Analisis Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual Dalam Pendidikan Agribisnis Berdasarkan Perspektif Mahasiswa Dan Pengajar

Analysis Of The Effectiveness Of Using Virtual Laboratories In Agribusiness Education Based On Student And Teacher Perspectives

Authors

  • Muhammad Hakim Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong
  • Nining Suningsih Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong
  • Nur'aini Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong

DOI:

https://doi.org/10.33369/pelastek.v3i1.41801

Keywords:

Laboratorium virtual, Pendidikan agribisnis, Efektivitas pembelajaran, Perspektif mahasiswa, Perspektif pengajar

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan laboratorium virtual dalam pendidikan agribisnis berdasarkan perspektif mahasiswa dan pengajar. Melalui tinjauan sistematis terhadap literatur terkini, studi ini mengeksplorasi dampak laboratorium virtual terhadap motivasi belajar, keterlibatan mahasiswa, dan hasil pembelajaran dalam konteks pendidikan agribisnis. Temuan menunjukkan bahwa laboratorium virtual memiliki potensi signifikan untuk meningkatkan pengalaman belajar, meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya. Perspektif mahasiswa dan pengajar menunjukkan penerimaan positif terhadap teknologi ini, dengan penekanan pada peran komplementernya terhadap laboratorium fisik. Studi ini menyoroti pentingnya integrasi yang seimbang antara laboratorium virtual dan tradisional untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran dalam pendidikan agribisnis.Penelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan laboratorium virtual dalam pendidikan agribisnis berdasarkan perspektif mahasiswa dan pengajar. Melalui tinjauan sistematis terhadap literatur terkini, studi ini mengeksplorasi dampak laboratorium virtual terhadap motivasi belajar, keterlibatan mahasiswa, dan hasil pembelajaran dalam konteks pendidikan agribisnis. Temuan menunjukkan bahwa laboratorium virtual memiliki potensi signifikan untuk meningkatkan pengalaman belajar, meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya. Perspektif mahasiswa dan pengajar menunjukkan penerimaan positif terhadap teknologi ini, dengan penekanan pada peran komplementernya terhadap laboratorium fisik. Studi ini menyoroti pentingnya integrasi yang seimbang antara laboratorium virtual dan tradisional untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran dalam pendidikan agribisnis.

References

Brinson, J. R. (2015). Learning outcome achievement in non-traditional (virtual and remote) versus traditional (hands-on) laboratories: A review of the empirical research. Computers & Education, 87, 218-237.

Byukusenge, T., Munyaneza, J., & Harerimana, J. P. (2023). Secondary school students' perceptions of virtual and physical laboratory activities in Rwanda. Heliyon, 9(5), e15947.

Daniela, L., Visvizi, A., Gutiérrez-Braojos, C., & Lytras, M. D. (2018). Sustainable higher education and technology-enhanced learning (TEL). Sustainability, 10(11), 3883.

de Jong, T., Linn, M. C., & Zacharia, Z. C. (2013). Physical and virtual laboratories in science and engineering education. Science, 340(6130), 305-308.

Heradio, R., de la Torre, L., Galan, D., Cabrerizo, F. J., Herrera-Viedma, E., & Dormido, S. (2016). Virtual and remote labs in education: A bibliometric analysis. Computers & Education, 98, 14-38.

Makransky, G., Mayer, R. E., Veitch, N., Hood, M., Christensen, K. B., & Gadegaard, H. (2019). Equivalence of using a desktop virtual reality science simulation at home and in class. PloS one, 14(4), e0214944.

Makransky, G., Terkildsen, T. S., & Mayer, R. E. (2019). Adding immersive virtual reality to a science lab simulation causes more presence but less learning. Learning and Instruction, 60, 225-236.

Merchant, Z., Goetz, E. T., Cifuentes, L., Keeney-Kennicutt, W., & Davis, T. J. (2014). Effectiveness of virtual reality-based instruction on students' learning outcomes in K-12 and higher education: A meta-analysis. Computers & Education, 70, 29-40.

Potkonjak, V., Gardner, M., Callaghan, V., Mattila, P., Guetl, C., Petrović, V. M., & Jovanović, K. (2016). Virtual laboratories for education in science, technology, and engineering: A review. Computers & Education, 95, 309-327.

Sellberg, M., Nazari, A., & Solberg, M. (2024). Virtual laboratories in STEM higher education: A scoping review. Education and Information Technologies, 29(1), 1-35.

Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a virtual chemistry laboratory on students' achievement. Journal of Educational Technology & Society, 16(1), 159-170.

Trifan, D. (2015). Virtual laboratories in agricultural sciences. Lucrări Științifice, Universitatea de Științe Agricole Și Medicină Veterinară" Ion Ionescu de la Brad" Iași, Seria Agronomie, 58(1), 149-152.

Zacharia, Z. C., & de Jong, T. (2014). The effects on students' conceptual understanding of electric circuits of introducing virtual manipulatives within a physical manipulatives-oriented curriculum. Cognition and Instruction, 32(2), 101-158.

Zacharia, Z. C., & Olympiou, G. (2011). Physical versus virtual manipulative experimentation in physics learning. Learning and Instruction, 21(3), 317-331.

Zacharia, Z. C., Olympiou, G., & Papaevripidou, M. (2008). Effects of experimenting with physical and virtual manipulatives on students' conceptual understanding in heat and temperature. Journal of Research in Science Teaching, 45(9), 1021-1035.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Muhammad Hakim, Nining Suningsih, & Nur’aini. (2025). Analisis Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual Dalam Pendidikan Agribisnis Berdasarkan Perspektif Mahasiswa Dan Pengajar: Analysis Of The Effectiveness Of Using Virtual Laboratories In Agribusiness Education Based On Student And Teacher Perspectives. JURNAL PENGELOLAAN LABORATORIUM SAINS DAN TEKNOLOGI, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.33369/pelastek.v3i1.41801

Issue

Section

Articles