Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis anak kelompok B di PAUD Se- Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuatitatif deskriptif. Populasi meliputi anak kelompok B Se-gugus Anyelir Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan teknik purposive random sampling jumlah sampel sebanyak 40. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis anak kelompok B di PAUD Se-gugus Anyelir Kota Bengkulu dalam kategori baik. Pada aspek kemampuan menulis acak berada pada kategori baik. Pada aspek kemampuan menulis tulisan nama pada ketegori sangat baik, dan pada aspek kemampuan menulis kalimat pendek pada ketegori baik.

Keywords

kemampuan menulis anak kelompok B

Article Details

Author Biography

Tia Amelia, Universitas Bengkulu

Tia Amelia, S.Pd
How to Cite
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268

References

  1. Agustina, S. (n.d.). Analisis Tahapan Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Di TK FKIP-UR Pekanbaru.
  2. Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : : YRAMA WIDYA.
  3. Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
  4. Christianti, M. (2015). Kajian Literatur Perkembangan Pengetahuan Fonetik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
  5. Dalman, H (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya Pada Pendidikan
  6. Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Semantik,
  8. (2), 67–86.
  9. Juliana, E. (2019). Keterampilan Menulis Anak Kelompok B PAUD Tunas Harapan
  10. Kota Bengkulu. (Skripsi). Universitas Bengkulu.
  11. Kurnia, R., & Solfiah, Y. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin Dan
  12. Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 341–350.
  13. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
  14. Muslich. (2017). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
  15. Pawitri, A. (2020). peningkatan kemampuan menulis melalui permainan menggambar
  16. (penelitian tindakan di kelompok b taman kanak-kanak sos desa taruna jakarta timur). JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 103–122.
  17. Prasetyo & Jannah. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  18. Saddhono & Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  19. Sapriani, M. P. G., & Getsempena, B. (2016). Meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui media gambar di paud aslami aceh besar. Buah Hati Journal, 1(1).
  20. Simatupang, D., & Fadillah, I. (2021). Kemampuan Menulis Anak Hiperaktif" Studi Kasus Di TK Cemara Islami Plus". Jurnal Golden Age, 5(01), 129–138.
  21. Sudjiono,A. (2006). Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
  22. Bandung : Alfabeta.
  23. ________, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
  24. Bandung : Alfabeta.
  25. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada. Media
  26. Group.
  27. Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. .
  28. Jakarta: Bumi Aksara.
  29. Widyastuti, A. (2017). Analisis Tahapan Menulis Dan Stimulasi Anak Kelompok B-1
  30. Tk Islam Assaadah Limo Depok. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2),
  31. –172.
  32. _________,A. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakkarta: PT Elex Media
  33. Komputindo.