Pengembangan Model Laboratorium Terapan Agribisnis untuk Peningkatan Keterampilan Kewirausahaan Melalui Pendekatan Triple Helix

Development of an Applied Agribusiness Laboratory Model to Improve Entrepreneurship Skills Through the Triple Helix Approach

Authors

  • Muhammad Hakim Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong
  • Nining Suningsih Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong
  • Muhammad Subhan Hamka Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong

Keywords:

Laboratorium Terapan Agribisnis, Keterampilan Kewirausaha, Triple Helix, Pendidikan Agribisnis, Inovasi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengembangan model laboratorium terapan agribisnis untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa melalui pendekatan Triple Helix. Melalui tinjauan literatur komprehensif, studi ini menganalisis integrasi kolaborasi universitas-industri-pemerintah dalam pendidikan agribisnis, penerapan model laboratorium terapan, dan dampaknya terhadap pengembangan keterampilan kewirausahaan. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan Triple Helix, ketika diimplementasikan dalam konteks laboratorium terapan agribisnis, dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa, mendorong inovasi, dan memperkuat kesiapan kerja. Studi ini menyoroti pentingnya pembelajaran eksperiensial, integrasi teknologi, dan kolaborasi multi-stakeholder dalam mengembangkan model laboratorium yang efektif untuk pendidikan kewirausahaan agribisnis.

References

Cloete, N., Maassen, P., & Bailey, T. (2018). Knowledge Production and Contradictory Functions in African Higher Education. African Minds.

Etzkowitz, H., & Leydesdorff, L. (2000). The dynamics of innovation: from National Systems and "Mode 2" to a Triple Helix of university–industry–government relations. Research Policy, 29(2), 109-123.

Ghina, A., Simatupang, T. M., & Gustomo, A. (2017). The relevancy of graduates' competencies to the effectiveness of entrepreneurship education: A case study at SBM ITB-Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 20(1), 1-24.

Klerkx, L., Jakku, E., & Labarthe, P. (2019). A review of social science on digital agriculture, smart farming and agriculture 4.0: New contributions and a future research agenda. NJAS-Wageningen Journal of Life Sciences, 90, 100315.

Li, W., Liu, J., & Li, D. (2017). Getting their voices heard: Three cases of public participation in environmental protection in China. Journal of Environmental Management, 203, 1-7.

Neck, H. M., & Greene, P. G. (2011). Entrepreneurship education: known worlds and new frontiers. Journal of Small Business Management, 49(1), 55-70.

Rubenstein, E. D., Thoron, A. C., & Estepp, C. M. (2017). Supervised Agricultural Experience Programs: An Examination of the Development and Implementation of Urban Programs. Journal of Agricultural Education, 58(2), 87-99.

Wolfert, S., Ge, L., Verdouw, C., & Bogaardt, M. J. (2017). Big data in smart farming–a review. Agricultural Systems, 153, 69-80.

Zavratnik, V., Podjed, D., Trilar, J., Hlebec, N., Kos, A., & Stojmenova Duh, E. (2019). Sustainable and community-centred development of smart cities and villages. Sustainability, 11(14), 3961.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Muhammad Hakim, Nining Suningsih, & Muhammad Subhan Hamka. (2025). Pengembangan Model Laboratorium Terapan Agribisnis untuk Peningkatan Keterampilan Kewirausahaan Melalui Pendekatan Triple Helix: Development of an Applied Agribusiness Laboratory Model to Improve Entrepreneurship Skills Through the Triple Helix Approach. JURNAL PENGELOLAAN LABORATORIUM SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(1), 6–10. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/labsaintek/article/view/41388

Issue

Section

Articles