KEPATUHAN PESERTA DIDIK MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN SOP PENGOPERASIAN ALAT ELEKTROKARDIOGRAM (EKG)

Authors

  • Santi Zulmedia Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/labsaintek.v1i2.15424

Keywords:

kepatuhan mahasiswa perawat, Standar Prosedur Operasional (SOP) pengoperasian alat elektrokardiogram ( EKG)

Abstract

Pemasangan EKG merupakan prosedur invasif dan merupakan tindakan yang sering dilakukan di rumah sakit (RS), namun hal ini berisiko tinggi terjadinya kesalahan diagnosa (error diagnosed) akibat dari kesalahan. Tindakan pemasangan Elektrokardiogram (EKG) akan berkualitas apabila dalam pelaksanaannya selalu patuh pada Standar Prosedur Operasional (SOP). Alat yang telah ditetapkan demi terciptanya pelayanan kesehatan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepatuhan mahasiswa dalam melaksanakan SOP pemasangan Elektrokardiogram (EKG) di laboratorium keperawatan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus yang hasilnya disajikan secara deskriptif. Populasi yakni seluruh mahasiswa perawat prodi D3 keperawatan yang sudah melakukan tindakan Elektrokardiogram (EKG) dengan jumlah sampel 57 responden. Data dikumpulkan dengan cara observasi lembar check list Standar Oprasional Prosedure (SOP) Pemasangan Elektrokardiogram (EKG) dan wawancara mendalam. Hasil observasi menunjukkan bahwa seluruh perawat patuh (78%) dalam melaksanakan SOP pengoperasian Alat EKG. Hasil wawancara mendalam menunjukkan bahwa komitmen terhadap kepatuhan mahasiswa perawat sudah terwujud dengan baik dalam hal pelaksanaan SOP pengoperasian Alat EKG. Hal ini dapat disebabkan sudah dilakukan sosialisasi dan evaluasi SOP pemasangan EKG. Disimpulkan bahwa seluruh mahasiswa perawat patuh dalam melaksanakan SOP pengoperasian alat EKG di laboratorium keperawatan FMIPA UNIB.

References

Andares. Analisa Hubungan Karakteristik Perawat dan Tingkat Kepatuhan Perawat dalam Pelaksanaan Protap Pemasangan Infus di Rumah Sakit Badrul Aini Medan, Tesis. Medan: Program Pasca Sarjana, Minat Magister Kesehatan Universitas Sumatera Utara. 2009.

Carpenito L.J. Diagnosa Keperawatan; Aplikasi pada Praktik Klinis, 6th edn. Jakarta: EGC. 2000.

Cialdini R, Martin. The Science of Compliance. United States of America: Arizona State. 2004.

Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Mangkunegara. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama. 2006.

Milgram, Stanley. Behavioral study of obedience. The Journal of abnormal and social psychology, 1963, 67.4: 371.

Syarif A. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Perawat dalam Melaksanakan Standar Operasional Prosedur Pemasangan Infus di Ruang Merak RSUP Dr.Kariadi Semarang. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, Minat Magister Rumah Sakit, Universitas Gajah

Mada. 2012.

Kusumadewi, S. Hardjajani, T. & Priyatama, AN. Hubungan antara Dukungan Sosial Peer Group dan Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja Putri di Pondok Modern Islam Assalam Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2012; 1 (2):1-10.

Widyaningtyas KS. Analisis Faktor-faktor yangMempengaruhi Kepatuhan Perawat dalamPendokumentasian Asuhan Keperawatan.Tesis. Semarang: Program Pasca Sarjana, Minat Magister Keperawatan, Universitas Diponegoro. 2010

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles