah tata bahasa.

Bagian utama dari artikel terdiri atas:

1.  Abstrak

2.  Pendahuluan

3.  Kerangka teoritis dan pengembangan hipotesis

4.  Metode riset

5.  Hasil dan pembahasan

6.  Penutup

7.  Referensi

Ucapan terima kasih (acknowledgment), jika ada, dapat ditambahkan pada bagian akhir naskah sebelum bagian penutup.

 

B. Pengesetan Halaman

Naskah  artikel  diterima  dalam  bentuk  softcopy yang ditulis maksimal 8 (delapan) halaman dengan ukuran kertas A4 dalam format MS Office Word 2003 (.doc). Naskah tidak diberi nomor halaman dan tidak menggunakan header atau footer.


 

TABEL 1

ATURAN PEMFORMATAN TEKS

 

Pengaturan       Ukuran                Format

Judul                        18 pt      Plain, center, Title-Case Nama penulis           12 pt               Plain, center Institusi                    10 pt               Italic, center

Judul bagian            11 pt      Bold, small-caps, center

Judul subbagian       10 pt             Bold, numbered Abstrak                    10 pt              Bold, justified Isi                             10 pt              Plain, justified Judul tabel                9 pt             Plain, small-caps Judul gambar            9 pt            Plain, bottom-left Referensi                  9 pt             Plain, numbered

 

Batas-batas tepi  halaman ditentukan sebagai berikut:

 

1.  Tepi atas             : 25 mm

2.  Tepi bawah         : 20 mm

3.  Tepi kiri              : 20 mm

4.  Tepi kanan          : 20 mm

5.  Awal paragraf     : 7,5 mm

 

Pada bagian awal naskah berisi judul artikel, nama penulis, dan instansi penulis dalam format 1 kolom. Pada bagian selanjutnya memuat isi artikel dengan format 2 kolom per halaman. Jarak antar kolom adalah 8 mm.

 

C. Pengaturan Teks

Naskah dituliskan dengan jarak antar baris 1,15 spasi menggunakan huruf Times New Roman dengan format sesuai dengan Tabel 1.

Antara judul bagian atau sub judul bagian dengan teks di atasnya diberi tambahan jarak sebesar 6 pt. Jarak antara judul bagian dengan kalimat di bawahnya adalah

1,5 spasi. Antara bagian bawah tabel dan bagian bawah gambar dengan kalimat di bawahnya diberi tambahan jarak sebesar 6 pt.

 

D. Tabel dan Gambar

Tabel dan gambar diletakkan di tengah kolom atau halaman (untuk tabel atau gambar halaman penuh). Setiap tabel dan gambar harus diberi nomor dan judul. Penomoran tabel dan gambar diurutkan berdasarkan urutan kemunculan pada tulisan. Nomor dan judul tabel diletakkan di atas tabel (nomor dan judul tabel ditulis pada baris terpisah) seperti diperlihatkan pada Tabel 1.

 

 

Gambar 1. Algoritma space vector [1]

 

 

Gambar 2. Hasil simulasi tegangan keluaran dari inverter satu fasa

 

Gambar harus dibuat dalam format hitam putih dengan kontras yang baik sehingga terlihat jelas sewaktu dicetak. Nomor dan judul gambar dituliskan terangkai dan diletakkan di bawah gambar. Contoh penempatan diperlihatkan pada Gambar 1 dan Gambar 2.

Tabel yang tidak dapat dituliskan dalam satu kolom dapat  dimuat  pada  halaman penuh, dengan  ketentuan tabel tersebut harus diletakkan pada bagian paling atas halaman. Gambar harus ditampilkan dalam satu kolom kecuali merupakan bagian yang sangat penting dan harus disajikan dalam halaman penuh, dengan ketentuan gambar harus diletakkan pada bagian paling atas halaman.

 

E. Penulisan Persamaan

Setiap persamaan harus dituliskan menggunakan Microsoft Equation 3.0 atau MathType. Ukuran huruf disesuaikan dengan ukuran teks. Nomor persamaan dituliskan dalam tanda kurung pada sisi kanan kolom. Sangat  diharapkan  untuk  TIDAK MENGGUNAKAN equation editor default MS Office Word 2007. Contoh penulisan diperlihatkan pada Persamaan (1).

di


F. Kutipan dan Sumber Pustaka

Kutipan  langsung  atau  pernyataan  yang  diambil dari suatu referensi harus mencantumkan sumber pustaka yang diacu dalam bentuk nomor indeks referensi dalam tanda kurung siku [1]. Nomor indeks referensi diurutkan berdasarkan kemunculan pada tulisan [2].

 

3. PERNYATAAN KEASLIAN

 

Penulis  harus  menyertakan  tanda  tangan  pada kertas yang bertuliskan informasi sebagai berikut:

 

Pernyataan

 

1.  Saya menyatakan bahwa makalah saya yang berjudul

………………   adalah    asli    dan    tidak    pernah dipublikasikan di tempat lain.

2.  Dengan publikasi, saya kirimkan hak cipta kepada Jurnal Amplifier. Transfer hak cipta termasuk di dalamnya hak  untuk  mereproduksi fotografi untuk artikel sejenis dan terjemahannya. Hal ini juga termasuk  dalam  hak   untuk  memasukkan  artikel dalam sistem komputer untuk disebarluaskan dalam jaringan internet dsb.

 

………….., ………….. 20….

Penulis, (tanda tangan) Nama Lengkap

 

4. CONTOH PENULISAN REFERENSI

 

[1] Zuhal,  “Dasar  Teknik  Tenaga  Listrik  dan  Elektronika

Daya”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2000.

[2] S.  Chapman,  “Electric  Machinery  Fundamentals”,  Edisi keempat, McGraw-Hill, New York, 2005.

[3] N. Mohan, T. Undeland, W. Robbins, “Power Electronics: Converters, Applications and Design”, Edisi kedua, John Wiley & Son Inc., New York, 1995.

[4] P. Hasibuan, M. Ashari, dan Soebagio, “Kendali Kecepatan dan Pembatas Arus pada Motor DC Shunt Menggunakan Logika Fuzzy”, Prosiding Seminar on Intelligent Technology and Its  Applications (SITIA), hal. 215-220,

2008.

[5] A.  Oliveira,  A.  Lima,  dan  C.  Jacobina,  “Varying  the Switching Frequency to Compensate the Dead-time in Pulse-Width Modulated Voltage Source Inverter”, IEEE

Trans. on Power Electronics, hal. 244-249, 2002.

 

Vt   ea


Ra ia


La


      a  

dt


(1)

 

Keterangan:

Vt   = tegangan terminal (volt)

Ra  = tahanan jangkar (ohm)

La   = induktansi jangkar (henry)

ia     = arus jangkar (ampere)

ea    = tegangan terbangkitkan pada jangkar (volt)

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.