Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan orang tua terhadap layanan lembaga PAUD di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 54 orang tua yang berada di PAUD PGRI Tanjung Harapan dan PAUD Kasih Bunda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan orang tua di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara berada pada kategori rendah. Artinya PAUD yang ada di Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara belum mengelola lembaganya sesuai dengan harapan orang tua.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 ALDA NUR NURAFNI, ALDA NUR NURAFNI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Aqib, Z., Jalyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
- Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Barnawi, M. A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jakarta: Ar- Ruzz Media.
- Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
- Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV.Budi Utama.
- Irma, A. (2020). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel Medan. Niagawan, 9(3), 164. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.19010
- Jasmalinda. (2021). Pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance Dan Empathy Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Koperindag Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2157–2263.
- Mahendra, D. (2019). Analisis Faktor Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di Madrasah Intidaiyah Terpadu ( MIT ) Al Madinah Balong Ponorogo, 1–69.
- Marande, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Ilmiah Administratie, vol.8(no.1), pp.33-39.
- Muliawan. (2009). Manajemen Play Group dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Yogyakarta: Diva Press.
- Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
- Ovidani, Z., & Hidajat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Dafam Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 167–174.
- Prianto, A. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Aplikasi Manajemen.
- Rosnaini. (2019). Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research And Consulting Institute.
- Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
- Saputri, O. D. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi.
- Sofiati, N. A., & Sumarni, D. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Guru Terhadap. Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 21–38.
- Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung : Alfabeta.
References
Aqib, Z., Jalyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Barnawi, M. A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jakarta: Ar- Ruzz Media.
Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Irma, A. (2020). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel Medan. Niagawan, 9(3), 164. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.19010
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance Dan Empathy Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Koperindag Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2157–2263.
Mahendra, D. (2019). Analisis Faktor Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di Madrasah Intidaiyah Terpadu ( MIT ) Al Madinah Balong Ponorogo, 1–69.
Marande, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Ilmiah Administratie, vol.8(no.1), pp.33-39.
Muliawan. (2009). Manajemen Play Group dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Yogyakarta: Diva Press.
Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Ovidani, Z., & Hidajat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Dafam Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 167–174.
Prianto, A. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Aplikasi Manajemen.
Rosnaini. (2019). Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research And Consulting Institute.
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Saputri, O. D. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi.
Sofiati, N. A., & Sumarni, D. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Guru Terhadap. Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 21–38.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung : Alfabeta.