Journal Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Tulisan hendaknya berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di sekolah dasar. Teknis dan sistematika penulisan mengacu pada pedoman penulisan artikel sebagaimana tercantum halaman akhir jurnal ini. Seluruh naskah yang masuk akan dibahas dan disunting kelayakannya.
 
Terbit setiap Bulan MEI dan NOVEMBER

Vol. 6 No. 1 (2023): Mei

Published: 13 May 2023

Analisis Ciri-Ciri, Makna dan Fungsi Pantun Masyarakat Kaur Provinsi Bengkulu Relevansinya dengan Pembelajaran Pantun di SD

Dedi Apriansah (1), Abdul Muktadir (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
1-7
93

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep IPA dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Al-Islam Kota Bengkulu

Herwansyah (1), Endang Widi Winarni (2), Agus Susanta (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
8-15
110

Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Joni Ariso (1), Agus Susanta (2), Abdul Muktadir (3)
(1) SDN 58 Bengkulu Selatan ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
16-29
86

Analisis Kerja Sama Antara Guru Orang Tua dan Siswa dalam Mengatasi Gejala Kesulitan Belajar Tematik Bermuatan PPKN Saat BDR (Belajar Dari Rumah) di Kelas IV SDN 8 Bengkulu Tengah

Fitri Yunita (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
30-42
81

Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Tematik

Neza Agusdianita (1), Ike Kurniawati (2), Irfan Supriatna (3), Pebrian Tarmizi (4)
(1) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
43-49
117

Dasar Kemampuan Mengajar: Analisis Deskriptif pada Mahasiswa PGSD sebagai Bahan Tindak Lanjut Perkuliahan

Arina Wulandari (1), Wulida Makhtuna (2), Mashud (3)
(1) PGSD, STKIP, Banjarmasin, Indonesia ,
(2) PGSD, STKIP Banjarmasin, Indonesia ,
(3) Prodi Magister Penjas PPs. ULM, Indonesia
50-59
75

Analisis Unsur STEAM dan Literasi Sains dalam Buku Tematik Siswa Kelas IV pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Muatan Pelajaran IPA SD

Leksita Sari (1), Irwan Koto (2)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
60-67
70

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Materi Keberagaman Sosial, Budaya, dan Ekonomi Masyarakat dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VI B SD Negeri 8 Kota Bengkulu Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022

Zunaida (1)
(1) SD Negeri 8 Kota Bengkulu
68-74
35

Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Example Non Example Berbasis Inkuiri pada Pembelajaran IPA Materi Organ Pencernaan Hewan untuk Siswa Kelas V

Lisa Sri Wijayanti (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
75-87
138

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 86 Kaur

Ahmad Fadilah (1), Abdul Muktadir (2), Puspa Djuwita (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
88-102
101

Pengaruh Pengaruh Model Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Media Video YouTube Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD

Hermi Susanti (1), Irwan Koto (2)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
103-110
46

Pengembangan Bahan Ajar Dongeng Berbasis Discovery Learning Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 21 Kaur

Dina Marliana (1), Abdul Muktadir (2), Puspa Djuwita (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
111-120
82

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Dicovery Learning Terintegrasi Peduli Lingkungan pada Pelajaran IPA SD Kelas V

Noliana Sartika (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
121-132
76

Pengembangan LKPD Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas V SDN 88 Bengkulu Tengah

Cici Lestisia (1), Agus Susanta (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
133-141
34

Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Youtube Terhadap Pengetahuan Faktual, Konseptual, dan Prosedural IPA Siswa Kelas V

Titin Darneli (1), Irwan Koto (2), Agus Susanta (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
142-148
39
View All Issues