Main Article Content
Abstract
Kabupaten Lebong merupakan hal yang harus diperhatikan oleh guru karenan masih kurangannya penggunaal alat permaian edukatif pada proses pembelajaran di elas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan guru dalam pengelolaan alat permainan edukatif di kelas oleh guru se-Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis survei. Populasi pada penelitian ini adalah 43 guru PAUD dengan sampel total. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan guru dalam pengelolaan alat permainan edukatif di kelas guru masih mengalami permasalahan pada aspek pengadaan, pemeliharaan, penggunaan, dan evaluasi alat permainan edukatif di kelas, sedangkan pada aspek perencanaan alat permainan edukatif tidak mengalami permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru dapat meningkatkan kemampuan secara berkala dalam aspek pengelolaan alat permainan edukatif yang masih mengalami permasalahan di kelas se-Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong.
Kata Kunci: Permasalahan Guru, Pengelolaan Alat Permainan Edukatif
Article Details
Copyright (c) 2021 Erly Novri Yanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).