DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v8i2

Published: 28 November 2025

Dampak Kurikulum Merdeka Terhadap Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar

Serly Aulia (1), Sharyna (2), Ulfa Mauli Daini (3), Tima Virany (4), M. Aurel Luis Carlo Fatana (5), Abdurrahmansyah (6)
(1) Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(3) Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(4) Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(5) Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(6) Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Sumatera Selatan, Indonesia
144-152
9

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Mathopoly Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 82 Kota Bengkulu

Tessy Amelia Eka Putri (1), Neza Agusdianita (2), Yuli Amaliyah (3)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
153-160
1

Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Destinasi Wisata Bahari di Kecamatan Kaur pada Pembelajaran Menulis Narasi Kelas IV Siswa Sekolah Dasar

Ana Djuanita (1)
(1) SD Negeri 90 Kaur, Bengkulu, Indonesia
161-167
0

Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dengan Dukungan AI untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital

Wahyu Alfanda (1), Muhammad Nasir Azami (2), Hariyati (3)
(1) Universitas PGRI Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia ,
(2) Universitas PGRI Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia ,
(3) Universitas PGRI Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
168-173
23

Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SD Negeri 51 Seluma

PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Lofty Dwi Jayanti (1), Endang Widi Winarni (2), Abdul Muktadir (3)
(1) SD Negeri 51 Seluma, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
174-182
2

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Multikultural Bermuatan Gerakan PPK di SDN 082 Bengkulu Utara

Beti Yuniana Wulandari (1)
(1) SD Negeri 082 Bengkulu Utara, Bengkulu, Indonesia
183-190
1

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Pratinjau Pertanyaan Baca Refleksi Ucapkan Tinjauan (PQ4R) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar

Apriana Sariska (1)
(1) SD Negeri 18 Kaur, Bengkulu, Indonesia
191-198
1

Pembiasaan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional pada Kelas Tinggi di SDN 104 Kota Bengkulu (Studi Kasus pada Pengetahuan Guru)

Novia Silvania (1), Bambang Parmadi (2), Dwi Anggraini (3)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
199-205
1

Internalisasi dan Aktualisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Tradisional Syarafal Anam pada Siswa MIN 1 Bengkulu Tengah

Anita Utame Nensi (1)
(1) MIN 1 Bengkulu Tengah, Bengkulu, Indonesia
206-214
1

Pengembangan Media Domat untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Delia Meriska (1)
(1) SD Pelita Kasih Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
215-221
0

Pemahaman dan Tantangan Guru Sekolah Dasar Terhadap Penerapan AI dalam Pendidikan

Wahyu Alfanda (1), Susi Purwanti (2)
(1) Universitas PGRI Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia ,
(2) Universitas PGRI Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
222-237
6

Analisis Permasalahan Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Abad 21: Suatu Tinjauan Filosofis, Pedagogis, Sosio Kultural, dan Psikologis Melalui Pendekatan Berdiferensiasi

Richard Daniel Herdi Pangkey (1), Afrilia Asari Lengkong (2), Meisara Leonita Horman (3), Gloria Ritsita Lengkong (4)
(1) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(2) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(3) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(4) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia
238-245
12

Pengembangan LKPD Berbasis Model PBL Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD

Isnainiatun Aprilia (1), Endang Widi Winarni (2), Abdul Muktadir (3)
(1) SD Negeri 77 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
246-258
0

Kajian Sistematis Literatur Tentang Pengembangan Media dan Materi IPA Interaktif di Sekolah Dasar Berbasis Keterampilan Abad 21

Widdy H.F. Rorimpandey (1), Jeane Kalengkongan (2), Jini Carolina Dien (3), Afrilia Asari Lengkong (4), Meisara Leonita Horman (5)
(1) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(2) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(3) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(4) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(5) Program Studi S2 Pendidikan Guru SD, Universitas Negeri Manado, Indonesia
259-267
13

Model Game Based Learning Berbantuan Media Flash Card dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 86 Kota Bengkulu

Kartini (1), Abdul Muktadir (2), Gumono (3)
(1) SD Negeri 86 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
268-277
5