Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Kaganga?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

JUDUL ARTIKEL DALAM BAHASA INDONESIA

(14 pt, Times New Roman)

 

ENGLISH TITLE (Disesuaikan Dengan Judul Bahasa Indonesia)

 (14 pt, Times New Roman)

 

 

Penulis Pertama, Penulis Kedua, Penulis Ketiga (12 pt, Times New Roman)

*penulisan nama tanpa gelar akademik

 

  1. 1.       Asal Institusi Penulis Pertama, email (10 pt, Cambria)
  2. 2.       Asal Institusi Penulis Kedua, email (10 pt, Cambria)
  3. 3.       Asal Institusi Penulis Ketiga, email (10 pt, Cambria)

 

 

Abstract

Abstract should write in English and Bahasa with Font size 12, Times New Roman, and single spacing. Abstract should write with simple and explicit description to describe the main article. The abstract should inform to the reader about the background, purpose of the research, methods, finding, and value of article. Abstract no more than 250 worlds.

 

Keywords : Keyword 1, keyword 2, etc (no more than 5 keywords, with font 11 pt, Times

        New Roman, Italics)

 

Abstrak

Abstrak yang ditulis dalam bentuk bahasa Indonesia menggunakan ukuran 12 pt, dengan jenis huruf times new roman, dan spasi tunggal. Abstrak ditulis di dalam satu paragraf dan tidak lebih dari 250 kata. Abstrak ditulis secara ringkas dengan  tujuan penelitian  sebagai kalimat pertama pada abstrak, masalah utama pada isu tersebut, metode penelitian yang juga mencantumkan cara pengumpulan data, serta analisis, hasil atau temuan penelitian.

 

Kata Kunci : Kata Kunci 1, Kata Kunci 2 (3-5 kata / frasa, Ukuran huruf

           11 pt, Times New Roman)

 

PENDAHULUAN (Font 12, Times New Roman)

Bagian pendahuluan ditulis secara eksplisit yang memuat latar belakang masalah, fokus masalah, tujuan dari penelitian dan teori yang digunakan sebagai dasar analisis. Berisi tentang latar belakang dan tujuan penelitian yang diuraikan dalam paragraf-paragraf tanpa penomoran. (Font 12, Times New Roman, space 1,5)

 

 

 

 

METODE PENELITIAN (Font 12, Times New Roman)

Bagian metode penelitian berisi tentang pendekatan penelitian yang dilakukan, lokasi penelitian, sumber data, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti serta diuraikan dalam paragraf tanpa penomoran. (Font 12, Times New Roman, space 1,5)

 

PEMBAHASAN (Font 12, Times New Roman)

Pada bagian ini memuat mengenai hasil dan analisa penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Penulis dapat membuat sub judul dan penomoran pada bagian ini. Pengutipan dilakukan dengan menggunakan bodynote dan mengacu pada kaidah penulisan dengan style ASA (American Sociology Assosiation). Panjang uraian hasil penelitian dan pembahasan adalah 40-60% dari isi keseluruhan artikel. Tabel, grafik, gambar, maupun kutipan wawancara dapat mengikuti ketentuan sebagai berikut :

  • Kata “Gambar” dan nomor gambar (gunakan 1, 2, 3, …) dapat diletakkan di tengah di bagian atas gambar, diikuti judul gambar dibaris berikutnya. Sumber diletakkan di bagian bawah gambar dan ditulis di bagian tengah.
  • Kata “Tabel” dan nomor tabel (gunakan 1, 2, 3, …) dapat diletakkan di tengah di bagian atas badan tabel, diikuti judul tabel di baris berikutnya. Sumber diletakkan di bagian bawah tabel dan ditulis di bagian tengah. Tabel ditulis dengan spasi tunggal.

 

Tabel 1 Jumlah Penduduk Desa Suka Maju

No

Tahun

Jumlah Penduduk

(Jiwa)

1.

2016

1.567

2.

2017

1.678

3.

2018

1.789

Sumber : Profil Desa Suka Maju, Tahun 2018

 

  • Kutipan wawancara yang digunakan harus jelas dan disertai dengan sumber. Ditulis dengan menggunakan kalimat langsung, spasi tunggal dan dicetak miring.

“ ….partisipasi warga memang sangat dibutuhkan selama pembangunan di Desa ini” (Wawancara dengan Informan XYZ, 20 Oktober 2018)

 

Penulisan pada bagian pembahasan ini menggunakan Font 12, Times New Roman, Spasi 1,5

 

KESIMPULAN

Bagian ini berisi mengenai hasil ringkasan penelitian. Berisi tentang tentang kesimpulan dan saran yang diurakan dalam paragraf  secara jelas.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini berisi mengenai kepustakaan yang digunakan oleh peneliti. Daftar pustaka yang ditulis merupakan sumber referensi yang diacu dalam teks/tulisan. Sumber referensi harus dicantumkan secara lengkap. Pustaka yang digunakan dapat berasal dari buku, jurnal, artikel dan lain-lain. Diketik menggunakan spasi tunggal dan diberi jarak antara setiap sumber pustaka dengan menggunakan spasi 1,5. Disusun dengan menggunakan kaidah penulisan style ASA (American Sociological Assosiation) yang terlampir sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Silakan temukan hak dan lisensi di Jurnal KAGANGA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora


1. Lisensi

Penggunaan artikel ini akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini ditampilkan pada Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.

2. Jaminan Penulis

Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.

3. Hak Pengguna

Jurnal KAGANGA: Ilmu Ilmu Sosial dan Humaniora adalah semangat untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, Jurnal KAGANGA memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan pekerjaan hanya untuk tujuan komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Jurnal KAGANGA untuk mendistribusikan karya dalam jurnal.

4. Hak Penulis

Penulis memiliki hak-hak berikut:

Hak cipta, dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten, Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan, termasuk ceramah dan buku, Hak untuk mereproduksi artikel untuk tujuan sendiri, Hak untuk mandiri arsipkan artikel tersebut, hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (mis., mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora).

5. Co-Authorship

Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulisnya tentang ketentuan persetujuan ini.

6. Pengakhiran

Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora setelah pemberitahuan dua bulan di mana pihak lain secara material telah melanggar perjanjian ini dan gagal untuk memperbaiki pelanggaran tersebut dalam waktu sebulan setelah diberikan pemberitahuan oleh pihak yang mengakhiri. meminta pelanggaran tersebut untuk diatasi. Tidak ada pelanggaran atau pelanggaran perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di dalamnya untuk berakhir secara otomatis atau mempengaruhi definisi Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora


7. Royalti

Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan setiap penggunaan artikel oleh Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora atau sublisensi-nya.

8. Lain-lain

Jurnal KAGANGA: Ilmu Sosial dan Humaniora akan menerbitkan artikel (atau menerbitkannya) di jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan dan Jurnal KAGANGA atau sublisensi-nya telah berkewajiban untuk memiliki artikel yang diterbitkan. Jurnal KAGANGA dapat mengkonfirmasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.