Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Sosiologi Nusantara?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Author Guidelines

1. Penulis terlebih dahulu melakukan registrasi untuk melakukan proses online submissions.

2. Artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, kajian literatur, gender, pemberdayaan masyarakat, gender, dan tema yang relevan dengan isu sosial kekinian.

3. Naskah yang ditulis harus sesuai dengan panduan penulisan yang telah tersedia dari Jurnal Sosiologi Nusantara.

4. Naskah artikel ditulis dalam bentuk Ms.Word dengan ketentuan sebagai berikut :

    a. Ditulis pada kerta A4 dengan margin : Left (3 cm), Right (3 cm),Top (3 cm), Bottom (3 cm)

    b. Panjang naskah artikel sekitar 8-25 Halaman

    c. Naskah yang ditulis harus  sesuai dengan aturan berikut :

  • TITLE. (Memuat Judul Tulisan yang tidak lebih dari 15 Kata). Judul dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • AUTHOR INFORMATION (Informasi mengenai Nama Lengkap Penulis yang ditulis tanpa menggunakan gelar, email dari penulis dan  Afiliasi Penulis )
  • ABSTRACT (Panjang Abstrak ialah 150-250 kata yang terdiri dari bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Disertai dengan kata kunci sekitar 3-5 kata. Abtsrak  memuat mengenai objek utama penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan).
  • PENDAHULUAN (Berisi mengenai latarbelakang, rumusan masalah dan data-data yang menunjang yang menjadi pijakan dari peneliti mengangkat penelitian dan kajian yang dilakukan)
  • METODE PENELITIAN (Berisi mengenai pendekatan penelitian yang dilakukan, teknik pengumpulan data serta teknik analisis data yang dilakukan saat penelitian dan kajian)
  • PEMBAHASAN (Berisi mengenai hasil penelitian yang diperoleh serta analisis hasil penelitian dengan perspektif ataupun teori sosial)
  • KESIMPULAN (Berisi mengenai jawaban dari tujuan masalah dalam penelitian dan kajian)
  • DAFTAR PUSTAKA (Referensi dan literatur yang digunakan dapat berasal dari jurnal, artikel ilmiah dan buku. Diutamakan berasal dari jurnal. Untuk memudahkan penyusunan referensi, penulis dapat menggunakan Aplikasi Mendeley

5. Penulis diharapkan dapat mengisi Copy Transfer Form yang telah  disediakan oleh Jurnal Sosiologi Nusantara

6. Penulis diharapkan dapat mematuhi Publication Ethics 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Pada saat proses pengajuan, penulis diwajibkan untuk memeriksa naskah agar sesuai dengan aturan dan ketentuan. Apabila ditemukan naskah yang tidak mematuhi ketentuan maka naskah dapat dikembalikan.
  2. Naskah yang diajukan belum pernah dimuat dan tidak sedang diajukan pada jurnal dan penerbit lainnya
  3. File pengiriman naskah dalam format Ms. Word
  4. Naskah yang diajukan harus sesuai dengan template Jurnal Sosiologi Nusantara, termasuk gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulisan
  5. Panjang Naskah berkisar antara 8-25 halaman
  6. Dalam pengajuan naskah dapat menggunakan aplikasi seperti Mendeley, Endnote untuk memanajemen Referensi. Serta menggunakan gaya ASA (American Sosiology Association)
 

Copyright Notice

  1. Pernyataan ini merupakan komitmen dari penulis,untuk menghormati hak cipta, baik dalam hal mengutip karya orang lain, maupun dalam pemanfaatan konten jurnal.
  2. Bila diperlukan, penulis dapat mengirimkan surat pernyataan keaslian naskah.
  3. Dengan diterimanya artikel oleh Editor Jurnal Sosiologi Nusantara maka, artikel yang diserahkan memiliki hak cipta yang dipegang oleh Jurnal Sosiologi Nusantara
  4. Jurnal Sosiologi Nusantara memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel yang telah dipublikasikan dalam jurnal.
  5. Penulis tidak dibenarkan untuk mempublikasikan artikel yang sama yang telah diterbitkan dalam jurnal ini.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dan tertera di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.