Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan orang tua terhadap layanan lembaga PAUD di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 54 orang tua yang berada di PAUD PGRI Tanjung Harapan dan PAUD Kasih Bunda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan orang tua di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara berada pada kategori rendah. Artinya PAUD yang ada di Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara belum mengelola lembaganya sesuai dengan harapan orang tua.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 ALDA NUR NURAFNI, ALDA NUR NURAFNI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Aqib, Z., Jalyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
- Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Barnawi, M. A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jakarta: Ar- Ruzz Media.
- Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
- Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV.Budi Utama.
- Irma, A. (2020). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel Medan. Niagawan, 9(3), 164. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.19010
- Jasmalinda. (2021). Pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance Dan Empathy Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Koperindag Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2157–2263.
- Mahendra, D. (2019). Analisis Faktor Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di Madrasah Intidaiyah Terpadu ( MIT ) Al Madinah Balong Ponorogo, 1–69.
- Marande, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Ilmiah Administratie, vol.8(no.1), pp.33-39.
- Muliawan. (2009). Manajemen Play Group dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Yogyakarta: Diva Press.
- Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
- Ovidani, Z., & Hidajat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Dafam Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 167–174.
- Prianto, A. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Aplikasi Manajemen.
- Rosnaini. (2019). Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research And Consulting Institute.
- Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
- Saputri, O. D. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi.
- Sofiati, N. A., & Sumarni, D. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Guru Terhadap. Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 21–38.
- Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung : Alfabeta.
References
Aqib, Z., Jalyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Barnawi, M. A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jakarta: Ar- Ruzz Media.
Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Irma, A. (2020). Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Garuda Plaza Hotel Medan. Niagawan, 9(3), 164. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i3.19010
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance Dan Empathy Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Koperindag Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2157–2263.
Mahendra, D. (2019). Analisis Faktor Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di Madrasah Intidaiyah Terpadu ( MIT ) Al Madinah Balong Ponorogo, 1–69.
Marande, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Ilmiah Administratie, vol.8(no.1), pp.33-39.
Muliawan. (2009). Manajemen Play Group dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Yogyakarta: Diva Press.
Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Ovidani, Z., & Hidajat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Dafam Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 167–174.
Prianto, A. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Aplikasi Manajemen.
Rosnaini. (2019). Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Sulawesi Selatan: Global Research And Consulting Institute.
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Saputri, O. D. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD Terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi.
Sofiati, N. A., & Sumarni, D. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Guru Terhadap. Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 21–38.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung : Alfabeta.