Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah tinjauan guru tentang evaluasi perkembangan motorik halus selama pembelajaran daring pada kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode deskriptif survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berada di Pendidikan Anak Usia Dini Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang guru. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling total, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang berjumlah 30 orang guru se-gugus Asparagus Kota Bengkulu. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket atau kuisioner. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik dengan rumus rata-rata. Hasil penelitian secara umum disimpulkan bahwa terdapat tiga tinjauan guru terhadap hasil evaluasi perkembangan motorik halus di kelompok B yang dilakukan selama pembelajaran daring dan dikategorikan sering, meliputi perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi dan laporan hasil evaluasi. Saran penelitian ini yaitu disarankan kepada guru-guru untuk dapat selalu meninjau evaluasi perkembangan motorik halus selama pembelajaran daring secara berskala. Saran bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih lanjut tentang perencanaan evaluasi perkembangan motorik halus selama pembelajaran daring, dan juga dalam melakukan evaluasi perkembangan motorik halus tetap menerapkan lima tahapan evaluasi secara keseluruhan.

Keywords

Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Pembelajaran Daring

Article Details

Author Biographies

Putri Feni Ayu Mutiara Surbakti, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru PAUD

Sri Saparahayuningsih SS, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru PAUD

Melia Eka Daryati, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru PAUD
How to Cite
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776

References

  1. Ahmad Susanto, M. P. (2011). Perkembangan anak usia dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana.
  2. Aqib, Z., & Diniati, E. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  3. Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jawa Timur: Caremedia.
  4. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  5. Nahjiah, A. (2015). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena.
  6. Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Jawa Tengah: Penerbit CV. Sarnu Untung.
  7. Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
  8. Sari, D. A., & Adhe, K. R. (2019). Evaluasi Program Pengembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Tk Taman Ananda Wiyung Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 8(3).
  9. Sari, R. P., & Ahmad, M. P. (n.d.). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Maknawi.
  10. Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  11. Veronika, V. (2020). Tinjauan Terhadap Alih Fungsi Lahan Pertanian di Kabupaten Bantul (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD Yogyakarta.
  12. Wati, K. I. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94.