Journal Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) adalah jurnal yang berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di sekolah dasar. Diterbitkan dua kali setahun oleh UNIB Press, Universitas Bengkulu, Indonesia dengan ISSN (online): 2686-5483; dan ISSN (cetak): 2654-2870. Penulis didorong untuk mengirimkan artikel lengkap, belum diterbitkan, asli, dan lengkap yang tidak sedang ditinjau di jurnal lain mana pun. Seluruh naskah yang masuk akan dibahas dan disunting kelayakannya. .

Vol. 7 No. 2 (2024): November

Published: 28 November 2024

Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Smart Geo Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan CRT

Nur Hidayatun Naimah (1), Bagus Ardi Saputro (2), Kristina Tri Yulita (3), Harto Nuroso (4)
(1) Pendidikan Profesi Guru SD, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(2) Pendidikan Profesi Guru SD, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(3) SD Negeri Tandang 02 Semarang, Indonesia ,
(4) Pendidikan Profesi Guru SD, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
113-120
61

Penggunaan Media Video Animasi Interaktif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD

Irma Tri Susanti (1), Ema Nofita Sari (2), Andriyani Merkuri (3), Apri Wahyudi (4)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(4) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia
121-128
73

Analisis Faktor Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Peninjoan

Ni Made Dewi Yuliantari (1), I Komang Nada Kesuma (2)
(1) Institut Teknologi Pendidikan Markandeya Bali, Indonesia ,
(2) Institut Teknologi Pendidikan Markandeya Bali, Indonesia
129-135
71

Peran Guru Sebagai Motivator dalam Mengembangkan Minat Siswa pada Ekstrakurikuler Seni Tari SDN 75 Kota Bengkulu

Indriastuty Sumarsih (1), Dwi Anggraini (2), Ike Kurniawati (3)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
136-144
53

Pengaruh E-Modul Berbasis Guided Discovery Terhadap Pengetahuan Faktual, Konseptual, dan Prosedural pada Pembelajaran IPA Kelas V

Anisa Rahayu (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) SD Negeri 17 Bengkulu Selatan, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
145-156
40

Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu

Arolan Agusti Randa (1)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
157-163
42

Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis CTL Materi Siklus Mahkluk Hidup untuk Kelas IV

Popi Mailan (1)
(1) SD Negeri 26 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
164-169
32

Analisis Literasi Sains Siswa Kelas VB SD pada Mata Pelajaran IPAS Materi Organ Pernapasan Manusia

Hanifa Erzania Maulida (1), Bagus Ardi Saputro (2), Angela Astrid Stelladiba Cindy Ayu (3), Fenny Roshayanti (4)
(1) Pendidikan Profesi Guru SD, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(2) Pendidikan Profesi Guru SD, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(3) SD Negeri Tandang 01 Semarang, Indonesia ,
(4) Pendidikan Profesi Guru SD, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
170-177
48

Penerapan Budaya 5S Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 1 Sinar Rejeki

Friska Aprilya Saputri (1), Septiana (2), Zahra Dika Ramadhona (3), Darsono (4)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia ,
(4) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lampung, Indonesia
178-184
49

Pengembangan E-Comic Berbasis Cerita Rakyat Desa Beriang Tinggi Model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman

Denfis Gojali (1), Abdul Muktadir (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri 44 Kaur, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
185-194
31

Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Rantai Makanan Kelas V SDN Mojodemak 2

Siti Ainun Nisa (1), Duwi Nuvitalia (2), Henry Januar Saputra (3)
(1) SD Negeri Mojodemak 2, Jawa Tengah, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
195-204
53

LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Konteks Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

Nova Ariska (1), Agus Susanta (2), Osa Juarsa (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
205-212
25

Pengembangan Modul IPA Materi Sistem Tata Surya Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Pengetahuan Faktual dan Konseptual Siswa Kelas VI

Efektifitas Modul

Gustar Aman (1), Irwan Koto (2), Bambang Parmadi (3)
(1) SD Negeri Pulau Kidak Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
213-220
38

Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Siswa Kelas VI SD Materi Pubertas

Yuni Lestari (1), Endang Widi Winarni (2), Agus Susanta (3)
(1) SD Negeri 29 Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
221-228
34

Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Magic Straws Materi Bangun Ruang Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Disma Riza (1), Agus Susanta (2), Osa Juarsa (3)
(1) SD Negeri 66 Bengkulu Tengah, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
229-236
46
View All Issues