Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan orang tua terhadap layanan lembaga PAUD di Kecamatan Padang Jaya  Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 54 orang tua yang berada di PAUD PGRI Tanjung Harapan dan PAUD Kasih Bunda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan orang tua di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara berada pada kategori rendah. Artinya PAUD yang ada di Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara belum mengelola lembaganya sesuai dengan harapan orang tua.

Keywords

Tingkat Kepuasan Layanan Pendidikan Orang Tua.

Article Details

How to Cite
Nurafni, A., Kurniah, N., & Indrawati. (2023). Studi Tentang Tingkat Kepuasaan Orang Tua Terhadap Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. JURNAL PENA PAUD, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.22866

References

  1. Aqib, Z., Jalyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
  2. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Barnawi, M. A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jakarta: Ar- Ruzz Media.
  4. Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
  5. Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV.Budi Utama.
  6. Irma, A. (2020). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel Medan. Niagawan, 9(3), 164. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.19010
  7. Jasmalinda. (2021). Pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance Dan Empathy Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Koperindag Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2157–2263.
  8. Mahendra, D. (2019). Analisis Faktor Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di Madrasah Intidaiyah Terpadu ( MIT ) Al Madinah Balong Ponorogo, 1–69.
  9. Marande, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Ilmiah Administratie, vol.8(no.1), pp.33-39.
  10. Muliawan. (2009). Manajemen Play Group dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Yogyakarta: Diva Press.
  11. Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
  13. Ovidani, Z., & Hidajat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Dafam Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 167–174.
  14. Prianto, A. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Aplikasi Manajemen.
  15. Rosnaini. (2019). Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research And Consulting Institute.
  16. Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
  17. Saputri, O. D. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi.
  18. Sofiati, N. A., & Sumarni, D. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Guru Terhadap. Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 21–38.
  19. Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung : Alfabeta.