Journal Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) adalah jurnal yang berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di sekolah dasar. Diterbitkan dua kali setahun oleh UNIB Press, Universitas Bengkulu, Indonesia dengan ISSN (online): 2686-5483; dan ISSN (cetak): 2654-2870. Penulis didorong untuk mengirimkan artikel lengkap, belum diterbitkan, asli, dan lengkap yang tidak sedang ditinjau di jurnal lain mana pun. Seluruh naskah yang masuk akan dibahas dan disunting kelayakannya.

Vol. 8 No. 1 (2025): Mei

Published: 28 May 2025

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin

Siti Nadella Rabiatul Azwa (1), Lili Agustina (2), Noormaliah (3)
(1) Program Studi PGSD, Universitas PGRI Kalimantan, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, Universitas PGRI Kalimantan, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, Universitas PGRI Kalimantan, Indonesia
1-10
4

Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Papan Pintar Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Balfai

Angelina Saputri Marsa (1), Kristina E. Noya Nahak (2), Heryon Bernard Mbuik (3)
(1) Universitas Citra Bangsa Kupang, Indonesia ,
(2) Universitas Citra Bangsa Kupang, Indonesia ,
(3) Universitas Citra Bangsa Kupang, Indonesia
11-19
1

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPAS di Kelas IV SD

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPAS di Kelas IV SD

Anna Nurkhasanah (1), Nurul Fajrina (2), Ermayanti (3)
(1) Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Sriwijaya, Indonesia ,
(2) SD Negeri 117 Palembang, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sriwijaya, Indonesia
20-27
4

Pengembangan Media Pembelajaran Gurita Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Pengamalan Sila Pancasila Siswa Kelas IV SD

Atika Susanti (1), Abdul Muktadir (2)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
28-39
5

Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Board Game Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Balqis Putri Rosyada (1), Erni (2), Amrina Izzatika (3), Niken Yuni Astiti (4), Ardhi Yudisthira (5)
(1) Universitas Lampung, Indonesia ,
(2) Universitas Lampung, Indonesia ,
(3) Universitas Lampung, Indonesia ,
(4) Universitas Lampung, Indonesia ,
(5) Universitas Lampung, Indonesia
40-48
23

Studi Deskriptif Sikap Kreatif dalam Pembuatan Karya Seni Ecoprint Teknik Fermentasi Daun pada Pembelajaran Seni Rupa Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu

Fiska Agnesia Amanda (1), Dwi Anggraini (2), Atika Susanti (3)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
49-58
2

Pengaruh LKPD Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar

Ema Nofita Sari (1), Frida Destini (2), Fatkhur Rohman (3), Muhammad Nurwahidin (4)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(4) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia
59-68
6

Peran Guru Sebagai Motivator dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Kelas V SDN 85 Kota Bengkulu

Septa Apriwani (1), Bambang Parmadi (2), Pebrian Tarmizi (3)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
69-79
1

Pemanfaatan Game Edukatif Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Sakinah Siregar (1), Dwi Novita Sari (2), Desniarti (3), Roymantini Novita Sari Sihite (4)
(1) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia ,
(2) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia ,
(3) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia ,
(4) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
80-84
6

PAPALE: Langkah Cerdas Mahasiswa Mengelola Sitasi dan Referensi

Mitha Dwi Anggriani (1), Lina Indriani (2)
(1) Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Riau, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Samudra, Indonesia
85-93
2

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Audiovisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Muhamad Arya Wirayuda (1), Deviyanti Pangestu (2), Siti Nurjanah (3), Sowiyah (4)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(4) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia
94-102
1

Pengaruh Media Articulate Storyline dalam Menggambar Motif Batik Besurek Terhadap Literasi Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Weny Safitri (1), Dwi Anggraini (2), Neza Agusdianita (3)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
103-113
1

Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Beringin Raya

Zahra Dika Ramadhona (1), Yoga Fernando Rizqi (2), Fadhilah Khairani (3), Herpratiwi (4)
(1) Universitas Lampung, Indonesia ,
(2) Universitas Lampung, Indonesia ,
(3) Universitas Lampung, Indonesia ,
(4) Universitas Lampung, Indonesia
114-122
1

Implementasi Project-Based Learning dalam Praktikum Cacing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa PGSD

Rifqa Gusmida Syahrun Barokah (1)
(1) Universitas Riau, Indonesia
123-133
2

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and create) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V

Septiana (1), Fadhilah Khairani (2), Alif Luthvi Azizah (3), Frida Destini (4)
(1) Universitas Lampung, Indonesia ,
(2) Universitas Lampung, Indonesia ,
(3) Universitas Lampung, Indonesia ,
(4) Universitas Lampung, Indonesia
134-143
1
View All Issues