Main Article Content

Abstract

Kabupaten Lebong merupakan hal yang harus diperhatikan oleh guru karenan masih kurangannya penggunaal alat permaian edukatif pada proses pembelajaran di elas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan guru dalam pengelolaan alat permainan edukatif di kelas oleh guru se-Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis survei. Populasi pada penelitian ini adalah 43 guru PAUD dengan sampel total. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan guru dalam pengelolaan alat permainan edukatif di kelas guru masih mengalami permasalahan pada aspek pengadaan, pemeliharaan, penggunaan, dan evaluasi alat permainan edukatif di kelas, sedangkan pada aspek perencanaan alat permainan edukatif tidak mengalami permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru dapat meningkatkan kemampuan secara berkala dalam aspek pengelolaan alat permainan edukatif yang masih mengalami permasalahan di kelas se-Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong.

Kata Kunci: Permasalahan Guru, Pengelolaan Alat Permainan Edukatif

Article Details

How to Cite
Yanti, E. N., Kurniah, N., & Yulisdeni, Y. (2020). Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14094